Topik Terkait: Doa Mandi Junub

  • Pengganti Mandi Junub Boleh Tayamum, Begini Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:02 WIB
    Mandi junub adalah salah satu kewajiban bagi mereka yang memiliki hadas besar karena berhubungan badan, mimpi basah, atau setelah haid bagi perempuan.
  • Bolehkah Mandi Junub dalam Keadaan Telanjang?
    Tausyiah
    Selasa, 17 November 2020 - 15:12 WIB
    Islam sangat perhatian dengan urusan thaharah atau bersuci dari hadas karena merupakan syarat yang wajib dipenuhi sebelum beribadah. Bolehkah mandi junub dalam kondisi telanjang?
  • Doa Mandi Haid dan Manfaatnya bagi Wanita Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:40 WIB
    Doa mandi haid, selain sebagai doa untuk membersihkan diri selepas berhadas ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kaum muslimah. Apa saja manfaatnya?
  • Sudah Mandi Wajib, Perlukah Wudhu Lagi?
    Tips
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 20:51 WIB
    Perlukah berwudhu lagi setelah melakukan mandi wajib (mandi junub)? Hal ini cukup sering ditanyakan sebagian muslim di berbagai kajian fiqih. Berikut penjelasannya.
  • Doa Mandi Haid Wanita, Manfaat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Senin, 07 Juni 2021 - 19:18 WIB
    Doa mandi haid wanita muslimah, penting untuk diperhatikan. Doa yang diamalkan ketika akan mandi setelah selesai mengalami siklus bulanan tersebut, ternyata juga mengandung manfaat luar biasa yang bernilai ibadah.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Masih Junub di Waktu Subuh, Bagaimana Hukum Puasanya?
    Muslimah
    Selasa, 20 April 2021 - 20:35 WIB
    Bagi pasangan suami istri, terkadang mendapat dirinya junub di pagi hari dan belum mandi janabah ketika fajar telah terbit. Padahal ia berkewajiban menunaikan puasa Ramadhan. Bagaimana hukum puasa dalam keadaan junub ini?
  • Tata Cara Mandi Haid yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 07 September 2023 - 17:46 WIB
    Setelah selesai masa mestruasi atau haid kaum muslimah diwajibkan mandi wajib (mandi haid). Bagaimana tata cara mandi haid ini dan bagaimana dalilnya?
  • Adab dan Doa saat Buang Hajat Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW
    Tips
    Rabu, 28 September 2022 - 10:46 WIB
    Islam sangat memperhatikan hal-hal sekecil apapun dalam menjalankan aktivitas harian, salah satunya tentang buang hajat. Bila mengabaikannya, maka akan berakibat buruk bagi diri sendiri, juga dapat mengganggu orang lain maupun lingkungan sekitar.
  • Inilah 4 Perkara yang Mewajibkan Kaum Muslimah harus Mandi Wajib
    Muslimah
    Sabtu, 27 Agustus 2022 - 09:47 WIB
    Kaum muslimah wajib mengetahui kondisi atau perkara-perkara yang mewajibankan mereka melakukan mandi besar (wajib). Kewajiban mandi besar itu antara lain dilandasi dalil dari Al Quran dan hadis Nabi SAW.
  • Doa Masuk Kamar Mandi Bagi yang Membawa Anak Kecil
    Tips
    Selasa, 08 Februari 2022 - 16:05 WIB
    Berdoa sebelum masuk kamar mandi atau WC adalah salah satu anjuran agama yang mungkin banyak mengamalkannya, begitu juga meninggalkannya.
  • Hukum Mandi Besar Sebelum Puasa Ramadan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 09:54 WIB
    Ada kebiasaan di masyarakat kita jika menjelang atau memasuki bulan Ramadan, selalu melakukan ritual mandi besar atau istilahnya mandi keramas
  • Bacaan Niat Mandi Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Minggu, 10 Maret 2024 - 07:19 WIB
    Salah satu amalan yang populer dilakukan oleh kaum Muslim Indonesia di bulan Ramadan adalah mandi puasa Ramadan. Bagaimana bacaan niat dan tata caranya?
  • Jenis Mandi Wajib bagi Wanita, Apa Saja?
    Muslimah
    Jum'at, 15 September 2023 - 11:20 WIB
    Mengenal jenis mandi wajib (besar) bagi kaum wanita penting diketahui. Mengapa? Karena ternyata ada kondisi atau perkara-perkara yang mewajibkan mereka melakukan mandi wajib (besar).
  • Tata Cara dan Bacaan Niat Mandi Sholat Jumat
    Tips
    Kamis, 02 Juni 2022 - 21:19 WIB
    Sebagian muslim mungkin belum mengetahui tata cara dan niat mandi sholat Jumat. Mandi untuk sholat Jumat merupakan Sunnah Nabi yang sangat dianjurkan.
  • Keutamaan Mandi di Hari Jumat, Tata Cara dan Niatnya
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 05:10 WIB
    Keutamaan mandi pada Hari Jumat mungkin jarang diketahui sebagian umat muslim. Inilah amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW sebelum berangkat menuju masjid.
  • 5 Larangan Bagi Orang yang Junub, Nomor 4 Tak Sadar Sering Dibawa
    Tips
    Kamis, 10 Maret 2022 - 13:16 WIB
    Ada larangan-larangan bagi orang yang junub. Larangan tersebut berkaitan dengan kondisi junub dan penyebabnya, karena orang yang junub itu tidak suci, dia tengah berhadats besar.
  • Tata Cara Mandi Wajib dan 3 Hal yang Harus Diperhatikan
    Tips
    Kamis, 29 Juli 2021 - 09:49 WIB
    Tata cara mandi wajib perlu diketahui setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh. Mandi wajib adalah perintah syariat untuk mensucikan diri dari hadas besar.
  • Doa Saat Buang Hajat dan Keluar dari Kamar Mandi
    Tips
    Rabu, 27 September 2023 - 11:46 WIB
    Saat akan buang hajat dan memasuki kamar mandi, setiap muslim dianjurkan berdoa terlebh dahulu. Begitupun setelah selesai dan mau keluar dari tempat buang hajat tersebut dianjurkan berdoa kembali.
  • Doa-doa Memohon agar Tubuh Selalu Sehat dan Bugar
    Tips
    Kamis, 01 Juni 2023 - 12:07 WIB
    Doa agar selalu diberi kesehatan dan tubuh yang kuat ini, hendaknya diamalkan setiap hari. Selain tentunya, kita juga menerapkan pola hidup sehat dan memakan makanan yang bergizi.
  • Doa-doa yang Perlu Dihafalkan dalam Rangkaian Safar
    Tips
    Senin, 05 Juni 2023 - 12:21 WIB
    Sebelum berakvitas disunahkan mengawali dengan doa. Termasuk doa yang penting untuk dihafalkan adalah doa dalam rangkaian safar (bepergian).