Topik Terkait: Shalat Malam (halaman 3)

  • Mengikuti Kebiasaan Salat Malam yang Dilakukan Rasulullah
    Tausyiah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 08:25 WIB
    Salat malam merupakan amalan para nabi. Hal yang sama juga dilakukan para sahabatnya. Sepanjang malam, Nabi Muhammad SAW mendirikan salat malam dan bermunajat kepada Allah.
  • Doa, Dzikir dan Shalawat di Malam Isra Miraj, Yuk Amalkan
    Tips
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 12:02 WIB
    Pada siang dan malam Isra Miraj, umat muslim dianjurkan untuk menghidupkan malam tersebut dengan memperbanyak ibadah, dzikir dan doa kepada Allah, serta bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wa sallam
  • Doa Setelah Tasyahud Akhir yang Diajarkan Nabi
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 07:05 WIB
    Membaca doa setelah tasyahhud akhir sebelum Salam termasuk salah satu sunnah dalam salat. Berikut doa yang diajarkan Nabi Muhammmad shallallahu alaihi wasallam.
  • Inilah Hadoroh Yasin untuk Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 19 Februari 2024 - 13:46 WIB
    Inilah bacaan hadoroh yasin yang bisa diamalkan sebelum membaca surat Yasin di malam Nisfu Syaban, yang tahun ini jatuh pada tanggal 24 Februari 2024.
  • Besok Malam Nisfu Syaban, Ini Amalan dan Doanya Lengkap Arab Latin
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 09:05 WIB
    Malam Nisfu Syaban memiliki fadhilah tersendiri. Malam pertengahan Syaban itu merupakan malam berkah karena turunnya ampunan dan rahmat Allah. Berikut amalan dan doanya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Amalan Malam Nisfu Syaban, Jangan Lupa Baca Yasin 3 Kali
    Tausyiah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 14:52 WIB
    Menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan berdoa dan membaca Surah Yasin merupakan perkara yang baik. Ini termasuk ibadah yang tidak dilarang dalam agama.
  • Malam Lailatul Qadar, Permohonan Nabi Muhammad agar Umat Islam Diberi Umur Panjang
    Dunia Islam
    Kamis, 06 April 2023 - 05:14 WIB
    Malam lailatul qadar merupakan malam yang didamba setiap umat Islam di Ramadan. Malam lailatul qadar juga lazim disebut malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.
  • Bacaan Dzikir Malam Sebelum Tidur Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Minggu, 12 Februari 2023 - 15:34 WIB
    Amalan dzikir malam sebelum tidur merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan pahala berlimpah. Berikut bacaannya.
  • Kapan Malam Lailatul Qadar 2022? Berikut Prediksi Waktu dan Tandanya
    Tausyiah
    Minggu, 24 April 2022 - 03:05 WIB
    Lailatul Qadar adalah malam yang didambakan umat muslim karena fadilahnya menyamai ibadah 83 tahun lebih (1000 bulan). Berikut prediksi waktu dan tanda-tandanya.
  • Keutamaan Malam Nisfu Syaban, Berikut Jadwal dan Amalannya
    Tausyiah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 07:30 WIB
    Keutamaan menghidupkan malam Nisfu Syaban bertabur pahala dan ampunan dari Allah Taala. Malam Nisfu Syaban 1444 H (malam 15 Syaban) tahun ini jatuh pada Selasa malam, 7 Maret 2023.
  • Lailatul Qadar Kemungkinan Besar Malam Jumat, Ini Amalannya
    Tausyiah
    Kamis, 28 April 2022 - 13:00 WIB
    Malam Lailatul Qadar masih tanda tanya dan tidak diketahui pasti kapan datangnya. Para ulama memprediksi Lailatul Qadar jatuh malam Jumat (28/4/2022) bertepatan malam ke-27 Ramadhan.
  • 10 Nama Malam Nisfu Syaban, Salah Satunya sebagai Malam Hadiah
    Hikmah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 12:32 WIB
    Karena keistimewaannya, malam Nisfu Syaban memiliki nama-nama lain yang disematkan untuknya. Nama-nama apa saja? Berikut penjelasannya.
  • Amalan Malam Isra Miraj yang Bertabur Pahala, Yuk Amalkan!
    Tausyiah
    Selasa, 14 Februari 2023 - 14:02 WIB
    Amalan malam Isra Miraj atau malam 27 Rajab dalam kalender Islam adalah malam yang istimewa bagi umat muslim. Kenapa demikian?
  • Ceramah Gus Baha Mendapatkan Malam Lailatul Qadar
    Tausyiah
    Rabu, 27 April 2022 - 03:30 WIB
    Ceramah Gus Baha mendapatkan Lailatul Qadar menarik untuk kita simak. Ulama ahli tafsir Al-Quran ini membeberkan hikmah Lailatul Qadar dan cara mendapatkannya.
  • Inilah Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Haid di Malam Nisfu Syaban
    Muslimah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 13:02 WIB
    Amalan di bulan Syaban terutama di malam Nisfu Syaban sayang untuk dilewatkan. Karena itu, bagi wanita muslimah yanmg sedang haid, ada juga beberapa amalan yang bisa dilakukannya.
  • Kapan Malam Lailatul Qadar Turun?
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 02:00 WIB
    Kapan malam Lailatul Qadar turun? Menurut Imam Al-Ghazali dalam Ianatut Thalibin, bahwa cara untuk mengetahui Lailatul Qadar bisa dilihat dari hari pertama dari bulan Ramadan:
  • Apa Malam Kemuliaan Itu dan Apa Arti Malam Qadar?
    Tausyiah
    Jum'at, 23 April 2021 - 04:02 WIB
    Apa malam kemuliaan itu? Apa arti malam Qadar, dan mengapa malam itu dinamai demikian? Quraish Shihab menjelaskan secara rinci. Berikut penjelasan itu.
  • Beberapa Keutamaan Menunggu Datangnya Waktu Sholat, Salah Satunya akan Didoakan Malaikat
    Tips
    Jum'at, 09 September 2022 - 09:20 WIB
    Ada banyak pahala dan keutamaan ketika menunggu waktu datangnya sholat. Mengapa demikian? Kecintaan seorang muslim dalam beribadah tergambar dari kesediaannya menunggu ibadah itu datang lagi.
  • Doa Selepas Membaca Yasin di Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Selasa, 07 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Doa selepas membaca Surat Yasin di malam Nisfu Syaban 1444 H (Selasa malam 7 Maret 2023) sangat baik diamalkan kaum muslim. Berikut doanya lengkap Arab dan latin.
  • Aspek Hukum Puasa: Pengertian Malam, Benarkah setelah Matahari Terbenam?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 08:12 WIB
    Puasa dimulai dengan terbitnya fajar, dan berakhir dengan datangnya malam. Persoalan yang juga diperbincangkan oleh para ulama adalah pengertian malam.