Topik Terkait: Salat Jamaah (halaman 4)

  • Tata Cara Salat Iduladha Sesuai Sunah
    Tips
    Senin, 10 Juni 2024 - 16:07 WIB
    Tata cara salat Iduladha sesuai sunah dilakukan di lapangan terbuka. Pada tahun ini Iduladha di Indonesia jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024
  • Terbitkan Fatwa, MUI Tegaskan Salat Jumat Virtual Tidak Sah
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Mei 2021 - 15:35 WIB
    MUI menyatakan pelaksanaan salat Jumat yang dilakukan secara virtual adalah tidak sah. Ketetapan itu berdasarkan Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2021 tentang Hukum Penyelenggaraan Shalat Jumat Secara Virtual.
  • Allah Menamakan Salat sebagai Zikir, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 20 Mei 2024 - 10:26 WIB
    Mengingat Allah adalah rohnya salat, inti, dan juga hakikatnya. Demikianlah kedudukan zikir dalam semua ibadah. Orang yang paling besar pahalanya dalam setiap ibadah yaitu orang yang paling banyak berzikir.
  • Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW setelah Salat Tahajud
    Tips
    Rabu, 24 Mei 2023 - 14:28 WIB
    Berikut doa setelah salat tahajud yang diajarkan oleh Rasululullah SAW, sebagaimana diriwayatkan oleh al-Imam al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan At-Tirmdzi.
  • Mengikuti Kebiasaan Salat Malam yang Dilakukan Rasulullah
    Tausyiah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 08:25 WIB
    Salat malam merupakan amalan para nabi. Hal yang sama juga dilakukan para sahabatnya. Sepanjang malam, Nabi Muhammad SAW mendirikan salat malam dan bermunajat kepada Allah.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Begini Tata Cara Salat Id di Rumah, Sendiri Maupun Berjamaah
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 15:42 WIB
    Di tengah wabah corona, umat Islam bisa mengerjakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Salat Id di rumah itu, lakukan seperti salat subuh. Begini tata caranya.
  • Kisah Jamaah Haji Lansia si Kembar Mariano dan Mariana Ingin Berdoa Minta Jodoh di Kakbah
    Dunia Islam
    Rabu, 22 Juni 2022 - 05:20 WIB
    Dua jamaah haji lansia asal Sumatera Utara, ingin berdoa di depan Kakbah meminta jodoh. Saudara kembar ini bernama Mariano Dalimunthe dan Mariana Dalimunthe.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Jumat, Banyak Keutamaannya!
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 09:52 WIB
    Doa dan zikir setelah salat jumat merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh umat Islam. Sebab, amalan yang satu ini memiliki banyak keutamaan.
  • Tips Agar Salat Khusyu dan Doa yang Diajarkan Nabi
    Tausyiah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 08:04 WIB
    Beruntungnya seorang mukmin salah satunya adalah ketika khusyu dalam salatnya. Khusyu artinya sungguh-sungguh, kebulaatan hati, fokus dan penuh penyerahan diri.
  • Salat dalam Keadaan Darurat Najis, Ini Pendapat Mazhab Syafii
    Tausyiah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 22:12 WIB
    Jika seseorang dalam keadaan tidak bisa menghilangkan najis dari badannya, sementara waktu shalat hampir habis, apa yang harus dilakukan? Berikut penjelasannya.
  • Tiba di Bandara Madinah, Jamaah Haji Jakarta Dapat Penyambutan Khusus
    Dunia Islam
    Minggu, 05 Juni 2022 - 19:01 WIB
    Tak hanya di kloter perdana yang mendarat pada Sabtu (4/6/2022), penyambutan juga diberikan kepada jamaah yang tiba pada Minggu (5/6/2022).
  • Hukum Mengimami Anak yang Belum Baligh Ketika Salat
    Tausyiah
    Selasa, 09 Mei 2023 - 20:37 WIB
    Hukum mengimami anak yang belum baligh ketika salat berjamaah penting untuk diketahui.
  • Inilah Keutamaan Salat Berjamaah
    Tausiyah
    Selasa, 07 Mei 2019 - 20:01 WIB
    Ulama sekaligus dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko, Ustaz Abdul Somad (UAS) menerangkan fadhillah keutamaan salat berjamaah.
  • Arti Ash Sholatu alal Amwat, Panggilan setelah Salat Fardhu di Masjidil Haram
    Tips
    Selasa, 21 Mei 2024 - 10:08 WIB
    Arti Ash-Sholatu Alal Amwat adalah dirikanlah salat untuk para mayit. Bacaan ini, merupakan panggilan yang diserukan setelah salat fardhu di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.
  • Siapakah Orang yang Salat Tapi Celaka? Ini Penjelasan Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 28 April 2023 - 05:10 WIB
    Siapakah orang yang salat tapi dihukumi celaka? Ini merupakan peringatan bagi yang lalai dalam salatnya. Berikut keterangan Al-Quran terkait orang yang celaka meskipun salat.
  • Rajin Menjaga Salat Dhuha, Pahala Akan Terus Mengalir
    Muslimah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 19:37 WIB
    Dalam ibadah salat, ada salat sunnah Dhuha yang pahala dan fadhilahnya luar biasa besar untuk memperberat timbangan amal kebaikan kita. Ibadah salat Dhuha ini merupakan cara meningkatkan amal ibadah dan cara meningkatkan akhlak manusia
  • Bacaan Niat Salat Qashar dan Syarat-syaratnya
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 14:15 WIB
    Biasanya ketika kita bepergian yang lumayan jauh jaraknya, karena takut tertinggal salat maka disarankan melaksanakan salat qashar.
  • Jadwal Salat untuk Wilayah Kota Surabaya dan Sekitarnya Jumat 26 Mei 2023
    Tips
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 00:59 WIB
    Berikut ini adalah jadwal salat untuk Jumat tanggal 26 Mei 2023 khusus wilayah Surabaya dan sekitarnya. Jadwal salat ini bersumber dari Bimas Islam Kementerian Agama.
  • Beda Pendapat Syaikh Abdul Qadir dengan Ulama Lain Soal Salat Wustha
    Tausyiah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 13:39 WIB
    Ada enam perkara yang dirahasiakan Allah Taala kapan terjadinya. Salah satunya adalah, Allah merahasiakan datangnya waktu salat Wustha. Berikut pendapat Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani soal itu.
  • Mengapa Dianjurkan Mengamalkan Salat Sunnah? Inilah 10 Keutamaan Besarnya!
    Hikmah
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 10:50 WIB
    Sebagai muslim, setelah melaksanakan kewajiban salat fardhu juga dianjurkan memperbanyak salat sunah. Sebenarnya apa keutamaan salat sunah ini?