Topik Terkait: Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (halaman 50)

  • Kisah Israel Rebut Tanah...
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:11 WIB
    Rencana Pembagian PBB tahun 1947 untuk Palestina merekomendasikan berdirinya negara-negara Yahudi dan Palestina. Pasukan Yahudi terjun ke lapangan hampir seketika itu juga.
  • Dalam Islam, Bolehkah...
    Muslimah
    Selasa, 24 September 2024 - 11:02 WIB
    Dalam Islam, bolehkah wanita berambut pendek? Ternyata tentang rambut kaum muslimah ini, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang membolehkan, ada juga yang tidak membolehkannya.
  • Nama Bayi Perempuan...
    Muslimah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 14:39 WIB
    Inspirasi nama bayi perempuan menurut Islam dan Al-Quran, bisa kita ambil untuk buah hati kita yang baru lahir. Banyak kata dalam Al-Quran yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan.
  • Adab Seorang Muslim...
    Tips
    Rabu, 01 September 2021 - 06:22 WIB
    Safar atau melakukan perjalanan merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan oleh mmamsyarakat. Dan sebagai seorang muslim, ketika bersafar ada adab-adab yang harus diperhatikan.
  • Keutamaan Mengucap Kalimat...
    Hikmah
    Jum'at, 27 Desember 2019 - 19:24 WIB
    Dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah, Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury mengungkap dahsyatnya keutamaan kalimat tauhid Laa ilaha illallah
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Begini Pendapat Sejumlah...
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 11:26 WIB
    Ibnu Hajar mengatakan pelaku bidah itu ada yang menjadi kafir dan fasiq. Bahwa perbuatan bidah ada yang menjadikan pelakunya kafir, ini disepakati oleh para ulama. Misalnya, (bidah) pada ajaran Rafidhah ekstrim.
  • Hukum Memakai Bulu Mata...
    Muslimah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 10:15 WIB
    Hukum memakai bulu mata palsu menurut Islam penting diketahui kalangan muslimah, sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengaplikasikannya.
  • 9 Ilmuwan Muslim Berpengaruh...
    Hikmah
    Jum'at, 31 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Pada masa kejayaan Islam (750-1258), para filsuf dan ilmuwan muslim banyak menghasilkan karya dan kontribusi dalam bidang sains, kedokteran. Berikut lanjutan 9 ilmuwan muslim berpengaruh.
  • Korupsi adalah Karakter...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 November 2023 - 08:30 WIB
    Mengkhianati amanah adalah salah satu karakter orang-orang munafik dan termasuk perbuatan dosa yang dibenci oleh Allah taala, sehingga hukumnya haram.
  • Leighton House: Kecintaan...
    Dunia Islam
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 12:36 WIB
    Artis terkenal era Victoria Inggris, Frederic Leighton (3 Desember 1830 25 January 1896), membangun Arab Hall untuk memperkenalkan seni Islam kepada masyarakat Inggris.
  • Hukum Menikahi Janda,...
    Tausyiah
    Selasa, 08 Februari 2022 - 09:30 WIB
    Hukum menikahi janda dalam Islam tidaklah dilarang alias boleh. Hanya saja yang paling utama menurut hadits adalah menikahi gadis ketimbang janda
  • Arab Saudi Ajak Umat...
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 April 2021 - 20:01 WIB
    Mahkamah Agung (MA) Arab Saudi mengajak semua Muslim di seluruh negeri untuk melihat bulan sabit bulan suci Ramadhan pada Minggu malam.
  • 40 Hari Menuju Ramadhan,...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 05:00 WIB
    40 hari menuju Ramadhan, apakah kita sudah siap menyambutnya? Apa saja yang harus disiapkan umat muslim untuk memasuki bulan suci tersebut? Berikut penjelasaan Buya Yahya.
  • Ali Ridho Syiarkan Islam...
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Maret 2022 - 07:33 WIB
    Bermodal semangat menyiarkan Islam di Tanah Banjarbaru, Ali Ridho yang berlatar belakang petani, mendirikan TPQ Baity Al Hikmah. Tempat pendidikan ini memfasilitasi anak-anak hingga lansia belajar membaca Al-Quran
  • 3 Faktor Runtuhnya Daulah...
    Hikmah
    Senin, 23 September 2024 - 19:48 WIB
    Syamruddin menyebut 3 faktor yang menyebabkan runtuhnya Daulah Umayyah yang sempat berusia 90 tahun (661-750 M). Salah satunya ketidakmampuan para khalifah sesudah Hisyam bin Abdul Malik.
  • Jadwal Imsakiyah Surabaya...
    Tips
    Minggu, 17 Maret 2024 - 19:16 WIB
    Jadwal Imsakiyah Surabaya berlaku hari, 17 Maret 2024/ 6 Ramadan 1445 Hijriah. Jadwal ini bisa menjadi panduan bagi warga Surabaya dan sekitarnya sebagai patokan untuk mengatur jadwal sahur selama bulan Ramadan
  • Kenapa Awal Bulan Hijriah...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juni 2024 - 11:20 WIB
    Dalam kalender hijriah, awal tahun baru dinamakan bulan Muharram. Mengapa dinamakan demikian dan bagaimana sejarah penamaannya?
  • Ilmu Hikmah, 3 Perkara...
    Tausyiah
    Senin, 29 Juni 2020 - 17:17 WIB
    Semua manusia pasti mendambakan keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun, banyak yang belum memahami hakikat hidup yang sebenarnya.
  • Batasan Wanita Karier...
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:56 WIB
    Batasan wanita karier dalam Islam perlu dipahami oleh kaum muslimah yang memilih bekerja di luar rumah. Batasan ini penting, karena wanita karier akan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah.
  • Berapa Rakaat Sholat...
    Dunia Islam
    Sabtu, 16 April 2022 - 01:02 WIB
    Berapa rakaat sholat Tarawih di Masjidil Haram? Umat muslim di Arab Saudi sangat gembira menyusul diizinkannya pelaksanaan sholat Tarawih di Masjidil Haram tahun ini.