Topik Terkait: Hukum Berkurban Atas Nama Orang Tua

  • Bagaimana Hukum Berkurban di Luar Domisili? Begini Penjelasan
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 20:31 WIB
    Para ulama berbeda pendapat perihal memindahkan hewan kurban ke luar daerah domisili orang yang berkurban. Para ulama menggunakan logika yang sama dalam memandang hewan kurban dan zakat.
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu, Wajib Atau Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 06 Juni 2022 - 14:45 WIB
    Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. Bagaimana sebenarnya hukum berkurban bagi yang mampu? Wajib atau sunnah?
  • Syariat Islam Mengatur Cara Anak yang Menasehati Orang Tua
    Muslimah
    Minggu, 15 Agustus 2021 - 12:08 WIB
    Manusia adalah tempat salah dan dosa. Artinya, setiap manusia berpotensi durhaka kepada Allah Taala. Termasuk orang tua kita. Lantas, apakah kita boleh menasehati kedua orang tua kita?
  • Setiap Orang Tua Harus selalu Mendoakan Kebaikan untuk Anak-anaknya
    Muslimah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 13:55 WIB
    Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mendorong setiap orang tua agar selalu berdoa untuk kebaikan anak, sebab doa akan menambah keberkahan dan kebaikan pada anak.
  • Yuk, Amalkan 4 Lafadz Istighfar Terbaik untuk Orang Tua
    Tips
    Selasa, 15 Februari 2022 - 08:40 WIB
    Beristigfhar atau memohonkan ampun untuk kedua orang tua dan memintakan rahmat Allah Taala untuk keduanya, merupakan salah satu bakti seorang anak kepada orang tua mereka.
  • Berkurban Atas Nama Orang Tua atau Orang Lain, Bagaimana Pahalanya?
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
    Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumya jika niat berkurban atas nama orang tua atau nama keluarga yang lain? Lantas, bagaimana pahalanya untuk yang berkurban?
  • Keutamaan Antara Mendahulukan Nafkah ke Istri Atau Orang Tua?
    Muslimah
    Kamis, 15 Juli 2021 - 09:08 WIB
    Seorang suami memiliki kewajiban nafkah kepada istri dan anak-anaknya. Ia juga berkewajiban menafkahi orang tuanya. Namun, setelah menikah, seorang lelaki harus bisa bersikap adil dan bijak terhadap istrinya dan terhadap orangtuanya. Lantas mana yang harus didahulukan?
  • Hukum Orang Tua Menyakiti Anak dan Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Tentang anak durhaka pada orang tua, mungkin sudah biasa kita dengar bahkan banyak kisah yang menceritakannya. Sebaliknya, di zaman sekarang ternyata banyak juga orang tua yang durhaka pada anaknya.
  • Inilah Hukum Menamai Anak dengan Nama-nama Malaikat
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 16:43 WIB
    Nama biasanya dikaitkan dengan doa-doa orang tuanya. Salah satunya keinginan memberikan nama anak yang baru lahir dengan nama-nama malaikat. Namun bagaimana hukumnya menurut pandangan syariat?
  • 5 Doa untuk Kedua Orang Tua dari yang Pendek hingga Doa Panjang
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 11:03 WIB
    Banyak doa untuk kedua orang tua yang bisa kita amalkan setiap hari. Berdoa untuk mereka, merupakan wujud berbakti yang diperintahkan Allah subhanahu wa taala dalam Al-Quran maupun hadis.
  • Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anak-anaknya
    Muslimah
    Senin, 01 Agustus 2022 - 09:30 WIB
    Mendoakan anak agar tumbuh berkembang menjadi anak saleh adalah kewajiban orang tua. Apalagi semua dan setiap orang beriman menginginkan anaknya menjadi anak yang saleh.
  • Inilah 5 Doa untuk Orang Tua, Yuk Amalkan!
    Tips
    Rabu, 22 Desember 2021 - 10:31 WIB
    Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu perintah Allah yang banyak disebutkan dalam Al-Quran maupun hadis. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan berdoa atau memberikan doa untuk keduanya
  • Bila Orang Tua Mendoakan Keburukan, Apa yang Harus Dilakukan?
    Tips
    Minggu, 02 Januari 2022 - 07:16 WIB
    Doa orang tua merupakan salah satu doa yang sangat mustajab, baik doa kebaikan maupun doa keburukan. Bila doa kebaikan, pasti anak akan bahagia. Bagaimana bila sebaliknya?
  • Hukum Bersedekah untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal
    Tausyiah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 17:01 WIB
    Mungkin banyak yang bertanya apakah bersedekah atas nama orangtua yang sudah meninggal itu dibolehkan atau tidak. Berikut penjelasan betrdasarkan Hadis Nabi.
  • Tata Cara Meminta Maaf Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal
    Tips
    Jum'at, 12 April 2024 - 15:12 WIB
    Seorang anak tetap diharuskan minta maaf kepada kedua orang tuanya meski orang tuanya telah meninggal. Sebab, hal itu menunjukkan baktinya seorang anak yang mengakui dosanya kepada orang tua ketika masih hidup.
  • Hukum Kurban Sapi Patungan 7 Orang Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 21:09 WIB
    Dalam masyarakat kita, sudah menjadi hal yang umum dilakukan bila melaksanakan kurban dengan sapi boleh patungan untuk 7 orang. Bagaimana sebenarnya hukum dalam pandangan syariat?
  • Doa-doa agar Anak Nurut pada Orang Tua
    Tips
    Selasa, 09 Januari 2024 - 14:05 WIB
    Amalan doa agar anak nurut kepada orang tuanya bisa diamalkan secara rutin setiap hari. Doa ini termasuk doa mendidik anak dengan adab dan akhlak mulia
  • Bolehkah Seorang Istri Berkurban Sendiri Menggantikan Posisi Suami?
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 11:30 WIB
    Banyak contoh seorang istri yang mampu berkurban karena berdikari secara ekonomi, sementara, di saat yang sama, suami tidak berpenghasilan cukup. Bolehkah istri melaksanakan kurban menggantikan posisi suami ?
  • Durhaka kepada Orang Tua adalah Dosa Besar setelah Syirik
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 12:50 WIB
    Durhaka kepada orangtua adalah sebesar-besar dosa yang paling besar setelah menyekutukan Allah SWT atau syirik. Itu sebabnya, tidak masuk surga anak yang durhaka.
  • Perbuatan Baik yang Bisa Diamalkan untuk Orang Tua yang Sudah Wafat
    Muslimah
    Senin, 02 November 2020 - 09:31 WIB
    Berbakti kepada orang tua menempati posisi yang tinggi di dalam Islam. Berbuat baik kepada orang tua tidak hanya dilakukan ketika mereka masih hidup akan tetapi juga setelah dia meninggal dunia.