Topik Terkait: Surah Al Baqarah (halaman 39)

  • Tanda Bekas Sujud dalam...
    Hikmah
    Kamis, 09 Desember 2021 - 22:10 WIB
    Salah satu ciri orang beriman adalah sering rukuk dan bersujud sebagaimana disebut dalam Al-Quran Surat Al-Fath ayat 29. Berikut makna tanda bekas sujud di wajah mereka.
  • Sya’wanah al-Ubullah...
    Muslimah
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 13:01 WIB
    Syawanah al-Ubullah adalah seorang perempuan sufi yang hidup di abad pertengahan. Imam Al-Ghazali sangat terkagum-kagum pada sosok perempuan sufi ini. Kenapa dan apa keistimewaan sosok muslimah ini?
  • Tingkatan Manusia dan...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 16:03 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan manusia Islam (muslim) itu bertingkat-tingkat. Keliru bila kita memperlakukan manusia tanpa melihat perbedaan-perbedaan nyata dalam masyarakat.
  • Hukum Patung, Syaikh...
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam sangat menaruh perhatian dalam memelihara tauhid, dan semua hal yang akan bersentuhan dengan akidah tauhid ditutup rapat-rapat.
  • Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Senin, 12 Agustus 2024 - 12:43 WIB
    Surat Al Qariah menjelaskan berbagai hal yang akan terjadi pada saat hari kiamat, salah satunya adalah umat yang penuh dengan dosa akan dimasukkan ke dalam neraka hawiyah.
  • Keutamaan dan Keistimewaan...
    Hikmah
    Rabu, 20 November 2019 - 20:21 WIB
    Surat Al-Fatihah terdiri dari 7 ayat yang diulang terus menerus dalam Alquran atau disebut Sabul Matsani. Berikut keistimewan dan keutamaannya.
  • Konsep Zakat Thariqah...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 19:21 WIB
    Dengan begitu, tak ada pahala bagi orang yang berzakat tarekat, maka jadilah dia orang yang pailit, bangkrut dalam arti tidak memiliki lagi pahala ibadah bagi dirinya.
  • Haruskah Mengkhatamkan...
    Tausyiah
    Minggu, 26 Maret 2023 - 16:41 WIB
    Salah satu amalan di bulan Ramadan yang banyak dilakukan umat Islam adalah tadarus atau membaca kitab suci Al-Quran dengan harapan meraih pahala yang berlimpah.
  • Quraish Shihab: Al-Quran...
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 15:40 WIB
    Masyarakat yang ideal akan terus-menerus berubah dan berkembang menuju kesempurnaannya. Al-Quran juga menganjurkan pembaruan atau tajdid, atau istilah lainnya modernisasi atau reaktualisasi.
  • Badan Malaikat Itu Sangat...
    Hikmah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 18:25 WIB
    Besarnya fisik malaikat tidak bisa dibandingkan dengan manusia. Rasulullah SAW pernah melihat Jibril dalam wujud aslinya. Jibril memiliki 600 sayap dan setiap sayap mampu menutup cakrawala.
  • Menghidupkan Jumat dengan...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 19:36 WIB
    Jumat dikenal sebagai hari istimewa bertabur berkah dan ampunan. Salah satu sunnah yang masyhur pada Hari Jumat adalah tilawah (membaca dan memahami) Surah Al-Kahfi.
  • Pemilu Iran di Hari...
    Dunia Islam
    Kamis, 27 Juni 2024 - 15:57 WIB
    Terlepas dari siapa yang menjadi presiden Iran berikutnya, kebijakan luar negeri Republik Islam tidak akan berubah dan keterlibatan internasional akan terus berlanjut.
  • Kisah Sufi: Ucapan Terakhir...
    Hikmah
    Jum'at, 20 November 2020 - 06:10 WIB
    Aku hanya dapat mengatakan bahwa mereka memukulku karena mereka percaya bahwa mereka benar dan aku salah. Bagaimana aku dapat menuntut keadilan terhadap mereka?
  • Founder Metode Kauny...
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 April 2023 - 14:23 WIB
    Founder Metode Kauny sekaligus Komisaris Kauny Quran Korpora Ustaz Bobby Herwibowo atau akrab disapa Usbob berbicara mengenai konsep kekayaan di dalam Al-Quran.
  • Masjid Sayed Al-Shuhada...
    Dunia Islam
    Minggu, 07 Mei 2023 - 13:44 WIB
    Masjid Sayed Al-Shuhada adalah situs penting dalam sejarah Islam karena menceritakan kisah Pertempuran Uhud, yang terjadi pada tahun ketiga Hijriah.
  • Doa agar Haid Cepat...
    Muslimah
    Senin, 10 Januari 2022 - 09:13 WIB
    Doa agar haid cepat keluar bagi muslimah sebenarnya tidak ada secara khusus yang tercantum dalam Al-Quran maupun hadis. Akan tetapi secara umum ada doa yang ditujukan untuk kesembuhan suatu penyakit.
  • Hukum Melawak, Syaikh...
    Hikmah
    Minggu, 03 September 2023 - 11:51 WIB
    Apakah Islam membolehkan seni semacam komedi, humor, atau lawak? Syaikh Yusuf al-Qardhawi menyebut sebagian sahabat Nabi ada yang bersenda gurau dan Rasulullah SAW pun membiarkan dan menyetujui.
  • Konsep Politik Hasan...
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 14:06 WIB
    Ketiga teori itu memberikan inspirasi terhadap Hasan al-Banna untuk menformulasikan sistem politik Mesir. Ide patriotisme dan nasionalisme menurut al-Banna secara substansial tidak bertentangan dengan Islam.
  • Kisah Al-Hallaj Dijatuhi...
    Hikmah
    Senin, 10 Oktober 2022 - 08:52 WIB
    Ia mengalami persatuan dengan Tuhan dan mengatakan Akulah yang Maha Benar. Lantaran itu, Al-Hallaj dijatuhi hukuman bakar, debu jasadnya dibuang ke Sungai Tigris.
  • Analisis Maurice Bucaille...
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 13:13 WIB
    Pada garis besarnya, riwayat Quran tentang keluarnya orang Yahudi dari Mesir adalah sama dengan riwayat Bibel. Quran tidak menyebutkan nama identitas Firaun yang berkuasa pada waktu Eksodus terjadi