Topik Terkait: Tabiin Ahnaf Bin Qais

  • Pengadilan Hurmuzan: Ketika Umar bin Khattab Tidur di Emperen Masjid
    Hikmah
    Rabu, 14 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Hurmuzan digiring ke samping masjid. Mereka mendapatkan Amirul Mukminin sedang tidur nyenyak. Mereka pun duduk menanti hingga beliau bangun dari tidurnya.
  • Kisah Said bin Jubair Hadapi Penguasa yang Banyak Membunuh Tabiin
    Hikmah
    Sabtu, 23 April 2022 - 14:27 WIB
    Gubernur Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi memegang kedudukan dan kekuasaannya dengan penuh kesombongan. Dia tercatat telah membunuh Abdullah bin Zubair.
  • Begini Komentar Si Kaki Bengkok Ketika Diberi Tahu Rasulullah SAW Mendoakannya
    Hikmah
    Senin, 12 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Muawiyah menghela nafas panjang lalu berkata, Begitulah, jika dia sedang marah niscaya seratus ribu penduduk Bani Tamim akan ikut marah tanpa tahu sebabnya.
  • Kisah Asyats bin Qais, Suami Saudara Khalifah Abu Bakar yang Murtad Lalu Bertobat
    Hikmah
    Rabu, 02 September 2020 - 14:37 WIB
    Asyats adalah pemimpin yang berwibawa, dicintai dan disegani masyarakatnya. Pada Tahun Perutusan ia datang ke Madinah menemui Rasulullah SAW dengan memimpin 80 orang dari Kindah.
  • Tabiin Salamah Bin Dinar: Ketika Hati Diperbaiki maka Dosa-Dosa Besar Terampuni
    Hikmah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 18:41 WIB
    Rumah Salamah bin Dinar benar-benar seperti mata air yang segar bagi para penuntut ilmu dan para pencari kebaikan. Tidak ada beda antara saudara-saudaranya dan murid-muridnya.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Mengapa Kita Benci Kematian? Ini Jawaban Salamah bin Dinar
    Hikmah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 10:00 WIB
    Salamag bin Dinar mengatakan kita telah memakmurkan dunia kita dan menghancurkan akhirat kita, sehingga kita benci untuk keluar dari kemakmuran menuju kehancuran,.
  • Surat Umar bin Abdul Aziz yang Menghebohkan Kalangan Non-Islam
    Hikmah
    Selasa, 01 September 2020 - 14:16 WIB
    Sejurus kemudian, gubernur memerintahkan kepada seluruh pasukan kaum muslimin untuk meninggalkan kota Samarkand dan kembali ke markas-markas mereka.
  • Konflik Khilafah: Kisah Suram Putra Ketiga Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 15:24 WIB
    Tidak lama ketika rasa binggung menggelayuti pikiran Muhammad Al-Hanafiyah di tempat ia tinggal, atas kehendak Allah, Hajjaj bin Yusuf membunuh Abdullah bin Zubair.
  • Cucu Umar bin Khatab yang Zuhud dan Mirip Dengannya
    Hikmah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Anak Umar bin Khattab banyak, akan tetapi yang paling mirip dengannya adalah Abdullah. Abdullah bin Umar juga memiliki banyak anak, an yang paling mirip dengan Abdullah adalah Salim.
  • Keturunan Rasulullah SAW: Cucu Ali bin Abu Thalib yang Banyak Julukan
    Hikmah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 17:49 WIB
    Kaumnya memberi julukan Zainul Abdin dan julukan ini justru lebih dikenal daripada nama aslinya. Selain itu karena sujud yang sangat lama, penduduk Madinah juga menyebutnya sebagai Assajad.
  • Kisah Tabiin Cerdas Iyas Bin Mu’awiyah Al-Muzanni
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 10:23 WIB
    Orang-orang datang kepadanya dari berbagai penjuru untuk bertanya tentang ilmu dan agama. Sebagian ingin belajar, ada yang ingin menguji dan ada pula hendak berdebat kusir.
  • Kufah Berdarah di Bawah Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi
    Hikmah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 15:13 WIB
    Hajjaj menghunus pedangnya di tengkuk manusia dan menyebarkan rasa takut di seluruh negeri kekuasaannya. Hingga para penduduk merasa ngeri dan takut akan kekejamannya.
  • Kisah Kecerdasan Ahnaf bin Qais dalam Pembebasan Persia
    Hikmah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 17:03 WIB
    Umar takjub mendengarkan keterangan Ahnaf bin Qais, kemudian berliau berkata di depan utusan yang lain, Sungguh dia (Ahnaf) demi Allah- adalah seorang pemimpin.
  • Ketika Muhammad bin Wasi Diuji dengan Sebuah Mahkota
    Hikmah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 10:17 WIB
    Yazid berkata, kalian akan melihat bahwa di antara ummat Muhammad SAW senantiasa ada yang tidak menginginkan harta ini ataupun yang semacam dengan ini yang ada di atas bumi.
  • Tabiin yang Sahid di Tangan Penguasa Kufah Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi
    Hikmah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 12:15 WIB
    Tak lebih dari lima 15 hari setelah wafatnya Said bin Jubair, mendadak Hajjaj bin Yusuf terserang demam. Kondisi kian memburuk sampai akhirnya ia pun meninggal.
  • Syair Indah Berisi Sanjungan Cicit Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Senin, 19 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Zainul Abidin sanga dicintai dan dihormati oleh segenap penduduk Madinah. Bila beliau jalan menuju masjid atau kembali darinya, orang-orang selalu memperhatikannya dari tepi-tepi jalan.
  • Raja yang Mewakili Rasululullah SAW Saat Menikahi Ummu Habibah
    Hikmah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 10:23 WIB
    Dalam surat itu Rasulullah SAW meminta agar Najasyi bertindak sebagai wakil untuk pernikahan beliau dengan Ramlah binti Abu Sufyan yang termasuk rombongan Muhajirin ke Habasyah.
  • Khalifah Sulaiman Benci Kematian dan Kiamat, Begini Nasihat Salamah bin Dinar
    Hikmah
    Senin, 30 Mei 2022 - 16:22 WIB
    Khalifah berkata, mengapa kita membenci kematian? Salamah bin Dinar menjawab, karena kita telah memakmurkan dunia dan menghancurkan akhirat kita.
  • Kisah Urwah bin Zubair dan Doa 4 Remaja di Kaki Kakbah yang Terkabul
    Hikmah
    Minggu, 10 April 2022 - 19:52 WIB
    Keempat remaja itu adalah Abdullah bin Zubair dan saudaranya yang bernama Musab bin Zubair, saudaranya lagi bernama Urwah bin Zubair dan satu lagi adalah Abdul Malik bin Marwan.
  • Jatuhnya Gubernur Madinah yang Mengganggu Keluarga Nabi SAW
    Hikmah
    Senin, 14 Juni 2021 - 10:08 WIB
    Fathimah berkata, Benar, tolong laporkan kepada Amirul Mukminin kesulitan yang saya alami akibat ulah Ibnu Dhahhak. Dia mengabaikan para ulama, terutama Salim bin Abdullah bin Umar bin Khathab.