Topik Terkait: Kedudukan Anak Dalam Islam

  • Melihat Kematangan Berpikir Anak dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 19:12 WIB
    Salah satu yang perlu dikawal dan diperhatikan oleh para orang tua terhadap anak-anak mereka adalah kematangan berpikirnya. Apa sebenarnya yang dimaksud kematangan berpikir dalam perspektif IsqWQgfdq lam?
  • Bagaimana Pola Asuh dan Cara Menyapih Anak dalam Islam?
    Muslimah
    Senin, 26 Juni 2023 - 14:30 WIB
    Dalam Islam dibolehkan untuk menyusui anak hingga berumur lebih dari dua tahun, sebagaimana dibolehkan untuk menyapihnya kurang dari dua tahun, dengan dua syarat, y tidak membahayakan kesehatan anak maupun ibu, serta disepakati kedua orang tuanya.
  • Inilah Manfaat dan Keuntungan Banyak Anak dalam Islam
    Muslimah
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 05:10 WIB
    Banyak anak banyak rezeki? Ah, itu hanya pepatah kuno. Sudah tidak zamannya lagi, atau malah tidak sesuai perkembangan zaman! Mungkin itulah pemahaman yang ada di sebagian masyarakat kita saat ini
  • Begini Cara Mendidik Anak dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 21 Februari 2022 - 18:09 WIB
    Berikut cara mendidik anak dalam Islam yang patut diketahui para orang tua. Tips ini dikutip dari Kitab Kaifa Nurabbi Auladana Tarbiyatan Islamiyatan Shahihatan.
  • Fatwa Rasulullah tentang Hak Asuh Anak Ketika Orang Tua Bercerai
    Muslimah
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 12:04 WIB
    Anak yang dalam kondisi orang tuanya bercerai, baik anak yang masih kecil atau anak cacat, tetap membutuhkan penanganan urusan-urusannya dan memberikan pemeliharaan bagi dirinya.
  • Menjadikan Anak sebagai Penyejuk Hati
    Muslimah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 09:00 WIB
    Dalam pandangan Islam, seorang anak adalah qurrota ayun atau penyejuk hati. Qurrotu ayun adalah menyejukkan pandangan mata karena sejak dini, anak telah diarahkan kepada jalan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Mengajarkan Pintu-pintu Kebaikan pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 11:26 WIB
    Sangat banyak pintu-pintu kebaikan yang bisa kita buka untuk anak-anak. Kita buat mereka gemar melakukannya sedari kecil. Apa saja pintu-pintu kebaikan itu?
  • Islam sangat Memuliakan Wanita, Ini Dalil-dalil Al Quran yang Menjelaskannya
    Muslimah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 10:10 WIB
    Dalam Islam, kaum wanita sangat dimuliakan bahkan Allah Subhanahu wa taala memerintahkan langsung dalam Al-Quran untuk menghargai dan menghormati wanita.
  • Mengapa Umat Islam Dilarang Menyakiti Perempuan? Inilah Alasannya
    Muslimah
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 17:24 WIB
    Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam, mewanti-wanti agar kaum muslimin jangan menyakiti perempuan. Peringatan keras itu disampaikan Nabi dalam sebuah kesempatan
  • Inilah Aturan Syariat tentang Hak Asuh Anak ketika Orang Tua Bercerai
    Muslimah
    Selasa, 23 Mei 2023 - 11:41 WIB
    Posisi anak yang dalam kondisi orang tuanya bercerai, baik anak yang masih kecil atau anak cacat, tetap membutuhkan penanganan urusan-urusannya dan memberikan pemeliharaan bagi dirinya.
  • Inilah Pandangan Al-Quran Tentang Posisi dan  Kedudukan Anak
    Muslimah
    Rabu, 09 September 2020 - 20:23 WIB
    Islam memiliki pandangan yang berbeda terhadap anak jika dilihat dari perspektif Al-Quran, dan Al-Quran menempatkan beberapa posisi anak di dalam kehidupan ini
  • 14 Anak Muda Hebat dalam Sejarah Peradaban Islam
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 00:20 WIB
    Anak-anak muda ternyata memiliki peran penting dalam sejarah peradaban Islam. Kehebatan para pemuda Islam ini layak dijadikan teladan oleh generasi Milenial saat ini.
  • Menilik Fenomena Childfree dalam Sudut Pandang Islam, Benarkah Dilarang?
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 15:14 WIB
    Childfree adalah sebuah istilah dimana seseorang memilih untuk tidak punya anak setelah menikah. Bagaimana padangan Islam terhadap paham ini? Simak ulasan berikut.
  • Mendidik Anak dalam Islam Harus Berdasarkan Tahapan Umur
    Muslimah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 19:16 WIB
    Dalam islam terdapat tuntunan yang jelas bagaimana cara mendidik anak secara Islami berdasarkan umur. Dan di dalam Al-Quran sebenarnya sudah dijelaskan pesan di dalam hadits yang banyak menuturkan mengenai bagaimana cara mendidik anak.
  • Keistimewaan-keistimewaan Wanita dalam Islam Berdasarkan Hadis Nabi SAW
    Muslimah
    Selasa, 09 Mei 2023 - 08:43 WIB
    Islam sangat memuliakan kaum wanita, bahkan seorang muslimah ini memiliki kedudukan yang sangat agung. Islam sangat menjaga harkat, martabat seorang wanita.
  • Sejatinya, Anak Adalah Tabungan di Akhirat
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 18:31 WIB
    Anak itu sejatinya adalah tabungan akhirat bagi orang tuanya. Sebab, anak adalah tanggungjawab orang tua yang langsung diamanahkan oleh Sang Pemberi amanah, yakni Allah Subhanahu wa Taala.
  • Ibu Adalah Karomah bagi Anak-anaknya
    Muslimah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 08:33 WIB
    Peran Ibu melampaui batas-batas kebiasaan manusia. Islam pun kerap kali membahas tentang dahsyatnya doa seorang ibu bagi anak-anaknya. Ibu sejati hanya punya satu niat yang tulus, yaitu ingin membahagiakan anaknya
  • Hak-hak Tetangga dalam Islam yang Tidak Boleh Diabaikan
    Muslimah
    Minggu, 21 November 2021 - 13:58 WIB
    Hak-hak bertetangga telah Allah dan Rasul-Nya jelaskan di berbagai nash syariat, baik dalam al-Quran maupun Hadits. Tak kalah penting, juga dari petuah dan nasihat para sahabat dan ulama.
  • Kedudukan Orang Kafir yang Berada di Wilayah Pemerintahan Islam
    Tausyiah
    Senin, 25 Desember 2023 - 06:26 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan orang kafir yang berada di bawah naungan pemerintahan Islam ada satu tempat khusus. Mereka ini dalam istilah yang dipakai umat Islam dinamakan Ahludz Dzimmah.
  • Keistimewaan Wanita yang Jarang Diketahui, Begini Sikap Nabi Terhadap Putrinya
    Muslimah
    Rabu, 29 Desember 2021 - 22:52 WIB
    Perempuan adalah sekeping surga yang ada di dunia. Mereka punya keistimewaan di sisi Allah sehingga Rasulullah memperlakukan perempuan dengan akhlak mulia.