Topik Terkait: Tokoh Muslimah Inspirasi Dunia

  • Fatimah al-Fihri: Janda Kaya Pendiri Universitas Pertama di Dunia
    Dunia Islam
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 13:59 WIB
    Fatimah al-Fihri adalah wanita muslim yang mendirikan universitas pertama di dunia. Tidak hanya sekadar pendiri, ide mengenai Universitas ini dan penentuan lokasinya pun semuanya berasal dari dia.
  • Kisah Muslimah Amerika Attallah Shabazz, Putri Malcolm X Hadiah dari Tuhan
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Desember 2022 - 07:55 WIB
    Attallah Shabazz adalah seorang aktris, penulis, diplomat, dan pembicara motivasi Amerika. Dia putri sulung pasangan Malcolm X dan Betty Shabazz.
  • Taubatnya Perempuan yang Sering Menangis Bila Menyebut Asma Allah
    Muslimah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 18:24 WIB
    Syawanah adalah perempuan yang sangat terkesan dengan keterbatasannya sendiri dalam mengabdi kepada Allah Taala. Ia juga sangat merindukan persatuan atau perjumpaan dengan Sang Pencipta, sehingga ia terus menangis.
  • Inilah Sosok Bersahaja dan Ketaatan Istri Penguasa
    Muslimah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 18:51 WIB
    Impian menjadi istri penguasa, pejabat atau istri pengusaha tentu sangat didambakan oleh sebagian kaum perempuan saat ini. Selain karena status sosial, kehidupan mewah dan serba kecukupan adalah gambaran fasilitas yang akan didapatkannya.
  • Fatima al-Fihri,  Penggagas Pertama Terbentuknya Universitas
    Muslimah
    Rabu, 08 Juli 2020 - 14:12 WIB
    Penggagas Universitas pertama di dunia adalah seorang perempuan Muslim, yakni Fatima al-Fihri. Tidak hanya sekedar pendiri, ide mengenai universitas ini dan penentuan lokasinya pun semuanya berasal darinya.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Nasehat Penting untuk Kaum Muslimah agar Selamat Dunia Akhirat
    Muslimah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 09:59 WIB
    Sebagai muslimah, kita tidak boleh lalai menelaah ancaman dan fitnah dunia melalui untaian nasihat untuk mengingatkan setiap wanita muslimah yang menginginkan keselamatan.
  • Kisah Hikmah : Muslimah pun Wajib Menunaikan Amar Maruf Nahi Munkar
    Muslimah
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 08:55 WIB
    Ada sebuah kisah yang menunjukkan pentingnya kaum muslimah memberikan andil dalam nasihat dan amar maruf nahi munkar sesuai dengan kemampuan mereka.
  • Karimah al-Marwaziyyah : Muslimah Pertama yang Belajar Kitab Shahih al-Bukhari
    Muslimah
    Senin, 27 Juni 2022 - 13:04 WIB
    Karimah binti Ahmad bin Muhammasd bin Hatim Al-Marwaziyyah, atau dikenal sebagai Karimah al-Marwaziyyah. Karimah-lah yang menjadi muslimah pertama yang belajar kitab Shahih al-Bukhari .
  • 6 Nasihat untuk Muslimah agar Selamat Dunia dan Akhirat
    Muslimah
    Senin, 22 Mei 2023 - 09:31 WIB
    Para ulama memberi nasihat kepada para muslimah agar bersuka cita dengan anugerah agama ini, agar mereka bisa membangun istananya di surga.
  • Rufaidah al-Aslamiyah : Muslimah Pertama Inspirator Ilmu Keperawatan
    Muslimah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 21:19 WIB
    Para shahabiyah (perempuan muslimah yang menjadi sahabat Rasulullah) memiliki peran penting dalam sejarah dan peradaban Islam. Dan di antara para shahabiyah ini, adalah Rufaidah al-Aslamiyah.
  • Inilah Inspirator Tenaga Medis di Zaman Rasullulah
    Muslimah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 18:15 WIB
    Penghormatan Islam terhadap perempuan terlihat jelas melalui surat An-Nisa. Perempuan bukan sekadar diselamatkan dari kezhaliman, tapi ia diberi hak ekonomi dan berperan di tengah masyarakat.
  • 4 Kondisi yang Mewajibkan Muslimah Mandi Wajib
    Muslimah
    Minggu, 28 November 2021 - 05:10 WIB
    Ada beberapa kondisi yang mewajibkan mandi besar bagi seorang muslimah. Kewajiban mandi besar itu antara lain dilandasi dalil dari Al Quran dan hadis Nabi Muhammad Shallallahu alihi wa sallam.
  • Makam Muslimah Ini Sangat Harum Sampai Rasulullah Dibuat Kagum, Siapa Dia? Dan Apa Amalan yang Dilakukannya?
    Muslimah
    Kamis, 10 November 2022 - 17:33 WIB
    Muslimah ini hidup di zaman Firaun. Namanya Siti Masyitoh, ia menjadi pelayan yang mengurusi anak-anak sang raja Firaun tersebut. Siapa sebenarnya ia?
  • Bolehkah Muslimah Bepergian Seorang Diri?
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:20 WIB
    Safar atau dalam bahasa Arab berarti menempuh perjalanan. Safar merupakan bagian hidup setiap muslim dalam rangka menjalankan ketaatan kepada Rabb-nya atau untuk meraih kemaslahatan duniawinya
  • Inilah 3 Kiat Menjadi Muslimah Paling Bahagia
    Muslimah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 09:37 WIB
    Islam menempatkan kaum wanita sebagai manusia mulia.Maka beruntunglah kita yang terpilih sebagai wanita muslimah, karena Allah telah memberikan keistimewaan-keistimewaan khusus.
  • Pakaian adalah Nikmat Terbesar Kaum Muslimah, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 15:09 WIB
    Pakaian atau busana adalah nikmat terbesar yang Allah Subhanahu wa taala berikan kepada kaum muslimah. Apa maksudnya? Dan bagaimana penjelasannya tentang hal tersebut?
  • Adab Ketika salat Di Masjid yang Harus Diperhatikan Kaum Muslimah
    Muslimah
    Senin, 25 September 2023 - 07:25 WIB
    Sering disebutkan bahwa tempat terbaik bagi seorang wanita adalah rumahnya, termasuk ketika saat ia beribadah salat. Lantas, bagaimana bila wanita salat di masjid berjamaah, adakah pahala untuknya?
  • 8 Sikap Muslimah Penyebab Datangnya Cinta Allah dan Rasul-Nya
    Muslimah
    Minggu, 12 September 2021 - 16:48 WIB
    Menjadi muslimah yang baik hendaknya wajib jadi cita-cita setiap wanita. Mengapa? Karena muslimah yang baik disukai Allah Subhanahu wa Taala, disukai Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam, malaikat, dan juga orang-orang di sekitarnya.
  • 5 Tokoh Dunia Keturunan Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Kamis, 26 Oktober 2023 - 05:10 WIB
    Berikut tokoh dunia yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Di antara mereka ada yang menjadi raja di negaranya, ada juga kalangan ulama yang sangat dihormati.
  • Penyair Cerdas Ibunda Para Syuhada
    Muslimah
    Selasa, 15 September 2020 - 14:58 WIB
    Al-Khansa binti Amru merupakan seorang perempuan saleha yang berparas cantik dan sangat fasih dalam berkata-kata. Kemampuannya dalam merangkai kata-kata menjadi sebait syair sangatlah mengagumkan.