Topik Terkait: Silaturahmi Haji Dan Umrah Indonesia (halaman 103)

  • Beginilah Keberkahan...
    Hikmah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 11:29 WIB
    Negeri yang diberkahi tentu menjadi dambaan setiap rakyat terhadap bangsanya. Bagaimana sebenarnya keberkahan suatu negeri ini dalam pandangan Al Quran?
  • Menikahkan Anak Gadis...
    Tausyiah
    Selasa, 24 November 2020 - 05:00 WIB
    Ibnu Taimiyah mengatakan menikahkan anak perempuan padahal dia tidak menyukai pernikahan itu, adalah tindakan yang bertentangan dengan prinsip agama dan logika sehat.
  • Adab Menasihati sesuai...
    Tips
    Selasa, 26 September 2023 - 11:45 WIB
    Nasihat adalah perkara yang sangat agung bagi setiap muslim. Dalam nasihat ada makna yang tersirat di dalamnya. Karena itu, ada adab yang harus diperhatikan dalam memberi nasihat.
  • Karomah Luar Biasa Bila...
    Muslimah
    Jum'at, 02 Oktober 2020 - 12:14 WIB
    Di setiap ayat-ayat pada bacaan Ayat Kursi mengandung banyak sekali arti dan makna tentang keutamaannya dan manfaatnya. Karena itu, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk secara rutin membaca ayat kursi dan mengamalkannya dalam berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari
  • Kisah Nabi Yosua Menahan...
    Hikmah
    Kamis, 08 September 2022 - 10:13 WIB
    Kisah Nabi Josua atau Yusya bin Nun menahan terbitnya matahari tercantum dalam sebuah hadis. Peristiwa ini terjadi dalam perang merebut Baitul Maqdis di bawah pimpinan Nabi Yosua.
  • Menyematkan Gelar Haji...
    Hikmah
    Rabu, 05 Juli 2023 - 18:50 WIB
    Para jemaah haji 2023 sudah banyak yang kembali ke Tanah Air. Mereka telah tuntas melaksanakan rangkaian ibadah haji dan umumnya masyarakat akan memberikan gelar atau predikat haji.
  • Islam Membatasi Persoalan...
    Tausyiah
    Selasa, 27 Agustus 2024 - 13:45 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Syariat Islam telah meletakkan beberapa ikatan yang membendung jalan yang akan membawa kepada perceraian, sehingga terbatas dalam lingkaran yang sangat sempit.
  • Mengganti Salat Usai...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:23 WIB
    Bila puasa wajib, maka perempuan wajib mengganti atau mengqadha puasanya itu setelah haidnya selesai. Lalu bagaimana dengan ibadah salat, apalah perempuan haid wajib menggantinya juga?
  • 20 Adab Pergaulan dan...
    Tausiyah
    Kamis, 07 November 2019 - 05:15 WIB
    Orang yang bahagia adalah yang bisa mengambil pelajaran dari orang lain. Seorang mukmin merupakan cermin bagi mukmin yang lain.
  • 4 Nabi yang Masih Hidup...
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Dari 120 ribu lebih jumlah Nabi, ada empat Nabi yang disebut masih hidup hingga hari ini. Maksud hidup di sini adalah belum pernah merasakan atau bertemu kematian.
  • 6 Rukun Wudhu yang Wajib...
    Tips
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 15:49 WIB
    Sahabat muslim, perkara wudhu merupakan hal mendasar yang wajib kita pelajari karena wudhu merupakan salah satu syarat sah shalat. Berikut enam rukunnya.
  • Syair Cinta Rumi: Nubuat...
    Hikmah
    Sabtu, 06 November 2021 - 14:37 WIB
    Jalalaludin Rumi dalam bukunya berjudul Masnavi berkisah, Nabi berkata di telinga pemegang sanggurdi Amirul Mukminin Ali: Ali akan dibunuh oleh tanganmu, aku bersumpah kepadamu!
  • Bersyukur kepada Allah...
    Tausyiah
    Senin, 05 Agustus 2024 - 13:24 WIB
    Al-Biqai dalam tafsirnya terhadap surat Al-Fatihah mengemukakan bahwa al-hamdulillah dalam surat Al-Fatihah menggambarkan segala anugerah Tuhan yang dapat dinikmati oleh makhluk, khususnya manusia.
  • Hadis yang Jadi Dalil...
    Tausyiah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 08:08 WIB
    Orang-orang yang memperbolehkan menyanyi mengatakan bahwa hadis tersebut dhaif. Seandainya sahih pasti menjadi hujjah, bahwa ungkapan Nabi Itu adalah batil itu tidak menunjukkan pengharaman.
  • Tradisi 1 Muharam di...
    Hikmah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 19:21 WIB
    Tradisi 1 Muharam di Indonesia biasanya dikaitkan dengan peringatan 1 Syuro yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti tapa bisu, tirakatan, kungkum, kirab budaya, membuat jimat, dan pencucian pusaka.
  • Keutamaan Bulan Dzulhijjah...
    Tausiyah
    Kamis, 01 Agustus 2019 - 14:31 WIB
    Bulan Dzulhijjah adalah bulan agung yang dimuliakan Allah. Dalam penanggalan Hijriyah (Qomariyah), nanti malam (malam Jumat) umat Islam mulai memasuki bulan mulia tersebut.
  • Ini Beda Salafi dan...
    Hikmah
    Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:46 WIB
    Menyamakan Salafi dengan Wahabi selintas agak rancu dan membingungkan. Wahabi adalah penyebutan bagi mereka yang mengikuti ajaran yang dicetuskan oleh Muhammad bin Abdul Wahhab.
  • Hukum Bersilaturahmi...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 12:45 WIB
    Silaturahmi mendatangkan pahala-pahala yang istimewa. Umat Islam banyak yang sudah paham tentang hal ini. Tapi bagaimana jika kita bersilaturahmi dengan kerabat yang fasik atau non muslim?
  • Muslimat NU Sedunia...
    Dunia Islam
    Senin, 18 Oktober 2021 - 20:03 WIB
    Muslimat NU lintas negara mendukung pendirian masjid Indonesia pertama di London, Inggris. Masjid Indonesia ini rencananya dibangun di kawasan tengah Kota London, sebagai sarana dakwah Islam moderat dan nilai-nilai ke-Indonesia-an di Inggris Raya
  • Bersuci Setelah Haid,...
    Muslimah
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 06:08 WIB
    Bersuci setelah haid atau dikenal dengan sebutan mandi haid, wajib dilakukan seorang muslimah agar dapat kembali melaksanakan ibadah shalat dan puasa.