Topik Terkait: Ruh Seorang Mukmin

  • Proses Keluarnya Roh dari Jasad Manusia, Beruntungnya Orang Saleh
    Hikmah
    Minggu, 20 Februari 2022 - 21:52 WIB
    Proses keluarnya roh dari jasad manusia diceritakan oleh Rasulullah agar manusia dapat mengambil pelajaran. Jika ia orang saleh, ruhnya disambut para Malaikat.
  • Hadis-hadis Keutamaan Orang Mukmin, Salah Satunya Mendapat Pertolongan Allah
    Hikmah
    Rabu, 20 September 2023 - 23:56 WIB
    Salah satu karunia besar yang diberikan Allah kepada hamba-Nya adalah nikmat iman dan Islam. Berikut Hadis-hadis keutamaan orang mukmin sebagaimana disebutkan dalam Shahih Muslim.
  • Keutamaan Mukmin, Semua Urusannya Baik dan Menakjubkan
    Tausyiah
    Senin, 14 November 2022 - 22:05 WIB
    Menjadi mukmin merupakan nikmat terbesar dari sekian banyak nikmat Allah. Bersyukurlah ketika Allah menjadikan kita orang yang beriman (mukmin). Berikut keutamaannya.
  • Ini Sifat Orang Mukmin yang Menakjubkan, Apakah Anda Termasuk?
    Tausyiah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 21:40 WIB
    Orang Mukmin adalah mereka yang beriman dan percaya kepada Allah dan Rasul-Nya serta mentaati perintah dan larangan-Nya. Berikut sifat orang mukmin dan ciri-cirinya dalam Al-Quran.
  • Nasehat Seorang Perempuan dan Sang Alim
    Hikmah
    Rabu, 30 Juni 2021 - 14:40 WIB
    Apakah seorang perempuan tidak boleh memberio nasehat? Kisah hikmah berikut menunjukkan bahwa kaum Hawa pun dapat memberikan andil dalam ber- amar maruf nahi munkar sesuai dengan kemampuan mereka.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Ibu Kaum Mukmin, Gus Baha: Kita Berutang Banyak kepada Sayyidah Aisyah
    Hikmah
    Selasa, 07 April 2020 - 13:15 WIB
    Aisyah telah mendokumentasikan banyak hadis tentang perempuan. Itu adalah salah satu hikmah Nabi SAW menikahi&nbsp Sayyidah Aisyah.
  • Khusyuk Ketika Sholat Ciri Mukmin yang Beruntung
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 21:39 WIB
    Salah satu ciri orang mukmin yang beruntung ialah khusyuk ketika melaksanakan sholat. Hal ini disampaikan Al-Quran agar kita tidak meremehkan sholat.
  • Dunia Ini Penjara Bagi Kaum Mukmin, Begini Maksudnya
    Hikmah
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 15:10 WIB
    Dunia adalah penjara bagi kaum mukmin dan surga bagi orang-orang kafir. Demikian pesan Baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam yang patut kita imani.
  • Jangan Bersedih, Kematian Adalah Istirahat bagi Seorang Mukmin
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 16:42 WIB
    Sesungguhnya kematian adalah hal yang baik karena dunia adalah ibarat penjara bagi seorang Mukmin. Ini artinya, jika seorang Mukmin meninggal dunia berarti dia terbebas dari penjara tersebut.
  • 3 Maqam Seorang Mukmin Meningkatkan Kualitas Jiwanya
    Tausyiah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 14:21 WIB
    Secara garis besar tahapan seorang mukmin untuk meningkatkan kualitas jiwanya terdiri dari 3 maqam. Maqam pertama adalah zikir atau taalluq pada Tuhan. Kedua, takhalluq dan ketiha adalah tahaqquq.
  • Perjalanan Roh Manusia Setelah Meninggal, Ke Manakah Perginya?
    Hikmah
    Senin, 03 Juli 2023 - 08:47 WIB
    Perjalanan roh manusia setelah meninggal perlu diketahui agar menjadi ibrah bagi umat muslim. Pertanyaannnya, ke manakah roh manusia setelah meninggal? Berikut ulasannya.
  • Perjalanan Ruh Setelah Terpisah Dari Jasadnya
    Muslimah
    Jum'at, 02 April 2021 - 18:18 WIB
    Ruh merupakan unsur non materi yang ada dalam jasad yang diciptakan Allah Subhanahu wa taala. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana sebenarnya perjalanan ruh seseorang setelah terpisah dari jasadnya?
  • Waspadai Peringatan Nabi: Ajal Menjemput Sebagaimana Kebiasaan Ketika Hidup
    Tausyiah
    Senin, 07 November 2022 - 09:40 WIB
    Mengingat mati adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Bagi orang beriman, selalu mengingat mati akan menyebabkan dirinya senantiasa takut berbuat maksiat dan dosa
  • Larangan Menyakiti dan Memfitnah Seorang Mukmin, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Senin, 19 Februari 2024 - 10:41 WIB
    Ada larangan yang diperintahkan langsung Allah Subhanahu wa taala dalam Al Quran yakni menyakiti dan memfitnah orang-orang mukmin tanpa ada kesalahan yang mereka perbuat.
  • Kisah Perang Hunain : Sejarah, Strategi, dan Pelajaran untuk Kaum Muslimin
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 12:17 WIB
    Kisah perang Hunain : sejarah, strategi, dan pelajaran untuk kaum muslimin menjadi kisah sejarah perang yang sangat heroik yang kisahnya diabadikan dalam Al-Quran.
  • Inilah Orang Mukmin yang Paling Disukai Allah
    Hikmah
    Kamis, 10 Februari 2022 - 05:10 WIB
    Orang mukmin yang disukai Allah bukanlah orang yang kuat atau punya harta banyak. Berikut mukmin yang paling disukai Allah diceritakan dalam Kitab Al-Usfuriyah.
  • Perjalanan Ruh Seorang Mukmin Setelah Kematiannya Ternyata Sangat Indah
    Muslimah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 17:30 WIB
    Ketika manusia dipanggil kembali menghadap Allah (mengalami kematian), maka jasad dan ruh akan dipisahkan. Jasad dikubur dalam tanah, sedangkan ruh masih akan mengalami perjalanan, yakni kehidupan ruh berpindah di alam barzakh.
  • Melepaskan Keakuan Seorang Mukmin Menurut Jalaluddin Rakhmat
    Tausyiah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 17:12 WIB
    Jadi yang mempercepat orang mencapai derajat yang tinggi di sisi Allah SWT bukanlah frekuensi salat dan puasa. Bukankah semua ibadah itu hanyalah ungkapan rasa syukur kita kepada Allah.
  • Malaikat Bukan Hanya Sekadar Ruh, Mereka Punya Jasad
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 19:00 WIB
    Para malaikat mempunyai jasad, sebagiannya ada yang memiliki dua sayap, ada yang tiga sayap dan empat bahkan ada yang lebih banyak lagi dari itu.
  • 4 Kriteria Seorang Muslim Berkualitas, Paling Utama Bersungguh-sungguh Menghasilkan Hal yang Bermanfaat
    Tausyiah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 16:38 WIB
    Ulama besar Asal Mesir Syaikh Mutawalli asy-Syarawi sangat menyoroti kualitas keislaman kaum muslimin hari ini yang masih jauh di bawah standar.