Topik Terkait: Program Pengentasan Kemiskinan (halaman 500)

  • Kisah Hikmah : Obat...
    Hikmah
    Kamis, 16 Mei 2024 - 11:41 WIB
    Ada sebuah kisah yang penuh hikmah dari seorang sahabat Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam, yakni Ibnu Masud Radhiyallahuanhu. Bagaimana kisahnya?
  • 15 Syarat Khusus Bagi...
    Muslimah
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 13:37 WIB
    Selain syarat wajib, ada syarat khusus bagi haji wanita yang harus diperhatikan dan penting dipenuhi. Haji sendiri hukumnya wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu.
  • 20 Jemaah Haji Rawat...
    Dunia Islam
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 23:17 WIB
    Hari keenam kedatangan jemaah haji Indonesia tercatat 41.654 orang lebih mendarat di Madinah. Para jemaah haji Indonesia yang sudah tiba di Madinah tercatat berasal dari 107 kloter.
  • Ini yang Mesti Dilakukan...
    Tips
    Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:18 WIB
    Jika telah datang hari Tarwiyah maka bagi yang Tamattuk berihram untuk haji, sedangkan yang Qiran dan Ifraad mereka sudah dalam keadaan ihram sejak sebelumnya.
  • 3 Macam Haji: Tamattu,...
    Hikmah
    Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:00 WIB
    Tata cara haji tamattu: yaitu berihram dengan umrah di bulan-bulan haji dan selesai darinya, kemudian berihram dengan haji dari Makkah atau di dekatnya dalam tahun yang sama. Diwajibkan baginya menyembelih hadyu.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Ini yang Mesti Dilakukan...
    Hikmah
    Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:12 WIB
    Bagi yang berhaji Tamattuk melaksanakan manasik umrah lalu bertahalul jika telah selesai. Jika telah bertahalul maka sudah dihalalkan apa-apa yang diharamkan saat ihram.
  • Amalan Jemaah Haji di...
    Tips
    Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:18 WIB
    Harus urut dalam melempar jumrah, yaitu Jumratul Ula (yang pertama, yang terdekat masjid Khaif) lalu Jumrah Wusta, lalu Kubra (Jumrah Aqabah). Jika tidak mampu melempar maka boleh diwakilkan.
  • Kisah Ulama yang Melaksanakan...
    Hikmah
    Minggu, 19 Mei 2024 - 10:04 WIB
    Alkisah, ada satu ulama bernama Muhammad bin Wasi yang rajin melaksanakan ibadah hajike Baitullah. Bahkan diriwayatkan menunaikan ibadah hajinya sebanyak 30 kali.
  • Doa Ketika Melihat Kakbah...
    Tips
    Senin, 20 Mei 2024 - 13:31 WIB
    Doa ketika melihat Kakbah ini penting diketahui umat muslim apalagi jemaah haji dan umrah yang melaksanakan ibadah ke Tanah Suci. Bahkan berdoa di sekitar Kakbah ini termasuk doa yang mustajab.
  • Jangan Sembarangan Menuduh...
    Muslimah
    Selasa, 21 Mei 2024 - 11:20 WIB
    Jangan sembarangan menuduh zina pada seorang wanita, apalagi meremehkan tuduhannya tersebut. Menuduh wanita baik-baik berbuat zina tanpa adanya bukti dan saksi, termasuk dosa besar.
  • Update Jemaah Haji Indonesia:...
    Dunia Islam
    Rabu, 22 Mei 2024 - 18:14 WIB
    Sebanyak 72 ribu jemaah haji Indonesia berada di Madinah. Dari jumlah tersebut, 8 jemaah wafat di Tanah Suci sebelum puncak haji, pada Selasa, 21 Mei 2024.
  • Hukum Musik dan Nyanyian,...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Mei 2024 - 14:09 WIB
    Oleh karenanya barang siapa mendengarkan nyanyian dengan niat mendorongnya untuk berbuat maksiat kepada Allah Taala berarti ia fasik, demikian pula terhadap selain nyanyia
  • Misteri Jendela di Depan...
    Dunia Islam
    Kamis, 23 Mei 2024 - 13:35 WIB
    Misteri jendela yang selalu terbuka menghadap langsung makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi. Jendela besar itu selalu terbuka dan tak pernah tertutup sejak 1.400 tahun yang lalu.
  • Apakah Kematian Ebrahim...
    Dunia Islam
    Kamis, 23 Mei 2024 - 20:12 WIB
    Sejumlah pengamat berpendapat dalam jangka pendek peristiwa ini tidak akan banyak mengubah lanskap keamanan Timur Tengah. Hanya saja, dalam jangka panjang akan sangat menentukan.
  • Efek Domino Pesawat...
    Dunia Islam
    Jum'at, 24 Mei 2024 - 08:13 WIB
    Keberangkataan jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 41 Embarkasi Donohudan (SOC-41) tertunda karena kerusakan mesin pesawat Garuda Indonesia.
  • Tata Cara dan Niat Puasa...
    Tips
    Jum'at, 24 Mei 2024 - 12:19 WIB
    Memasuki musim Haji, maka umat muslim dianjurkan melaksanakan puasa sunnah. Salah satunya puasa Arafah. Lantas bagaimana tata cara dan niat puasa Arafah ini?
  • Tidak Tawaf Wada karena...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Mei 2024 - 16:46 WIB
    Jika kalian tidak thawaf wada, maka masing-masing wajib menyembelih kurban di Makkah dan dibagikan kepada orang-orang miskin tanah suci. Sebab thawaf wada wajib atas setiap orang haji yang ingin keluar dari Makkah.
  • Keistimewaan Bulan Dzulqadah,...
    Hikmah
    Kamis, 09 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Dalam kalender hijriyah, tanggal 10 Mei 2024 sudah memasuki bulan Dzulqadah atau bulan ke-11 dalam kalender Islam.Bulan Dzulqadah merupakan permulaan dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah SWT.
  • Bencana Alam dan Gelombang...
    Hikmah
    Kamis, 09 Mei 2024 - 18:21 WIB
    Banjir telah menghancurkan seluruh dunia, melanda Kenya, menenggelamkan Dubai, dan memaksa ratusan ribu orang mulai dari Rusia hingga Tiongkok, Brasil, dan Somalia meninggalkan rumah mereka.
  • Eric Saade: Didiskriminasi...
    Dunia Islam
    Jum'at, 10 Mei 2024 - 12:44 WIB
    Bintang pop Swedia-Palestina, Eric Saade, mendapat perlakuan tidak adil dan diskriminatif. Ia mendapatkan pengawasan ketat saat kontes lagu Eurovision. Ini gara-garanya.