Topik Terkait: Sejarah Maulid Nabi (halaman 176)

  • Kisah Nabi Ibrahim Mengunjungi...
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:20 WIB
    Pada salah satu perjalanannya, ia sampai di Makkah dan mendapatkan bahwa putranya tidak ada di rumah. Waktu itu, Ismail telah tumbuh menjadi lelaki dewasa dan telah kawin.
  • Begini Sikap Lembut...
    Hikmah
    Kamis, 21 September 2023 - 15:08 WIB
    Abu Bakar yang bertindak sebagai perantara kepada Rasulullah mewakili orang-orang Quraisy musyrik itu. Ia mengharapkan belas kasihannya dan sikap yang lebih lunak terhadap mereka
  • Doa Nabi Isa Agar Allah...
    Tips
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 11:25 WIB
    Nabi Isa menyerahkan sepenuhnya keputusan atas orang-orang Nasrani itu kepada Allah, dan beliau berlepas tangan dari tanggung jawab atas perbuatan mereka, karena beliau sudah menyampaikan seruannya.
  • Ketika Bilal bin Rabah...
    Hikmah
    Kamis, 18 November 2021 - 19:40 WIB
    Bilal bin Rabah tak mampu lagi mengumandangkan Adzan pascawafatnya Rasulullah SAW. Bilal tak sanggup lagi meneruskan Adzannya tatkala sampai pada kalimah Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah.
  • Mengapa Nabi-Nabi Keturunan...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Desember 2023 - 12:53 WIB
    Sejarah Agama yang mempercayai keesaan Tuhan menunjukkan bahwa semua Nabi-nabi mereka berasal dari golongan Semit. Sebagian besar dari mereka berasal dari turunan Nabi Ibrahim.
  • Begini Makna Mengencangkan...
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 04:19 WIB
    Mengencangkan sarung, menjelaskan takwil para ulama, artinya mengurangi makan, tidur, dan tidak mendekat ke para istrinya. Maknanya adalah fokus beribadah.
  • Apa Keistimewaan dari...
    Hikmah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Apa keistimewaan dari malam Nuzulul Quran atau disebut juga malam peristiwa diturunkan ayat Al Quran untuk pertama kalinya itu? Begini penjelasannya!
  • Kebesaran Allah SWT,...
    Dunia Islam
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 08:27 WIB
    Tak ada yang tak mungkin bila Allah Subahanhu wa taala telah berkehendak. Begitu juga dengan beragam peristiwa yang dialami manusia, seperti kisah bayi yang langsung dapat berbicara ini.
  • Sayyidah Aisyah Bilang...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Februari 2022 - 09:22 WIB
    Sayyidah Aisyah ra mengatakan apabila Rasulullah SAW melihat awan mendung di atas langit atau angin yang bertiup cukup kencang maka akan terlihat kemurungan di wajahnya.
  • Ini Mengapa Eksodus...
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 10:40 WIB
    Setelah lepas dari kejaran Firaun, Bani Israil eksodus dari Mesir ke Palisttina. Eksodus Bani Israil memerlukan waktu yang cukup panjang sampai mereka secara resmi tinggal di Palestina.
  • Lirik Selawat Syamsun...
    Tips
    Senin, 20 November 2023 - 10:55 WIB
    Tak hanya dilantunkan dalam sebuah kajian, saat ini sudah banyak lagu - lagu selawat yang sering diperdengarkan salah satunya adalah Selawat Syamsun Anta Badrun.
  • Bukan Malaikat dan Sahabat...
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 14:05 WIB
    Menjadi mukmin sejati tentu dambaan setiap muslim karena Allah menjanjikan mereka surga dengan segala kenikmatannya. Siapakah orang yang imannya paling menakjubkan?
  • Abdullah Bin Salam,...
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 17:04 WIB
    Abdullah Bin Salam merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang berasal dari kalangan Yahudi. Awalnya nama sahabat Nabi itu adalah Al-Husain bin Salam, hingga akhirnya nama tersebut diganti oleh Rasulullah SAW.
  • Kisah Sufi: Orang-Orang...
    Hikmah
    Rabu, 01 November 2023 - 14:10 WIB
    Isa dalam kisah ini adalah Yesus, putra Maria. Kisah ini mengandung gagasan yang sama dengan yang ada dalam Magang Sihir, dan juga muncul dalam karya Rumi,.
  • Doa Pembuka Aura Wajah...
    Tips
    Senin, 28 Agustus 2023 - 16:18 WIB
    Doa pembuka aura wajah atau tubuh ini bersumber dari Al-Quran terutama Surat Yusuf. Doa ini banyak diamalkan, karena Nabi Yusuf Alaihissalam diberi kemuliaan wajah yang tampan rupawan oleh Allah SWT.
  • Istri yang Baik dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Maret 2021 - 15:47 WIB
    Adapun kategori seorang istri yang baik (salehah) di antaranya adalah taat kepada Allah Taala, patuh kepada suaminya dan menjaga kehormatan suaminya.
  • 10 Sahabat Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Selasa, 13 Desember 2022 - 06:40 WIB
    Sahabat Nabi berkulit hitam selain Bilal bin Robah radhiyallahu anhu terbilang cukup banyak. Inilah 10 sahabat Nabi berkulit hitam berikut sekelumit kisahnya.
  • Soekarno dan Keterpukauan...
    Hikmah
    Senin, 18 November 2019 - 22:13 WIB
    Dalam sebuah kunjungan terjadilah diskusi menarik antara Prof DR H Kadirun Yahya, Msc &ndashseorang angkatan 1945, ahli sufi, ahli fisika dan metafisika dan pernah sebagai Rektor Universitas Panca Budi, Medan&ndash dengan Presiden pertama Soekarno.
  • Membesuk dan Mendoakan...
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 09:28 WIB
    Kunjungan kepada orang sakit termasuk salah satu hak seorang muslim dengan muslim lainnya. Membesuk&nbsp orang sakit dan mendoakannya dengan doa termasuk sebab kesembuhan.
  • Rasulullah Mengingatkan...
    Muslimah
    Rabu, 15 Juni 2022 - 20:01 WIB
    Rasulullah sebagai teladan paripurna, telah memberikan tuntunan bagaimana mendidik dan mempersiapkan anak. Namun, ada faktor-faktor eksternal yang juga memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangannya.