Topik Terkait: Pesta Pernikahan (halaman 4)

  • Mengenal Istilah Mahar...
    Muslimah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 18:55 WIB
    Dalam Islam, setiap perkawinan diikat dengan pemberian harta dari laki-laki kepada pihak perempuan. Pemberian itu sering disebut dengan istilah mahar atau maskawin. Adakah istilah mahar ini dalam Al-Quran?
  • Dalil-dalil Tentang...
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 09:05 WIB
    Syariat Islam melarang pernikahan beda agama dan larangan tersebut banyak terdapat dalam dalil Al Quran dan hadis. Berikut beberapa dalil dan aturan larangan pernikahan beda agama tersebut dalam Islam:
  • Hadis-hadis Pernikahan...
    Muslimah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Menikahlah, Katakan...
    Muslimah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 08:58 WIB
    Kebanyakan muslim dan muslimah yang berpacaran, banyak melanggar syariat yang dilarang Allah dan Rasul-Nya. Mereka saling bersentuhan dan kadang mereka nampak asyik mengumbar kemesraan.
  • Hukum Menikah di Bulan...
    Tausyiah
    Senin, 12 September 2022 - 19:07 WIB
    Hukum menikah di bulan Safar menurut Islam diperbolehkan bahkan ada yang berpendapat sunnah. Tidak ada masalah dalam Islam untuk melakukan akad nikah atau mengadakan pesta pernikahan di bulan safar.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Polemik Pernikahan Ikrimah...
    Hikmah
    Kamis, 03 September 2020 - 14:31 WIB
    Ada sebagian anggota pasukannya yang menduga bahwa Ikrimah sebaiknya menolak saja seperti yang dilakukan Rasulullah, supaya dalam hal ini dapat mengambil teladan dari Rasulullah.
  • Pesta Fitrah, Proses...
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 19:24 WIB
    Mereka yang tak kembali ke fitri hanya meraih hebatnya kegelapan yang diyakini kebajikan. Mereka deklarasikan kemaslahatan yang sebenarnya justru khancuran.
  • Hukum Menikah dengan...
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 16:08 WIB
    Bagaimana hukum menikah dengan saudara tiri dalam Islam? Bolehkah dilakukan? Bagaimana pula kaitannya dengan mahram? Beberapa pertanyaan soal pernikahan ini umum terjadi dalam masyarakat kita.
  • Ini Mengapa Islam Mengharamkan...
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 15:04 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan perempuan muslimah tidak boleh kawin dengan laki-laki ahli kitab ataupun lainnya dalam situasi dan keadaan apapun.
  • Bila Harus Menikah Tanpa...
    Muslimah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:06 WIB
    Setiap insan pasti ingin memiliki rasa cinta ini. Terkadang cinta diartikan sebagai rasa ketertarikan antara dua lawan jenis dan cinta pulalah yang biasanya mendasari suatu hubungan dalam hal ini adalah pernikahan.
  • Hukum Nikah Beda Agama...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Desember 2021 - 19:26 WIB
    Hukum nikah beda agama menurut Islam terus menjadi perdebatan. Hal ini terutama menyangkut, bolehkah laki-laki Muslim menikah dengan wanita ahlul kitab?
  • Syarat Sah Perkawinan:...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juni 2024 - 20:02 WIB
    Wali dari pihak calon suami tidak diperlukan, tetapi wali dari pihak calon istri dinilai mutlak keberadaan dan izinnya oleh banyak ulama berdasar sabda Nabi SAW. Tidak sah nikah kecuali dengan (izin) wali.
  • Bolehkah Lamaran Tanpa...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 13:10 WIB
    Dalam artikel ini akan membahas sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan bolehkah lamaran tanpa diketahui orang tua. Sebab, hal itu sering muncul pada sebuah pasangan yang akan melangsungkan ke jenjang pernikahan.
  • Mahar Nikah dalam Islam,...
    Tips
    Kamis, 27 Januari 2022 - 18:05 WIB
    Umat Islam perlu mengetahui apa saja bentuk mahar nikah dalam Islam. Berikut benda-benda yang dapat kita jadikan mahar nikah yang dicontohkan Nabi dan Sahabat.
  • Bolehkah Menjual Mahar...
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 19:11 WIB
    Mahar nikah merupakan salah satu bagian dari wajib nikah yang harus dipenuhi oleh laki-laki kepada perempuan. Karena itu prosesi pemberian mahar ini tak dapat dilepaskan dalam sebuah prosesi pernikahan dalam Islam.
  • Anjuran Memuliakan Janda,...
    Muslimah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 10:19 WIB
    Dalam beberapa kitab, ada anjuran memuliakan janda. Memuliakan tidak harus dengan menikahi, bisa juga dengan membantu kebutuhannya karena membantu kehidupan janda dan orang miskin sangat besar pahalanya.
  • Jangan Takut Menikah!...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 00:03 WIB
    Bagi yang belum menikah atau punya keinginan untuk menikah, ada baiknya menyimak firman Allah berikut. Allah menjanjikan kecukupan rezeki bagi mereka yang menikah.
  • Bolehkah Wali Nikah...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 15:45 WIB
    Bolehkah wali nikah diwakilkan? Hal ini sering ditanyakan sebagian kalangan muslim di Tanah Air. Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.
  • 9 Hadis Tentang Pernikahan...
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 16:54 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Poligami: Pintu Darurat...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juni 2024 - 19:56 WIB
    Ketika turunnya ayat ini, beliau memerintahkan semua yang memiliki lebih dari empat orang istri, agar segera menceraikan istri-istrinya sehingga maksimal, setiap orang hanya memperistrikan empat orang wanita.