Topik Terkait: Ujian Hidup Manusia (halaman 3)

  • Berharap pada Makhluk Akan Kecewa, Mengharap kepada Allah Hidup Mulia
    Tausyiah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 12:00 WIB
    Pengalaman hidup banyak mengajarkan kita bahwa berharap dari makhluk hanya akan menjatuhkan kehormatan dan mendatangkan kehinaan.
  • 2 Jenis Sifat Akal Manusia Menurut Al-Quran
    Tips
    Senin, 24 Januari 2022 - 06:28 WIB
    Ibnul Qayyim Rahimahullahu Taala menjelaskan, Allah Subhanahu wa Taala di dalam Al-Quran memuji akal (pemahaman agama yang benar) dan orang yang berakal (orang yang bisa memahami petunjuk Allah)
  • 3 Sumber Keburukan Manusia yang Disebutkan Dalam Al-Quran
    Tips
    Rabu, 15 Desember 2021 - 08:20 WIB
    Syaikul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Tazkiyatun Nafs menyatakan bahwa sumber keburukan manusia itu adalah kelalaian, hawa nafsu (syahwat), kezaliman dan kebodohan.
  • Gaya Hidup Muslimah Sesuai Syariat, Yuk Amalkan!
    Muslimah
    Selasa, 03 Januari 2023 - 12:49 WIB
    Seorang muslimah yang baik harus selalu memberikan manfaat bagi sesama. Selalu dekat dengan Allah SWT, menghormati sesama dan saling menyayangi satu sama lain.
  • Potret Rasa Cinta Manusia dalam Pandangan Al-Quran
    Muslimah
    Minggu, 19 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Rasa cinta adalah salah satu pokok kehidupan dan dalam Al-Quran kata cinta juga disebutkan dengan berbagai sinonim atau persamaan kata. Lalu bagaimana dengan rasa cinta yang ada pada manusia?
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Hajar Aswad Berubah Jadi Hitam karena Dosa, Bagaimana dengan Hati Manusia?
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 11:26 WIB
    Kesalahan dan dosa anak-anak cuci Nabi Adam meninggalkan bekas pada Hajar Aswad. Batu dari surga itu awalnya mempunyai warna sangat putih, lebih putih dari susu. Lalu dosa-dosa anak cucu Adam telah mengubahnya menjadi berwarna hitam.
  • Muslim Wajib Tahu! Ini 7 Dosa yang Dapat Membinasakan Manusia
    Hikmah
    Selasa, 19 September 2023 - 23:59 WIB
    Rasulullah SAW pernah menyampaikan nasihat kepada para sahabat. Beliau mengingatkan agar menjauhi tujuh perkara dosa yang dapat membinasakan manusia.
  • Kenali, Inilah Jenis Jin yang Menguasai Manusia
    Hikmah
    Selasa, 19 Oktober 2021 - 06:30 WIB
    Dalam Hadis riwayat Muslim disebutkan bahwa Jin diciptakan dari nyala api. Jin memiliki karakter pendusta dan suka menipu manusia. Inilah jenis Jin yang menguasai manusia.
  • Bolehkan Manusia Takut pada Jin? Begini Penjelasan Syaikh Al-Ustaimin
    Tips
    Senin, 31 Januari 2022 - 10:16 WIB
    Mendengar kata jin dan sebangsanya, sepertinya akan membuat bulu kuduk kita berdiri. Namun, benarkah manusia akan selalu takut pada jin? Bagaimana menurut pandangan Islam?
  • Kiamat Kecil Bernama Kematian, Bukanlah Ketiadaan Hidup Secara Mutlak
    Tausyiah
    Sabtu, 03 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Syaikh Shalih Al Fauzan berkata, permulaan hari akhir adalah kematian. Oleh karena itu, barangsiapa yang meninggal dunia maka ia masuk ke dalam hari akhir.
  • Ketika Amalan Orang Hidup Diperlihatkan kepada Keluarganya yang Wafat
    Hikmah
    Senin, 13 Juni 2022 - 23:18 WIB
    Dalam satu riwayat disebutkan, sesungguhnya amal kalian akan diperlihatkan kepada kerabat dan keluarga yang telah wafat. Jika amal itu baik mereka bergembira dan sebaliknya.
  • Amalkan 3 Surat Ini Insya Allah Hidup Bahagia dan Wafat Husnul Khatimah
    Tips
    Senin, 31 Januari 2022 - 22:40 WIB
    Berikut amalan yang dapat kita amalkan agar hidup bahagia dan wafat husnul khatimah. Amalan ini tergolong ringan dan dianjurkan membacanya setiap hari.
  • Perjalanan Roh Manusia Setelah Meninggal, Ke Manakah Perginya?
    Hikmah
    Senin, 03 Juli 2023 - 08:47 WIB
    Perjalanan roh manusia setelah meninggal perlu diketahui agar menjadi ibrah bagi umat muslim. Pertanyaannnya, ke manakah roh manusia setelah meninggal? Berikut ulasannya.
  • Belajar dari Kisah Nabi Sulaiman, Diuji dengan Anak yang Kurang Sempurna
    Muslimah
    Minggu, 10 Oktober 2021 - 05:14 WIB
    Semua orang pasti mendambakan dapat memiliki anak yang sempurna dan shaleh. Namun, bagaimana bila sebaliknya kita diuji dengan memiliki anak yang kurang sempurna (cacat)?
  • Sebaik-baik Laki-laki dan Manusia Terbaik Menurut Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Kamis, 03 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Siapakah sebaik-baik laki-laki dan manusia terbaik? Rasulullah SAW menjelaskan ciri manusia terbaik dalam banyak riwayat hadis. Berikut pesan beliau.
  • Perlunya Mengerti Hakikat Ujian dan Kesabaran
    Muslimah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 21:47 WIB
    Dalam perjalanan rumah tangga kehidupan setiap orang penuh dengan ujian. Bahkan, berbagai ujian itu kadang dirasakan datang terus menerus tiada henti.
  • 4 Sifat Buruk yang Sering Diabaikan Manusia
    Muslimah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 08:21 WIB
    Selain berisi panduan, Al-Quran juga berisi peringatan. Di antaranya adalah peringatan atas sifat negatif atau sifat buruk yang ada dalam diri manusia. Sifat apa sajakah itu?
  • 3 Golongan Manusia pada Hari Kiamat, Ini yang Beruntung!
    Tausyiah
    Selasa, 23 Mei 2023 - 17:05 WIB
    Ada tiga kelompok manusia kelak dikumpulkan di Hari Kiamat. Ketiga golongan manusia ini dijelaskan dalam Surat Al-Waqiah. Semogakita termasuk orang yang beruntung.
  • 5 Ayat Al-Quran Pendorong Semangat Menghadapi Kesulitan Hidup
    Muslimah
    Jum'at, 26 Maret 2021 - 10:52 WIB
    Jika kita sedang bersedih dan membutuhkan dorongan untuk kembali semangat, kita dapat membaca ayat-ayat suci Al-Quran. Lalu, ayat-ayat Al Quran manakah yang dapat menjadi motivasi saat kita bersedih ini?
  • 7 Sumber Rezeki Manusia, Nomor terakhir yang Paling Diharapkan
    Muslimah
    Minggu, 08 Mei 2022 - 19:20 WIB
    Rezeki manusia sudah dijamin dan diatur Allah Subhanahu wa taala dengan sangat baik. Karenanya sebagai mukmin kita tidak perlu gelisah dengan rezeki ini, karena banyak sumber rezeki untuk manusia ini.