Topik Terkait: Waraqah Bin Naufal (halaman 2)

  • Begini Sidang Majelis Syuro Saat Menetapkan Utsman bin Affan Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 20:12 WIB
    Sesuai dengan wasiat Khalifah Umar r.a. maka 50 orang Anshar lengkap dengan pedangnya rnasing-masing, ditugaskan menjaga pintu-pintu rumah. Kepada 6 orang itu dipersilakan berunding.
  • Kisah Khalifah Utsman Menghentikan Pengusutan Kasus Terbunuhnya Umar bin Khattab
    Hikmah
    Selasa, 26 Desember 2023 - 14:33 WIB
    Khalifah Utsman bin Affan memutuskan tidak memperpanjang pengusutan kasus pembunuhan Umar bin Khattab oleh Abu Luluah dengan dalih pembunuhnya sudah mati bunuh diri.
  • Kisah Umar bin Khattab Mengata-ngatai Hajar Aswad
    Hikmah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 16:08 WIB
    Hajar aswad merupakan salah satu batu intan permata dari beberapa intan permata di surga. Pada mulanya warnanya putih mengilap, lebih putih dari air susu. Menjadi hitam akibat dosa-dosa manusia.
  • Said bin Amir: Gajinya sebagai Gubernur Dibagikan untuk Rakyat Miskin
    Hikmah
    Rabu, 08 September 2021 - 17:45 WIB
    Said bin Amir menjadi gubernur di wilayah Syria. Hidupnya bersahaja bahkan cenderung miskin. Gajinya sebagai pejabat tinggi sebagian besar dibagi-bagikan kepada rakyatnya yang miskin.
  • Begini Jawaban Ibnu Abbas Ketika Ditanya Muawiyah tentang Ali bin Abu Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 05 Maret 2021 - 18:47 WIB
    Muawiyah berkata kepada Said: Demi Allah, aku akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Ibnu Abbas yang kira-kira ia tidak akan mampu menjawabnya.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Umar bin Khattab Wafat 3 Hari Setelah Ditusuk dengan Belati Bermata Dua
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 17:32 WIB
    Umar bin Khattab wafat pada bulan Muharam. Sang pembunuh adalah prajurit Kekaisaran Persia Sasaniyah yang berhasil ditangkap dalam Pertempuran al-Qadisiyyah pada tahun 636 M.
  • Ketika Bilal bin Rabah Tak Mampu Lagi Mengumandangkan Adzan
    Hikmah
    Kamis, 18 November 2021 - 19:40 WIB
    Bilal bin Rabah tak mampu lagi mengumandangkan Adzan pascawafatnya Rasulullah SAW. Bilal tak sanggup lagi meneruskan Adzannya tatkala sampai pada kalimah Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah.
  • Perubahan Tarawih di Masa Khalifah Umar bin Khattab
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 08:52 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab menunjuk imam salat malam di bulan Ramadhan di Masjid Nabawi untuk menertibkan salat yang banyak imam dan terkesan berkompetisi.
  • Ketika Khalid bin Walid Harus Memohon Maaf Kepada Ammar bin Yasir
    Hikmah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 15:32 WIB
    Dan sewaktu terjadi selisih paham antara Khalid bin Walid dan Ammar, Rasulullah SAW bersabda: Siapa yang memusuhi Ammar, maka ia akan dimusuhi Allah...
  • Ketika Khalifah Umar bin Khattab Memimpin Perang dari Jarak Jauh
    Hikmah
    Rabu, 04 November 2020 - 14:39 WIB
    Umar menulis kepada Saad bin Abi Waqqash dengan mengirim Abdullah bin Mutam ke Tikrit bersama 5000 orang anggota pasukan. Mereka menuju kota itu dan mengepungnya selama empat puluh hari.
  • Pidato Pelantikan Umar bin Khattab yang Menggetarkan
    Hikmah
    Selasa, 08 September 2020 - 13:28 WIB
    Khalifah Abu Bakar mengajukan Umar sebagai penggantinya karena ia percaya dari kalangan Muslimin Umarlah yang paling mampu meneruskan kebijakan politiknya.
  • Kisah Kejujuran Kaab Bin Malik yang Mengagumkan
    Hikmah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 21:32 WIB
    Kisah sahabat Nabi bernama Kaab Bin Malik radhiyallahu anhu dapat kita jadikan iktibar bagaimana beliau berlaku jujur hingga tobatnya diterima Allah.
  • Tausiyah Aa Gym tentang Kelembutan Khalifah Umar Bin Khattab
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 13:45 WIB
    Khalifah Umar Bin Khattab radhiyallahu anhu terkenal dengan watak keras dan tegas. Namun ternyata beliau memiliki hati yang lembut terhadap rakyatnya. Simak kisahnya.
  • Bernarkah Khalifah Utsman bin Affan Dikorbankan Bani Umayyah?
    Hikmah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 13:57 WIB
    Banyak para sahabat Rasulullah yang heran menyaksikan tindakan-tindakan Khalifah Utsman r.a. Sebab mereka tahu, ia terkenal sebagai seorang sahabat terdekat Nabi Muhammad.
  • Wasiat  Ali  bin Abi Thalib kepada Putra-Putranya Jelang Sakaratul Maut
    Hikmah
    Senin, 15 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Kepada putranya Hasan, Ali bin Abu Thalib berkata: Perhatikanlah orang yang memukulku. Berilah ia makan seperti makananku dan minuman seperti minumanku!
  • 13 Nasihat Emas Sayyidina Utsman bin Affan, Inspirasi untuk Hidup Lebih Baik
    Tausyiah
    Kamis, 07 September 2023 - 05:10 WIB
    Nasihat emas Sayyidina Utsman bin Affan ini bisa dijadikan inspirasi sekaligus motivasi untuk menjalani hidup lebih baik. Berikut mutiara nasihatnya.
  • Orang Buta di Mata Imam Ahmad Bin Hanbal
    Tausyiah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 16:31 WIB
    Ada satu kisah Imam Ahmad Bin Hanbal yang mengandung pelajaran berharga. Kisah ini disampaikan Ustaz Muchlis Al-Mughni (Dai lulusan Al-Azhar Mesir) dalam satu tausiyahnya.
  • Tabiin Salamah Bin Dinar: Ketika Hati Diperbaiki maka Dosa-Dosa Besar Terampuni
    Hikmah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 18:41 WIB
    Rumah Salamah bin Dinar benar-benar seperti mata air yang segar bagi para penuntut ilmu dan para pencari kebaikan. Tidak ada beda antara saudara-saudaranya dan murid-muridnya.
  • Kisah Abdullah bin Mubarak di Medan Perang, Satu Persatu Pasukan Romawi Tumbang
    Hikmah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 21:44 WIB
    Imam Abdullah bin Mubarak rahimahullah (118 -181 H) ternyata tak cuma terkenal sebagai ulama zuhud yang sangat dermawan. Beliau juga seorang jagoan Mujahidin pada masanya.
  • Kisah Pegulat Tangguh Umar bin Khattab di Masa Pra-Islam
    Hikmah
    Minggu, 27 November 2022 - 09:17 WIB
    Tradisi olahraga di Arab pada masa pra-Islam antara lain adalah gulat, berkuda, dan memanah. Di masa muda, Umar bin Khattab dikenal jago gulat dan balap kuda.