Topik Terkait: Syaikh Maulana Malik Ibrahim (halaman 3)

  • Syaikh Al-Qardhawi: Hati-Hati Membelanjakan Uang Negara!
    Tausyiah
    Minggu, 02 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Apabila kesederhanaan itu dituntut dalam pengeluaran seseorang terhadap dirinya, maka ia juga dituntut dalam anggaran belanja negara, mulai dari kepala negara kemudian orang di bawahnya.
  • Hakikat Wakaf dan Amal Jariyah Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Selasa, 04 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Di antara persoalan penting yang ditekankan dalam Islam adalah sedekah jariyah. Yakni sedekah yang terus menerus bermanfaat sampai setelah matinya orang yang memberi sedekah.
  • Karomah Syaikh Nawawi al-Bantani saat Meluruskan Arah Kiblat Masjid
    Dunia Islam
    Selasa, 06 September 2022 - 10:25 WIB
    Lihatlah di sana, kata Syaikh Nawawi seraya menunjuk dengan jari tangannya ke arah kiblat yang dimaksud. Di sana tampak kakbah sehingga arah masjid pun diubah.
  • Kisah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani Membuat Khalifah Al-Mustanjid Bertaubat
    Tausyiah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 18:14 WIB
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani dikenal tidak mau mencari muka kepada kaum elit, baik kepada orang-orang kaya para pembesar kerajaan. Khalifah Al-Mustanjid bertaubat justru tunduk kepadanya.
  • Cara Nabi Ibrahim dan Ismail Membangun Kakbah, Kiblat Umat Muslim di Dunia
    Hikmah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 13:53 WIB
    Orang pertama yang diperintahkan membangun Kakbah adalah Nabi Ibrahim dan Ismail alaihimussalam. Begini cara keduanya membangun dan membina Kakbah.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Cobaan Nabi Ibrahim Menurun ke Nabi Ishaq, Susah Punya Anak
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 15:30 WIB
    Cobaan Nabi Ishaq, dalam hal keturunan, amatlah mirip dengan ayahandanya, Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim dikaruniai putra dari istrinya, Siti Sarah, pada saat usianya hampir 100 tahun.
  • Hakikat Mimpi Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 10:45 WIB
    Sebagai ulama sufi yang punya kedalaman ilmu tasawuf dan ilmu fiqih, Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani membagi mimpi ke dalam dua macam. Berikut ulasannya.
  • Menolak Hukuman dengan Adanya Alasan Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Ini tidak termasuk menggugurkan hukuman sebagaimana disebutkan oleh sebagian orang, tetapi pada dasarnya had belum wajib karena belum memenuhi seluruh rukun dan syaratnya.
  • Ini Alasan Mengapa Ibrahim bin Adham Tidak Menikah
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:17 WIB
    Kenapa Ibrahim bin Adham tidak menikah? Wanita mana pun yang aku nikahi akan tetap kelaparan dan telanjang. Jika pun aku dapat (menikah), aku akan menceraikan diriku sendiri, jawabnya.
  • Mengenal Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, Simbolnya Para Wali
    Hikmah
    Rabu, 09 November 2022 - 20:42 WIB
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani adalah sosok ulama panutan yang merupakan simbolnya para Wali. Beliau pun digelari Sulthanal Auliya (pemimpin para Waliyullah).
  • Kisah Nabi Ibrahim Berbohong 3 Kali, Terakhir kepada Raja yang Lalim
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 17:10 WIB
    Ibrahim tidak pernah berkata dusta, kecuali tiga kali. Dua di antaranya terkait Dzat Allah: kata-kata Ibrahim, Sesungguhnya, aku sakit. dan kata-kata Ibrahim, Sebenarnya (patung) besar itu yang melakukannya.
  • Perbedaan Versi Kisah Nabi Ibrahim dan Penyembelihan Putranya Menurut Islam, Kristen, dan Yahudi
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 03:52 WIB
    Perbedaan versi kisah Nabi Ibrahim dan penyembelihan putranya menurut Islam, Kristen dan Yahudi selalu dibahas menjelang Hari Raya Kurban atau Iduladha.
  • Kisah Menakjubkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani pada Masa Kecilnya
    Hikmah
    Rabu, 16 November 2022 - 21:49 WIB
    Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal nama dan cerita karomah beliau saja. Nyaris buta sejarah perjuangan ulama besar yang sarat dengan keteladanan ini.
  • Cara Mengompromikan Surat Al-Anam Ayat 125 Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Allah Taala memberitahukan dalam sebagian ayat-Nya bahwa semua urusan ada dalam kekuasaan-Nya. Dan dalam sebagian ayat lainnya memberitahukan bahwa semua perkara itu kembali kepada mukallaf
  • Kisah Diskusi Malaikat dengan Nabi Ibrahim Perihal Penghancuran Kaum Luth
    Hikmah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Sebelum Allah SWT menghacurkan Luth, Nabi Ibrahim mendapatkan kabar akan datangnya azab tersebut. Bocoran itu datang dari malaikat yang mendatanginya.
  • Al-Barra bin Malik (2-Habis): Doa Syahid yang Terkabul
    Hikmah
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 15:35 WIB
    Al-Barra bin Malik adalah pembantu Rasulullah SAW. Sahabat Nabi SAW ini senantiasa berdoa bisa matti syahid di jalan Allah. Doa itu akhirnya terkabul.
  • Kisah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani Mimpi Sosok yang Mengaku Tuhan
    Hikmah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 11:07 WIB
    Ulama besar sufi yang punya kedalaman ilmu dan makrifat Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani (470-561 H) pernah bermimpi mendengar suara yang mengaku dirinya Tuhan.
  • Resep Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani dalam Menempatkan Kebaikan dan Keburukan
    Tausyiah
    Minggu, 22 November 2020 - 05:00 WIB
    Siapa pun yang dekat dengan raja harus semakin berhati-hati, sebab ia berada di hadapan Sang Raja Yang Mahamelihat lagi Mahamengetahui akan gerak-geriknya.
  • KIsah Sufi Ibrahim bin Adham: Menginap di Rumah Pemuda yang Dirasuki Setan
    Hikmah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 10:32 WIB
    Ibrahim tinggal di sana dan mengamati keadaan pemuda itu dengan penuh perhatian. Keadaan pemuda itu bahkan melampaui apa yang dikatakan teman-temannya.
  • Tingkatan Hukum-Hukum Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 16:19 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan salah satu kajian fiqih yang dilupakan sebagian agamawan adalah mengetahui tingkatan-tingkatan hukum syari dan menyadari bahwa hukum-hukum ini tidak berada dalam satu tingkatan saja.