Topik Terkait: Pertemuan Gus Thuba Dan Habib Abdul Qadir Al Haddar (halaman 2)

  • Memaknai Puasa Melalui Kacamata Kaum Sufi Ajaran Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 11:50 WIB
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani memaknai puasa melalui kacamata kaum sufi. Maklum saja, beliau adalah figur yang dikenang sebagai pemimpin para sufi.
  • Doa Syekh Abdul Qadir Jilani Menyambut Bulan Ramadhan
    Tips
    Sabtu, 10 April 2021 - 15:26 WIB
    Berikut Doa dari Sulthon Al-Aulia Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani ketika menyambut bulan Ramadhan. Doa ini dinukil dari salah satu kitab beliau Al-Ghunyah li Tholibi Thoriq Al-Haq.
  • Memaknai Puasa Berdasar Surat Al-Baqarah Ayat 183 Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Puasa juga berarti menahan secara mutlak dan menolak secara total dari apapun selain al-Haq. Puasa jenis ini adalah puasanya orang-orang yang akalnya bersih, yakin dan telah mencapai kasyf atas hakikat dengan semampunya.
  • Kisah Ajaib Syekh Abdul Qadir Jilani Diludahi Nabi
    Hikmah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 13:53 WIB
    Syekh Abdul Qadir Al-Jilani (471-561 H) sosok wali besar yang memiliki karomah luar biasa. Beliau memiliki kisah ajaib pernah diludahi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
  • Resep Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani dalam Menempatkan Kebaikan dan Keburukan
    Tausyiah
    Minggu, 22 November 2020 - 05:00 WIB
    Siapa pun yang dekat dengan raja harus semakin berhati-hati, sebab ia berada di hadapan Sang Raja Yang Mahamelihat lagi Mahamengetahui akan gerak-geriknya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Tafsir Puasa dan Makna Ramadan Menurut Syaikh Abdul Qadir al-Jailani
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 15:00 WIB
    Persoalan syariat dan perintah puasa yang juga berlaku pada umat-umat terdahulu, terutama Yahudi dan Kristen. Ini dipantik dari diskusi tafsiran kalimat kama kutiba alalladzina min qablikum.
  • Nasehat Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani Ketika Menghadapi Bencana
    Tausyiah
    Sabtu, 14 November 2020 - 05:00 WIB
    Janganlah mengeluh sedikit pun, walau jasadmu digunting-gunting menjadi serpihan-serpihan kecil daging. Selamatkanlah dirimu! Takutlah kepada Allah! Takutlah kepada Allah!
  • Keadaan Para Wali dan Badal Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Senin, 07 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Maka Ia mengaruniainya segala yang membuat orang menjadi baik, segala yang dimakan, diminum, dipakai dan keperluan hidup tanpa upaya atau tanpa diduganya.
  • Doa Menyambut Ramadhan dari Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 17:10 WIB
    Selain doa yang diajarkan Rasulullah SAW, kaum muslimin perlu mengamalkan doa yang diajarkan Sulthonul Auliya Syaikh Abdul Qodir Al-Jilani (471-561 H).
  • Syaikh Abdul Qadir:  Makan, Minum, dan Tidur Berlebihan Melenyapkan Kebaikan
    Tausyiah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani mengatakan barangsiapa lebih menyukai tidur daripada salat malam yang membawa ke arah ketakwaan, berarti ia memilih sesuatu yang buruk
  • Ini Ciri-ciri Berada pada Maqam Rabbani Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Kamis, 12 November 2020 - 05:00 WIB
    Jangan mengkalim bagi dirimu sendiri maqam para rabbani. Kau adalah pemuja nafsu, sedang mereka adalah penyembah Allah. Dambaanmu adalah dunia, sedang dambaan mereka adalah akhirat.
  • Kisah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani, Kala Sang Wali Menghadapi Sakaratul Maut
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 06:39 WIB
    Celakalah kau, aku tak takut sesuatu pun, baik malaikat maupun malakul maut. Duhai malakul maut! Bukanlah kau, tapi sahabatku yang bermurah kepadaku.
  • Kisah Para Wali: Awal Mula Syeikh Abdul Qadir Al-Jilani Belajar Tasawuf
    Hikmah
    Minggu, 20 September 2020 - 05:05 WIB
    Syeikh Abdul Qadir Al-Jilani (471-561 H), ulama besar yang dijuluki pemimpin para wali (Sulthanul Auliya) kelahiran Persia (Iran). Beliau dikaruniai kedalaman ilmu tauhid, fiqih, sunnah Nabi dan ilmu makrifat.
  • Mengapa Orang Malas Berdoa? Begini Penjelasan Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani
    Tausyiah
    Kamis, 06 Oktober 2022 - 09:30 WIB
    Mengapa ada sebagian manusia yang malas berdoa? Tak bisa dipungkiri, bahwa rasa malas berdoa seringkali menimpa kita, bahkan setelah selesai menjalankan ibadah sholat wajib pun enggan untuk berdoa kepada Allah.
  • Konsep Manunggal dengan Tuhan Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Jum'at, 13 November 2020 - 05:00 WIB
    Makna hakiki bersatu dengan Allah ialah berlepas diri dari makhluk dan kedirian, dan sesuai dengan kehendak-Nya, tanpa gerakmu, yang ada hanya kehendak-Nya.
  • Soal Kesenangan Hidup Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 16:50 WIB
    Ia lepas dari segala hal ini, tak berkeadaan atau bermaqam, tak berkehendak melainkan berada di atas ketentuan-Nya, yang kadang menahan, kadang memudahkannya, kadang membuatnya kaya dan kadang membuatnya miskin.
  • Nasehat Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani agar Tidak Iri dengan Tetangga yang Kaya Harta
    Tausyiah
    Selasa, 01 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Kenapa iri dengan tetangga? Tidakkah kau tahu bahwa yang demikian ini melemahkan imanmu, mencampakkanmu di hadapan Tuhanmu dan membuatmu dibenci oleh-Nya?
  • Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani: Cobaan Melemahkan Hewani dan Hawa Nafsu
    Tausyiah
    Rabu, 18 November 2020 - 05:00 WIB
    Cobaan seorang Rasul lebih besar daripada cobaan seorang Nabi. Cobaan Nabi lebih besar daripada cobaan seorang badal. Cobaan seorang badal lebih besar daripada cobaan seorang wali.
  • Berikut Kebiasaan Ibadah dan Bacaan Zikir Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Hikmah
    Senin, 30 Mei 2022 - 15:05 WIB
    Hidup Syaikh Abdul Qadir al-Jilani diwarnai kisah-kisah kesalehan serta karamahnya. Berikut kesaksian pembantu Syaikh Al-Jailani, Abu Abdillah Muhammad bin Abdul Fatah al-Harawi.
  • Haruskah Gamang dan Ragu Soal Rezeki? Ini Nasihat Syekh Abdul Qadir AL-Jailani
    Tips
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 15:41 WIB
    Keraguan dan ambisi perihal harta kerap menjerumuskan orang ke dalam keburukan. Padahal, keraguan dan kegamangan perihal rezeki merupakan sesuatu yang tidak perlu karena Allah telah mengatur rezeki masing-masing orang.