Topik Terkait: Niat Puasa Qadha

  • Niat Puasa Qadha Lengkap Dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 04 Juli 2022 - 18:38 WIB
    Niat puasa qadha atau niat puasa ganti (bayar utang puasa ramadhan) dibaca ketika usai sahur. Menjalankan puasa qadha ini tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadhan.
  • Niat Qadha Puasa Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:21 WIB
    Niat qadha puasa Ramadan dan tata caranya ini penting diketahui kaum muslim. Karena menunaikan qadha puasa Ramadan hukumnya wajib bagi yang memiliki utang puasa.
  • Hukum bagi yang Belum Membayar Qadha Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Senin, 29 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Bulan suci Ramadan akan segera tiba, dan semua umat Islam wajib melaksanakan puasa Ramadan tersebut. Lantas bagaimana yang masih belum membayar qadha puasa Ramadan sebelumnya dan apa hukumnya?
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Mengqadha Puasa Ramadhan, Inilah Doa, Niat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 08:44 WIB
    Karena kekhususan kaum perempuan seperti mengalami haid atau nifas, menjalankan puasa Ramadhan tidak dapat sebulan penuh dilaksanakan. Maka ia pun harus membayarnya dengan mengqadha puasa
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan di Bulan Syawal
    Tips
    Senin, 01 Mei 2023 - 07:38 WIB
    Tata cara dan niat puasa qadha Ramadan di bulan Syawal penting diketahui setia muslim. Apalagi, bila mereka yang sempat meninggalkan puasa Ramadan berarti berhutang kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Niat Puasa Qadha dan Puasa Syawal Lengkap Bacaan Arab dan Latin
    Tips
    Selasa, 10 Mei 2022 - 15:14 WIB
    Nabi shallallahu alaihi wasallam berpesan: Siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal dan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Niat puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal, umumnya banyak dilakukan kaum muslim yang memiliki utang puasa di bulan Ramadhan kemarin. Bagaimana bacaan doa atau niatnya? Serta bagaimana tata caranya?
  • Belum Qadha Puasa Tapi Sudah Masuk Ramadhan Berikutnya
    Tausyiah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 18:12 WIB
    Di antara kaum umat muslim ada yang belum qadha puasa tetapi Ramadhan berikutnya sudah tiba. Bagaimana seorang muslim/muslimah menyikapi keadaan ini? Beriku penjelasannya.
  • Belum Qadha Puasa Ramadhan? Yuk Tuntaskan di Bulan Syaban Ini!
    Muslimah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 09:24 WIB
    Dalam Islam, bersegera mengerjakan amal kebaikan dan tidak menundanya, termasuk di dalamnya adalah mengqadha puasa, merupakan perkara yang sangat ditekankan.
  • Niat Puasa Ganti Dalam Bahasa Arab, Latin, Beserta Artinya
    Tips
    Selasa, 08 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Menjalankan puasa ganti tidak ada bedanya dengan puasa pada bulan Ramadhan. Dalam mazhab Syafii, seseorang tetap wajib membaca niat puasa qadha pada malam harinya sebelum tiba waktu menjelang subuh.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Sunnah Syawal
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • Bacaan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh
    Tips
    Selasa, 05 April 2022 - 15:33 WIB
    Bacaan niat puasa Ramadhan sebulan penuh biasanya diamalkan umat muslim yang menganut Mazhab Maliki. Hari ini, Selasa kita sudah memasuki hari ke-3 Ramadhan 1443 H.
  • Niat Puasa Ramadan Setiap Malam dan Sebulan Penuh Lengkap Artinya
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 18:24 WIB
    Niat puasa Ramadan lengkap dan artinya ada dua versi yaitu niat harian dan niat sebulan penuh. Berniat sebelum melaksanakan puasa merupakan salah satu rukun puasa Ramadan.
  • Bacaan Niat Puasa Ramadan 2024 Lengkap
    Tips
    Senin, 11 Maret 2024 - 10:35 WIB
    Bacaan niat puasa Ramadan 2024 ini penting diketahui kaum muslim yang akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Berikut lafaz niat puasa Ramadan 2024 lengkap-bacaan latin dan artinya.
  • Berikut 6 Lafal Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 04:05 WIB
    Salah satu rukun puasa adalah niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah masuknya waktu Maghrib sampai sebelum masuknya waktu Subuh. Berikut 6 versi lafal niat puasa Ramadhan..
  • Bacaan Niat Puasa Senin-Kamis Dibaca Siang Hari
    Tips
    Senin, 18 Desember 2023 - 09:46 WIB
    Niat puasa sunah Senin-kamis biasanya dilakukan dan diamalkan pada malam hari, atau sejak terbenamnya matahari hingga fajar.
  • Bacaan Niat Sahur Puasa Ramadan, Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 14:08 WIB
    Bacaan niat sahur puasa Ramadan tidak diajaran secara khusus dalam kitab-kitab hadis maupun kitab-kitab fiqih terkemuka macam Fiqih Sunnah, Fiqih Islam wa Adillatuhu, Fiqih Empat Madzhab.
  • Puasa Batal, Wajib Qadha dan Membayar Kafarat Menurut Mazhab Hanafi dan Maliki
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:47 WIB
    Mazhab Hanafi membuat 22 hal pembatalan puasa yang wajib membayar qadha sekaligus kafarat bagi seorang muslim yang mukallaf atau orang yang sudah punya hak dan kewajiban dalam konstitusi hukum.
  • Niat Puasa Asyura dan Tasua
    Tips
    Senin, 16 Agustus 2021 - 14:57 WIB
    Niat puasa Asyura dan Tasua perlu dilafalkan untuk membedakan antara satu ibadah dengan ibadah yang lainnya, atau membedakan ibadah dengan adat kebiasaan. Itu adalah fungsi niat.