Topik Terkait: Hadis Menutup Aurat Wanita

  • Dalil-dalil tentang Kewajiban Menutup Aurat Khusus Bagi Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 16:14 WIB
    Menutup anggota badan atau aurat yang tidak boleh ditampakkan, hukumnya wajib bagi seorang wanita muslimah. Salah satu perintah tersebut, disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wa taala di Al-Quran.
  • Bahaya Membuka Aurat dan Keutamaan Memakai Hijab
    Tausyiah
    Minggu, 05 September 2021 - 17:31 WIB
    Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Bagi perempuan muslim, batasan aurat mereka adalah sebagaimana dijelaskan dalam Hadis berikut.
  • Wajibnya Menutup Aurat Ketika Buang Hajat, Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 09:14 WIB
    Dalam salah satu adab buang hajat, menutup aurat adalah adab yang diwajibkan. Di mana beberapa adab lainnya hanya sampai batas sunah atau makruh, tetapi dalam persoalan buang hajat ini syariat mewajibkannya.
  • Benarkah Telapak Kaki Muslimah adalah Aurat? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 26 November 2022 - 09:52 WIB
    Dalam Islam, semua bagian tubuh seorang wanita muslimah adalah aurat, kecuali muka dan telapak tangan. Yang sering ditanyakan, apakah bagian bawah kaki atau disebut al qadam termasuk batasan aurat juga?
  • Batasan Aurat Wanita dengan Sesama Wanita Lainnya
    Muslimah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 17:27 WIB
    Dalam Islam, hakikat pakaian adalah untuk menutup aurat, yaitu menutup bagian anggota tubuh yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Syariat Islam pun mengatur, hendaknya pakaian tersebut tidak terlalu sempit atau ketat, tidak terlalu tipis atau menerawang.
  • Tadabbur Surat An-Nur Ayat 31: Perintah Menutup Aurat Bagi Wanita dan Menjaga Pandangan
    Tausyiah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 11:58 WIB
    Berikut ayat yang mewajibkan kaum perempuan untuk menjaga pandangan dan memelihara kemaluan. Ayat ini sekaligus perintah untuk menutup aurat dengan sempurna.
  • Doa agar Jin Tidak Melihat Aurat Kita
    Tips
    Minggu, 30 Juli 2023 - 22:09 WIB
    Berdoa agar jin tidak bisa melihat aurat kita, merupakan salah satu upaya pencegahan agar terlindungi dari godaan dan gangguan setan tersebut. Kenapa demikian?
  • Aurat Dilihat Sesama Muslimah, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Senin, 27 Juli 2020 - 16:03 WIB
    Dalam kehidupan sehari-hari, kita jumpai seorang menampakkan rambutnya atau membuka jilbabnya di hadapan sesama wanita muslimah. Bagaimana sebenarnya hukum menampakkan aurat di depan sesama perempuan ini?
  • 3 Al-Quran Tentang Kewajiban Berjilbab
    Muslimah
    Minggu, 05 Desember 2021 - 05:10 WIB
    Menutup aurat adalah salah satu kewajiban bagi kaum muslimah, namun masih banyak dari mereka yang enggan melakukannya padahal banyak dalil dalam Al-Quran tentang kewajiban ini.
  • Hadis-hadis tentang Memuliakan Wanita dalam Islam
    Muslimah
    Senin, 15 Januari 2024 - 11:36 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita sangat dimuliakan, bahkan mulai dari ia dilahirkan hingga posisinya menjadi seorang ibu yang melahirkan. Banyak hadis yang menceritakan kedudukan dan kemuliaan seorang wanita ini.
  • Hadits Menutup Aurat Wanita
    Muslimah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 06:55 WIB
    Hadis menutup aurat wanita banyak disampaikan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Menutup anggota badan yang tidak boleh ditampakkan ini hukumnya wajib bagi wanita.
  • Apakah Dagu Wanita Ketika Shalat Termasuk Aurat?
    Muslimah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 18:30 WIB
    Apakah dagu wanita termasuk aurat ketika shalat atau tidak? Bagaimana sebenarnya batasan wajah perempuan dalam shalat ini? Bagaimana pula dalil-dalilnya?
  • Awas! Sesama Jenis Dilarang Saling Memperlihatkan Aurat
    Tausyiah
    Selasa, 20 September 2022 - 14:27 WIB
    Islam melarang sesama lelaki, juga sesama perempuan, untuk saling memperlihatkan auratnya. Maknanya, melihat aurat sesama jenis adalah haram, walaupun tidak disertai syahwat.
  • Inilah yang Boleh dan Tidak Boleh Terlihat Aurat Sesama Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 14:33 WIB
    Selama ini batasan aurat seorang wanita muslimah kerap dipermasalahkan, sebab terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Batasan aurat wanita juga turut dibedakan berdasarkan siapa yang melihatnya
  • Memahami Batasan Aurat Muslimah Menurut 4 Mazhab
    Muslimah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 10:21 WIB
    Setiap wanita muslimah penting mengetahui batasan aurat bagi mahramnya, apalagi bila wanita muslimah mempunyai kebutuhan untuk bermuamalah dengan kaum lelaki dalam kehidupannya sehari-hari,.
  • Jin Dapat Melihat Aurat, Ini Doa untuk Menangkalnya
    Tips
    Sabtu, 14 Mei 2022 - 21:54 WIB
    Ternyata jin dan makhluk gain lainnya dapat melihat aurat manusia. Untuk itu, sebagai muslim kita dianjurkan untuk membaca doa agar para makhluk astral ini tidak dapat melihat aurat kita tersebut.
  • Menjadi Penyebab Utama Perbuatan Keji
    Muslimah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 17:38 WIB
    Menjaga aurat adalah konsekuensi logis dari konsep menundukkan pandangan atau sering pula disebut sebagai langkah kedua dalam mengendalikan keinginan dan membangun kesadaran, setelah konsep menundukkan pandangan.
  • Bolehkah Membaca Al Quran dengan Aurat yang Masih Terbuka?
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 08:11 WIB
    Kegiatan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Hanya saja, masih ada perempuan muslimah yang ketika membaca Al-Quran ini, dengan aurat yang masih terbuka. Bagaimana hukumnya?
  • Kapan Waktu yang Tepat Mengajarkan Batasan Aurat Anak?
    Muslimah
    Kamis, 25 November 2021 - 13:33 WIB
    Dalam Islam perintah menutup aurat diwajibkan kepada seluruh umatnya, baik laki-laki maupun perempuan. Lantas kapan waktu yang tepat mengajarkan anak tentang batasan aurat ini?
  • Saat Berolahraga pun, Aurat Perempuan Harus Tertutup
    Muslimah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 14:18 WIB
    Tidak hanya laki-laki, para muslimah juga semestinya menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan bugar. Islam tidak melarang, bahkan menganjurkan perempuan muslimah untuk berolahraga.