Topik Terkait: Ijma Dan Qiyas

  • Ijma Lebih Pasti dari Al-Quran?
    Hikmah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 15:29 WIB
    Banyak kalangan yang bingung ketika Ijma dimasukkan sebagai sumber syariah Islam yang ketiga setelah Al-Quran dan Sunnah. Mari simak penjelasan ini.
  • Benarkan Pintu Ijtihad Sudah Dikunci? Begini Penjelasan Prof Ibrahim Hosen
    Tausyiah
    Kamis, 17 November 2022 - 15:45 WIB
    Sebagian ulama berpendapat bahwa pintu ijtihad telah tertutup. Ini digelorakan ulama mutakhirin setelah dunia Islam diliputi kabut taashub mazhab serta banyaknya mujtahid karbitan.
  • Kisah Keluarnya Yajuj dan Majuj dan Kemusnahannya Jelang Kiamat
    Hikmah
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 18:06 WIB
    Kisah keluarnya Yajuj dan Majuj di akhir zaman merupakan satu dari 10 tanda Kiamat yang pernah disabdakan Nabi Muhammad SAW. Bangsa perusak ini dibinasakan Allah setelah kematian Dajjal.
  • Sumber Hukum Islam yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 17:43 WIB
    Umat Islam mengenal empat sumber hukum sebagai pijakan menjalani kehidupan bermasyarakat. Keempat sumber hukum itu adalah Al-Quran, As-sunnah (Hadis), Ijma, dan Qiyas.
  • Ngerinya Dampak Dosa dan Maksiat
    Muslimah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 09:36 WIB
    Dosa dan maksiat sangat berbahaya bagi hati, seperti bahayanya racun apabila masuk kedalam tubuh. Seluruh keburukan dan bencana yang menimpa tidak lain dikarenakan dosa dan maksiat.
  • Ciri dan Sifat Yajuj dan Majuj dan Kemunculannya Jelang Kiamat
    Hikmah
    Rabu, 07 September 2022 - 23:48 WIB
    Yajuj dan Majuj adalah makhluk yang berbuat kerusakan di muka bumi. Mereka akan keluar jelang Kiamat setelah turunnya Dajjal dan Nabi Isa. Berikut ciri dan sifat mereka.
  • Hati-hati,  Muslimah Milenial Sangat Rentan Izzah dan Iffah
    Muslimah
    Senin, 21 Juni 2021 - 17:20 WIB
    Di era media sosial (medsos) saat ini, ada beberapa perbuatan yang dilarang syariat justru banyak disepelekan kalangan milenial. Salah satunya, kaum perempuan milenial yang tidak menjaga izzah dan iffah-nya.
  • Dalil Kedustaan Dukun dan Peramal dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 29 Agustus 2022 - 21:02 WIB
    Di Indonesia, dunia perdukunan bukanlah hal baru, eksistensinya sudah terlahir sejak dulu. Lantas, bagaimana syariat Islam memandang dunia perdukunan ini?
  • Benarkah Yajuj dan Majuj Lebih Berbahaya dari Dajjal?
    Hikmah
    Senin, 13 November 2023 - 14:06 WIB
    Dajjal dan Yajuj Majuj adalah dua makhkuk yang menjadi fitnah (ujian) besar di akhir zaman. Benarkah Yajuj dan Majuj lebih berbahaya dari Dajjal? Simak ulasan berikut ini.
  • Mitos-mitos Wanita Haid dan Faktanya Menurut Islam
    Muslimah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 09:26 WIB
    Masih banyak anggapan di masyarakat bahwa wanita haid yang dianggap sedang berhadas, dilarang melakukan aktivitas-aktivitas ibadah tertentu.Adanya larangan-larangan tersebut, akhirnya menyebarkan mitos-mitos seputar haid yang dalil rujukannya tidak jelas.
  • Jadwal dan Niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023
    Tips
    Kamis, 20 Juli 2023 - 22:21 WIB
    Jadwal dan niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023 menjadi informasi penting yang harus diketahui umat muslim. Berikut jadwal dan bacaan niatnya.
  • 7 Kalimat Dzikir yang Sering Dibaca Nabi dan Mudah Diamalkan
    Tips
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 15:14 WIB
    Ada tujuh (7) kalimat dzikir yang sering dibaca Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan mudah untuk diamalkan. Kalimat ini termasuk dzikir yang dicintai Allah Taala.
  • 15 Perkara yang Mengundang Datangnya Bala dan Musibah
    Tausyiah
    Selasa, 10 November 2020 - 17:43 WIB
    Khuwaidim Zawiyah Tarbiyah At Tijaniyah Jakarta, KH Muhammad Yunus A Hamid, menyebutkan ada 15 perkara yang mengundang datangnya bala dan musibah di muka bumi.
  • Zikir, Doa dan Istighfar Menjelang Buka Puasa, Supaya Dapat Keutamaan di Waktu Mustajab Doa
    Tips
    Minggu, 24 Maret 2024 - 11:10 WIB
    Zikir, doa dan istighfar menjelang buka puasa ini perlu diamalkan oleh setiap muslim karena dalam bulan Ramadan sudah sepantasnya untuk memperbanyak amal ibadah.
  • Amalan-amalan Senilai Pahala Haji dan Umrah
    Tips
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 16:36 WIB
    Wabah covid-19 masih belum membaik, sehingga banyak kaum muslim yang tidak bisa berhaji dan umrah. Namun demikian, Allah menyediakan banyak amalan yang pahalanya senilai dengan pahala haji ataupun umrah.
  • Idgham Mimi : Pengertian, Cara Baca dan Contohnya
    Tips
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 17:34 WIB
    Idgham Mimi adalah salah satu hukum bacaan yang perlu dipahami oleh umat muslim baik dari pengertian maupun cara membacanya. Karena membaca Al Quran dengan benar dan tartil menjadi anjuran bagi setiap Islam.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Ashar, Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 08:53 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Ashar menjadi suatu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh segenap umat islam. Sebab, apabila seorang hamba membaca zikir dan doa, maka Allah akan memberikan rezeki.
  • 5 Fakta Yajuj dan Majuj yang Perlu diwaspadai Umat Islam, Makhluk Mengerikan yang Memiliki Banyak Anak
    Tausyiah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 10:57 WIB
    Terdapat sejumlah fakta tentang Yajuj Majuj yang perlu diwaspadai umat Islam. Sebab, makhluk tersebut digambarkan sebagai kaum yang suka membuat kerusakan di bumi.
  • Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Berikut Fadhilahnya
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 22:31 WIB
    Bagi umat muslim yang melaksanakan Puasa Tarwiyah besok, Jumat (8 Juli 2022), dianjurkan berniat pada malam ini. Berikut bacaan niat puasa Tarwiyah dan Arafah.
  • Inilah Hikmah Dibalik Larangan Makan dan Minum Berlebihan
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:24 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan. Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.