Topik Terkait: Sederhana Dalam Ibadah

  • Islam Mendorong untuk Sederhana Berinfak, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 08:58 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam menekankan pengaturan pengeluaran harta dan mendorong untuk sederhana dalam berinfak. Begini penjelasannya.
  • Wisata dalam Pemahaman Ibadah, Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 11 Januari 2022 - 09:31 WIB
    Berwisata dalam masa liburan sekolah sepertinya menjadi agenda rutin setiap keluarga yang telah memiliki anak usia sekolah. Sayangnya, agenda wisata ini justru banyak melalaikan aktivitas ibadahnya. .
  • Ibadah Ruhani Sebagai Jalan Ketaatan
    Muslimah
    Sabtu, 07 Agustus 2021 - 15:37 WIB
    Menjalani kehidupan di masyarakat dan rumah tangga tanpa tazkiyah ibarat menanam tanpa air. Memang dapat tumbuh, tapi cepat layu dan cepat mati. Apa itu tazkiyah? Dan bagaimana penerapannya dalam ibadah?
  • 8 Keringanan dan Rukhsah dalam Ibadah Haji
    Tausyiah
    Senin, 26 Juni 2023 - 15:37 WIB
    Ibadah Haji 2023 akan memasuki puncaknya saat Wukuf di Arafah besok Selasa 27 Juni 2023 sesuai ketetapan waktu Pemerintah Arab Saudi. Inilah beberapa keringanan dalam ibadah haji.
  • Kiat Meluruskan Niat Dalam Setiap Amalan Ibadah
    Muslimah
    Minggu, 24 Oktober 2021 - 05:15 WIB
    Fungsi niat sangatlah penting dalam melaksanakan amal ibadah. Karena itu, setiap muslim dan muslimah harus senantiasa memperbaiki dan selalu meluruskan niat dalam ibadahnya, yaitu ikhlas hanya untuk Allah semata.
  • Pesan Berharga dari Ibadah Wukuf di Padang Arafah
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 22:28 WIB
    Jemaah haji yang berjumlah 4 jutaan dari seluruh dunia melaksanakan Wukuf di Padang Arafah. Ibadah ini menjadi rukun sahnya haji dan wajib dipenuhi setiap jemaah haji.
  • Agar Berwisata Idulfitri Bernilai Ibadah, Begini Tipsnya
    Tips
    Senin, 24 April 2023 - 07:30 WIB
    Berwisata dalam rangka liburan Idul Fitri sepertinya masih menjadi agenda wajib bagi sebagian masyarakat kita. Agar liburan ini bernilai ibadah, ada beberapa ketentuan yang diatur syariat. Apa saja?
  • Bolehkah Beramal Ibadah untuk Tujuan Dunia?
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 13:19 WIB
    Segala amal perbuatan termasuk amal ibadah akan mendapat ganjaran. Namun, bolehkah melakukan amal saleh atau amal ibadah untuk kepentingan atau tujuan dunia? Adakah dalil dan penjelasannya?
  • Bacaan Talbiyah Ketika Ibadah Haji dan Keutamaannya
    Dunia Islam
    Senin, 22 Mei 2023 - 16:37 WIB
    Kalimat Talbiyah ini sering kita dengar ketika musim Haji di bulan Duzhijjah. Labbaika, Allahumma Labbaika..... Salah satu keutamaan kalimat ini mengandung pujian kepada Allah.
  • Hikmah Ibadah Kurban : Pahalanya Sebanyak Bulu Hewan yang Dikurbankan
    Hikmah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 09:10 WIB
    Bulan Dzulhijjah dikenal pula sebagai bulan haji dan bulan berkurban, karena di bulan ini umat Islam yang mampu disyariatkan untuk melaksanakan ibadah kurban yakni menyembelih hewan kurban.
  • Berwisata dengan Tujuan Ibadah akan Lebih Bermakna, Yuk Amalkan!
    Muslimah
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 08:32 WIB
    Pasca Ramadhan, agenda wisata selalu ada dalam kalender umat muslim. Sayangnya, dalam berwisata tersebut, banyak kaum muslim terjebak dalam aktivitas keharaman lagi.
  • Doa Memohon Kekuatan untuk Melaksanakan Ibadah
    Tips
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 17:45 WIB
    Doa memohon kekuatan untuk beribadah ini penting dipahami agar bisa menghilangkan rasa malas yang seringkali menghinggapi kita ketika akan melaksanakan ibadah.
  • Ibadah Senang, Gus Baha Bilang Tertawa Kencang Itu Juga Ibadah
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:41 WIB
    Sudahlah, percaya saya: tidak ada ibadah sehebat senang. Karena setan itu, innama najwa minasy syaithan liyahzunalladziina aamanu. Jadi setan itu targetnya biar orang mukmin susah.
  • Ibadah Haji, Upaya Mencerdaskan Kepekaan Diri dan Lingkungan
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 11:18 WIB
    Ibadah haji merupakan kewajiban bagi setiap insan muslim yang mampu. Para cendekiwan mengatakan haji adalah ibadah penuh simbol yang memberikan banyak petunjuk.
  • Ibadah Haji, Quraish Shihab: Kumpulan Simbol-Simbol yang Sangat Indah
    Tausyiah
    Selasa, 12 Juli 2022 - 18:51 WIB
    Ibadah haji apabila dihayati dan diamalkan secara baik dan benar, maka pasti akan mengantarkan setiap pelakunya dalam lingkungan kemanusiaan yang benar.
  • Bahayanya Berbohong dalam Candaan
    Muslimah
    Senin, 05 April 2021 - 07:26 WIB
    Seringkali dalam obrolan sehari-hari baik bersama teman atau rekan kerja, tanpa disengaja atau tidak, melontarkan kata candaan dengan maksud melucu atau membuat orang yang mendengar kita bisa tertawa
  • Masjid Istiqlal Bisa Dipakai Ibadah Ramadhan 2021
    Dunia Islam
    Jum'at, 09 April 2021 - 14:29 WIB
    Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar bersama Wamenag Zainut Tauhid, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) meninjau pelaksanaan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021).
  • Hati-hati Meninggalkan Ibadah karena Takut Riya, Itulah Riya!
    Tausyiah
    Senin, 30 Mei 2022 - 22:18 WIB
    Para ulama mengatakan, orang yang meninggalkan amal ibadah karena takut riya, itulah riya. Riya termasuk syirik kecil dan penyakit yang dapat menghilangkan pahala amal saleh.
  • Alissa Wahid: Jumlah Pembimbing Ibadah Perempuan Harus Proporsional
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 08:44 WIB
    Jumlah jemaah haji perempuan terus meningkat setiap tahunnya. Untuk itu, diperlukan pembimbing jemaah haji perempuan guna menjawab persoalan yang dihadapi.
  • Thawaf Wada, Prosesi Terakhir Ibadah Haji
    Tausiyah
    Selasa, 20 Agustus 2019 - 17:14 WIB
    Tinggal satu lagi prosesi ritual ibadah yang harusnya dilakukan oleh jamaah haji. Yaitu Thawaf Wada atau Thawaf Selamat tinggal untuk kota haram atau tanah suci.