Topik Terkait: Surat Berharga Negara (halaman 3)

  • Kapan Sebaiknya Membaca Surat Al Waqiah? Begini Petunjuk Hadis
    Tips
    Senin, 21 Agustus 2023 - 13:58 WIB
    Kapan sebaiknya membaca surat Al Waqiah? Sejumlah hadis menginformasikan sebaiknya dilakukan sesering mungkin, saban malam hari. Namun ada juga hadis yang menyebut cukup pada malam Jumat saja.
  • Surat Al Maidah: Ayat Al-Quran yang Terakhir Kali Turun
    Hikmah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 15:31 WIB
    Surat Al-Maidah, ayat Al-Quran yang terakhir turun kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Surat ini terdiri dari 120 ayat, surah kelima yang termasuk golongan Madaniyyah.
  • Inilah Sebab Orang Meninggal Dibacakan Surat Yasin
    Hikmah
    Jum'at, 13 Mei 2022 - 17:23 WIB
    Surat Yasin merupakan surat yang sering dibaca baik pada saat malam Jumat ataupun ketika ada orang meninggal. Kenapa kita perlu membaca Surat Yasin ketika ada orang meninggal?
  • Khasiat Membaca Surat Al Insyirah Rutin Setiap Hari
    Tips
    Jum'at, 11 November 2022 - 14:27 WIB
    Khasiat membaca Surat Al Insyirah rutin setiap hari, Allah Subhanahu wa taala janjikan di balik kesulitan pasti ada jalan keluar yang begitu dekat. Bahkan Allah pun akan memberi kemudahan dalam segala urusan dan mendapat rezeki yang tidak terduga
  • Cara Mengirim Doa Surat Yasin untuk Orang yang Sudah Meninggal
    Tips
    Senin, 12 September 2022 - 11:57 WIB
    Cara mengirim doa Surat Yasin untuk orang yang sudah meninggal beserta tata caranya penting diketahui oleh umat muslim. Dengan mengirimkan doa surat Yasin ini, diharapkan orang yang sudah meninggal mendapat manfaat.
  • Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 12, Beserta Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 24 November 2023 - 11:44 WIB
    Surat Yasin ayat 12 menjelaskan tentang kuasa Allah SWT yang dapat membangkitkan kembali orang-orang di saat hari Kiamat.
  • Alasan Surat At-Taubah Tidak Diawali dengan Kalimat Bismillah
    Tips
    Kamis, 24 November 2022 - 17:31 WIB
    Surat At-Taubah merupakan surah ke 9 dalam Al-Quran dan termasuk ke dalam Surah Madaniyah. Ini alasan Surat At-Taubah tidak diawali dengan kalimat Bismillah.
  • Surat Yasin Ayat 7-8: Nasib Abu Jahal dan Mereka yang Terbelenggu dalam Kekafiran
    Tausyiah
    Kamis, 11 November 2021 - 08:48 WIB
    Surat Yasin ayat 7-8 menyampaikan tentang orang-orang yang sudah dicap kafir oleh Allah SWT dan perumpamaan bagi mereka yang terbelenggu oleh kekafirannya tersebut.
  • 9 Kandungan Surat Al Baqarah, dari Perintah Mengimani Al Quran hingga Anjuran Bersedekah
    Hikmah
    Rabu, 28 Februari 2024 - 17:41 WIB
    Kandungan Surat Al Baqarah ini perlu diketahui oleh setiap muslim, karena tujuan dan fungsi dari kitab suci Al Quran tidak hanya untuk dibaca namun juga memahami isi kandungannya.
  • Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk, Ini Fadhilahnya
    Tips
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 21:05 WIB
    Doa setelah membaca Surat Al-Mulk memiliki fadhillah (keutamaan) yang jarang diketahui umat muslim. Berikut lafaz doanya disertai bacaan latin dan artinya.
  • Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Beserta Waktu Terbaiknya
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 09:58 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al Wakiah salah satunya adalah dapat menjadi pembuka pintu rezeki, namun selain mengetahui keutamaannya umat muslim juga perlu tahu kapan waktu terbaik untuk membaca surat yang punya 96 ayat tersebut.
  • Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 3: Penciptaan 7 Langit yang Sempurna Tanpa Penyangga
    Hikmah
    Kamis, 03 November 2022 - 22:20 WIB
    Pada ayat ke-3 Surat Al-Mulk ini Allah menegaskan kekuasaan-Nya menciptakan tujuh langit berlapis yang tidak ada cacat sama sekali. Inilah salah satu tanda kebesaran-Nya.
  • Kisah Sufi: Berharga dan Tak Berharga
    Hikmah
    Selasa, 23 November 2021 - 13:08 WIB
    Raja yang disinggung dalam kisah ini diduga adalah mendiang Nadir Shah dari Afghanistan, yang diabdi oleh Sufi Abdul-Hamid Khan, dan yang wafat pada tahun 1933.
  • Surat Al Mutaffifin Juz ke Berapa?
    Tips
    Rabu, 29 November 2023 - 10:23 WIB
    Surat Al Mutaffifin adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan besar dalam Islam. Surat ini menggambarkan tentang keadilan sosial dan peringatan bagi orang-orang yang tidak jujur dalam urusan timbangan dan pengukuran.
  • Asbabun Nuzul Surat Abasa, Hikmah Dakwah Rasulullah SAW
    Tips
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 12:40 WIB
    Asbabun nuzul Surat Abasa menceritakan tentang hikmah dakwah Nabi Muhammad Shallalllahu alaihi wa sallam kepada orang tanpa melihat status sosial. Surat Abasa sendiri terdiri dari 42 ayat.
  • Inilah 15 Manfaat Surat Yasin ketika Dibaca Rutin
    Tips
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:29 WIB
    Membaca surat Yasin banyak manfaatnya. Membaca Surat Yasin adalah membaca al-Quran. Maknanya, manfaat membaca Surat Yasin bisa juga diterjemahkan sama dengan manfaat membaca al-Quran.
  • Inilah Asbabun Nuzul Surat Quraisy Ayat 1
    Hikmah
    Kamis, 30 November 2023 - 11:01 WIB
    Asbabun nuzul Surat Quraisy ayat 1 menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui sejarah tentang asal-usul atau penyebab turunnya ayat tersebut.
  • Keutamaan Surat Al Kafirun dalam Kehidupan Sehari-hari
    Tips
    Rabu, 10 November 2021 - 17:24 WIB
    Surat Al-Kafirun yang dimulai dengan ayat yang berbunyi Qul yaaaaa ayyuhal kaafiruun, merupakan surat ke 109 dalam Al-Quran yang berada dalam juz terakhir (jus Amma).
  • Surat Yasin Ayat 38: Kuasa Allah SWT dalam Pergerakan Matahari
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 11:17 WIB
    Surat Yasin Ayat 38 membahas sebab terjadinya siang dan malam yang disinggung pada ayat sebelumnya serta melihat lebih jauh bagaimana kuasa Allah SWT dalam pergerakan matahari.
  • Kisah Turunnya Surat Al-Fath, Kabar Gembira Kemenangan bagi Umat Islam
    Hikmah
    Senin, 06 Februari 2023 - 00:00 WIB
    Kesedihan yang menyelimuti Rasulullah SAW dan para sahabat seketika hilang ketika Allah Taala menurunkan surat ini. Surat Al-Fath (kemenangan) yang terdiri 29 ayat.