Topik Terkait: Sejarah Yang Terjadi Di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah (halaman 2)

  • Yuk, Perbanyak Zikir Ini di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tips
    Sabtu, 10 Juli 2021 - 15:13 WIB
    Walaupun zikir bisa dilakukan kapan dan di mana saja, namun 10 hari awal pertama bulan tersebut memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Dan lafadz zikir inilah yang dianjurkan banyak diamalkan.
  • Bolehkah Menikah di Bulan Dzulhijjah? Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 Juli 2022 - 09:33 WIB
    Bolehkah menikah di bulan Dzulhijjah? Pertanyaan ini masih banyak terjadi di kalangan umat, sehubungan keistimewaan bulan haji yang dianggap bulan baik untuk pernikahan.
  • Amalan-amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Iduladha
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 04:50 WIB
    Amalan-amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah penting diketahui umat Islam agar tidak terlewat begitu saja. Hari ini kita memasuki hari ke-8 Dzulhijjah bertepatan dengan Hari Tarwiyah.
  • Golongan Manusia yang Justru Merugi di Bulan Ramadan
    Tausyiah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 12:19 WIB
    Ternyata ada golongan manusia yang justru merugi di bulan Ramadan. Siapa saja mereka? Mengapa disebut merugi, apa saja alasan dan dalilnya?
  • Menghidupkan Bacaan Al-Quran di Bulan Dzulhijjah Diganjar Pahala Berlipat-lipat
    Muslimah
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 13:02 WIB
    Banyak amalan yang bisa dilakukan perempuan muslimah salah di bulan Dzulhijjah satunya memperbanyak bacaan Al-Quran. Sama seperti bulan Ramadhan, membaca Al-Quran ini akan diganjar dengan pahala yang berlipat-lipat
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Sambut Bulan Dzulhijjah, Ini 5 Amalan yang Sangat Dianjurkan
    Tausyiah
    Senin, 27 Juni 2022 - 23:33 WIB
    Salah satu bulan yang memiliki keistimewaan selain Ramadhan adalah bulan Dzulhijjah. Insya Allah jatuh pada Kamis 30 Juni 2022 atau Rabu malam menurut perhitungan Hijriyah.
  • Bulan Dzulhijjah Terlihat di Arab Saudi, Iduladha pada Hari Rabu 28 Juni
    Dunia Islam
    Minggu, 18 Juni 2023 - 23:31 WIB
    Bulan sabit untuk bulan Islam Dzulhijjah dimana ibadah haji tahunan berlangsung terlihat di Tumair pada hari Ahad. Demikian Al-Ekhbariya sebagaimana dikutip Arab News melaporkan.
  • Amalan Sunah Bulan Dzulqadah yang Penuh Kebajikan
    Tips
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 08:19 WIB
    Ada beberapa amalan sunah di bulan Dzulqadah yang bisa mendekatkan diri pada Allah subhanahu wa taala, dan hendaknya bisa kita amalkan.
  • Larangan di Hari Tasyrik dan Dalil-dalilnya
    Tips
    Selasa, 12 Juli 2022 - 20:36 WIB
    Larangan di hari Tasyrik (tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijjah) yang hukumnya haram adalah berpuasa. Puasa sunnah apapun, di tiga hari setelah perayaan Idul Adha tidak diperbolehkan.
  • 6 Amalan di Bulan Zulhijjah Bertabur Pahala dan Kebaikan
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 22:15 WIB
    Amalan di bulan Zulhijjah bertabur pahala sangat dianjurkan untuk dikerjakan kaum muslim terutama pada 10 hari pertama bulan ini. Malam ini kita memasuki 2 Zulhijjah 1444 Hijriyah.
  • Sejarah dan Asal Usul Penamaan Bulan Rajab
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 15:07 WIB
    Bagaimana sebenarnya sejarah asal-usulnya dan penamaan bulan Rajab? Adakah arti khusus, serta apa dalil dan keutamaan bulan tersebut dalam Islam?
  • Doa-doa Rasulullah di 10 Hari Terakhir Ramadhan
    Tips
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 09:36 WIB
    Bulan puasa adalah bulan pengabulan doa. Dan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada hari-hari terakhir Ramadhan ini pun berdoa kepada Allah subhanahu wa taala.
  • Peristiwa di Bulan Syaban yang Penting Diketahui, Salah Satunya Bulan Pelaporan Amal
    Hikmah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 09:38 WIB
    Di bulan Syaban ini, ternyata ada sederet peristiwa penting dalam sejarah Islam yang wajib diketahui umat muslim
  • Selamat Datang Dzulhijjah, Berikut 5 Amalan Bertabur Pahala
    Tips
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 05:10 WIB
    Marhaban Ya Syahru Dzulhijjah, selamat datang bulan Dzulhijjah. Bulan yang diagungkan Allah dan keistimewaannya hampir setara dengan Ramadhan. Berikut lima amalan bertabur pahala.
  • Jadilah 1 di Antara 7 Golongan yang Dinaungi Allah pada Hari Kiamat
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 17:44 WIB
    Rasulullah SAW mengabarkan ada 7 golongan manusia yang akan dinaungi Allah pada Hari Kiamat. Jadilah satu di antara 7 golongan yang beruntung itu.
  • Sejarah Disyariatkannya Sholat Gerhana dan Hikmah di Baliknya
    Hikmah
    Selasa, 08 November 2022 - 22:13 WIB
    Sejarah sholat gerhana berikut hikmah di balik pensyariatannya penting diketahui kaum muslimin. Peristiwa gerhana ini termasuk tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah.
  • Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 15:10 WIB
    Sebagian umat Islam sangat menanti-nanti kedatangan bulan Ramadhan. Ini karena Ramadhan memiliki kemuliaan dan keutamaan spesial dibanding bulan lain.
  • Bulan yang Baik untuk Menikah Menurut Islam, Bulan Syawal Sangat Dianjurkan
    Muslimah
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 18:18 WIB
    Bulan yang baik untuk menikah menurut Islam sebenarnya tidak ditentukan, karena semua bulan adalah baik asal tidak melanggar syariat. Hanya saja, ada bulan-bulan tertentu yang sangat dianjurkan dalam melaksanakan pernikahan ini.
  • Amalan-amalan Sunah di Bulan Muharram yang Bertabur Pahala
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 15:00 WIB
    Muharram termasuk bulan yang dimuliakan Allah SWT. Saking mulianya, ia dijuluki dengan syahrullah (bulan Allah). Muharram dikatakan mulia karena di dalamnya terdapat amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk melakukannya.
  • Perang Tabuk, Pertempuran Terakhir Rasulullah SAW yang Terjadi di Bulan Rajab
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 22:26 WIB
    Perang Tabuk merupakan salah satu pertempuran yang pernah diikuti Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi pasukan Romawi. Perang ini terjadi pada bulan Rajab Tahun 9 Hijriyah.