Topik Terkait: Wali Nikah

  • Bacaan Khutbah Nikah Lengkap dengan Contohnya
    Tausyiah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 22:21 WIB
    Pernikahan merupakan sunnatullah dan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah. Islam mengatur bagaimana melaksanakan pernikahan sesuai Sunnah, termasuk bacaan khutbah nikah.
  • Begini Alasan Ulama yang Membolehkan Nikah Misyar
    Hikmah
    Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:56 WIB
    Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum nikah misyar. Dalam hal ini setidaknya terdapat dua kelompok ulama yang memiliki pandangan hukum yang berbeda. Salah satunya adalah membolehkan nikah misyar.
  • Wali Nikah yang Wajib Diketahui Umat Muslim
    Tips
    Rabu, 16 Februari 2022 - 10:55 WIB
    Umat muslim wajib tahu siapa saja wali yang sah dalam pernikahan. Sebagaimana diketahui dalam Mazhab Syafii, wali nikah adalah satu dari rukun nikah.
  • Bacaan Akad Nikah Arab dan Indonesia Lengkap
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 07:30 WIB
    Bacaan akad nikah Arab dan Indonesia lengkap di bawah ini bisa menjadi referensi bagi yang hendak melangsungkan pernikahan. Berikut lafaz bacaannya.
  • Waspada! Dukun Ternyata Juga Wali
    Tausyiah
    Senin, 05 September 2022 - 05:15 WIB
    Dukun ternyata juga wali. Hanya saja, dia bukan wali Allah taala, melainkan wali setan. Penjelasan mengenai hal tersebut banyak dijumpai dalam ayat-ayat al-Quran dan hadis.
  • Bolehkah Anak Menjadi Wali Nikah Ibunya?
    Tausyiah
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 23:22 WIB
    Bolehkah anak menjadi wali nikah untuk ibunya? Sebagaimana diketahui, wali merupakan salah satu dari rukun nikah sebagaimana sabda Nabi, Tidak ada pernikahan tanpa adanya wali.
  • Di Manakah Keberadaan Wali Berpangkat Al-Ghauts?
    Tausyiah
    Selasa, 05 April 2022 - 18:11 WIB
    Dalam ajaran al-Imam Muhyiddin Ibnu Arabi, wali yang tertinggi dinamakan Al-Qutb (kutub) atau poros alam. Kadang dinamakan Al-Ghauts (penolong) atau raja para wali.
  • Apakah Wali Hanya Dikenal Oleh Para Wali? (Bagian 1)
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 14:16 WIB
    Mengawali diskusi terkait persoalan ilmu tasawuf yang mendominasi sisi keberagamaan masyarakat kita, masalah kewalian menjadi topik yang seringkali diperbincangkan.
  • 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Anak di Luar Nikah
    Muslimah
    Sabtu, 18 September 2021 - 05:15 WIB
    Banyak pasangan muda mudi kebablasan dalam menjalin cinta. Sebagian remaja, bahkan terjerumus pada zina, hingga sang perempuan hamil. Tentu saja ini menjadi masalah karena terkait status anak setelah dilahirkan.
  • 5 Sifat Anak Kecil Ini Jika Anda Miliki Niscaya Jadi Wali Allah
    Tausyiah
    Kamis, 05 Januari 2023 - 17:51 WIB
    Jika Anda ingin menjadi Wali Allah, selain taat kepada-Nya, cukup meniru 5 (lima) sifat anak kecil berikut. Hal ini dikemukakan Imam Jalaluddin al-Suyuthi (wafat 911 H).
  • Mahar Nikah dalam Islam, Berikut Benda yang Bisa Dijadikan Mas Kawin
    Tips
    Kamis, 27 Januari 2022 - 18:05 WIB
    Umat Islam perlu mengetahui apa saja bentuk mahar nikah dalam Islam. Berikut benda-benda yang dapat kita jadikan mahar nikah yang dicontohkan Nabi dan Sahabat.
  • Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani Tegaskan Wali Tak Terjangkau Nalar Manusia Biasa
    Tausyiah
    Minggu, 08 November 2020 - 05:00 WIB
    Para wali dan badal, yang tak terjangkau nalar manusia dan kebiasaan. Perwujudan ini terbentuk: jalal (keagungan), dan jamal (keindahan). Kehendak-Nya terwujud.
  • Inilah Karamah Paling Agung yang Dimiliki Para Wali (Bagian 5/Habis)
    Hikmah
    Rabu, 11 November 2020 - 09:05 WIB
    Pada artikel sebelumnya kita telah bahas pengertian karamah dan perbedaannya dengan mukjizat. Muncul pertanyaan, apakah karamah paling agung yang dimiliki para Waliyullah?
  • Kisah Ulama Sufi Menutupi Aib Wanita Hamil di Luar Nikah
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 15:15 WIB
    Kisah ulama menutupi aib wanita hamil di luar nikah ini termasuk kisah yang sarat hikmah. Zaman ini mungkin banyak orang gemar mengumbar aib, namun tidak demikian dengan ulama satu ini.
  • Bacaan Ijab Kabul Akad Nikah Bahasa Indonesia dan Arab
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 13:35 WIB
    Bacaan ijab kabul akad nikah bahasa Indonesia dan Arab mengandung arti penyerahan dari pihak wali si perempuan. Sedangkan Kabul (Qobul) mengandung arti penerimaan dari pihak calon suami.
  • Apakah Seorang Wali Dapat Mengetahui Kewalian Dirinya? (Bagian 2)
    Tausyiah
    Minggu, 08 November 2020 - 07:45 WIB
    Dalam Kitab Jami Karamat Al-Aulia karya Yusuf bin Ismail an-Nabhani dijelaskan alasan ketiga, seorang wali tidak mungkin mengetahui bahwa dirinya adalah waliyullah.
  • Apakah Ada Wali yang Berdakwah Keras dan Lantang?
    Tausyiah
    Sabtu, 14 November 2020 - 07:30 WIB
    Apakah benar seseorang dapat dikatakan bahwa dia seorang wali jika dakwahnya keras dan tegas? Berikut ulasan Ustaz Miftah el-Banjary, Dai yang juga pakar ilmu linguistik Arab.
  • Pahami!  Bolehkah Membuat Perjanjian Pra Nikah Agar Tidak Poligami?
    Muslimah
    Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:01 WIB
    Ketika akan menikah, ada kalanya pasangan calon pengantin sengaja membuat perjanjian pra nikah. Salah satu perjanjian itu, adalah meminta tidak akan melakukan poligami atau tidak mau dipoligami. Bolehkah hal tersebut dilakukan?
  • Nikah Misyar: Pendapat yang Melarang dan yang Membolehkan Sama-Sama Relevan
    Hikmah
    Rabu, 01 November 2023 - 10:11 WIB
    Ulama yang membolehkan nikah misyar mendasarkan pada hukum paling utama yakni terpenuhinya segala syarat sahnya pernikahan. Karena itulah pernikahan menjadi sah menurut agama.
  • Status Anak di Luar Nikah dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Minggu, 29 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Status anak biologis atau kehadiran anak tanpa ikatan pernikahan kembali ramai diperbincangkan. Kasus tersebut terjadi, dari pasangan muda mudi yang kebablasan dalam menjalin cinta