Topik Terkait: Cara Menghitung Zakat Mal

  • Cara Menghitung Zakat Pertanian dan Contoh Perhitungannya
    Tips
    Rabu, 22 Juni 2022 - 10:05 WIB
    Pertanian termasuk salah satu katagori hasil usaha yang wajib ditunaikan zakat-nya. Bagaimana cara menghitung zakat pertanian ini dan apa dalil yang menguatkannya?
  • Pengertian Kalkulator Zakat Emas dan Cara Menghitungnya
    Tips
    Kamis, 19 Januari 2023 - 16:42 WIB
    Kalkulator zakat emas adalah layanan yang bisa dimanfaatkan kaum muslim untuk memudahkan dalam penghitungan zakat emas. Berikut cara menghitung zakat emas.
  • Kalkulator Zakat Ternak Sapi dan Kambing, Begini Cara Menghitungnya
    Tips
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 23:49 WIB
    Kalkulator zakat ternak sapi dan kambing termasuk kategori zakat maal. Zakat sapi dan kambing ini wajib dikeluarkan seorang muslim apabila telah mencapai nisab dan haul.
  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal Berikut Takarannya
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 07:01 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal penting diketahui kaum muslim berikut takarannya. Untuk diketahui, zakat sudah diwajibkan sebelum masa Rasulullah shollallahu alaihi wasallam.
  • 7 Alasan Mengapa Umat Islam Diwajibkan Membayar Zakat Mal
    Tausyiah
    Jum'at, 29 April 2022 - 23:03 WIB
    Zakat mal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan oleh mereka yang memiliki kelebihan harta atau pendapatan. Berikut alasan mengapa diwajibkan membayar zakat.
  • Cara Menghitung Zakat Mal dan Penghasilan yang Benar
    Tips
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 15:58 WIB
    Cara menghitung zakat mal yang benar perlu diketahui oleh kaum muslimin. Mengeluarkan zakat mal (harta) adalah salah satu perintah syariat yang wajib ditunaikan.
  • Hukum Menunda Zakat Mal Dan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • 7 Keutamaan Zakat dalam Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
    Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berikut 7 keutamaan zakat dalam Al-Quran dan Hadis.
  • Zakat bagi kita
    Tausiyah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 09:05 WIB
    Zakat merupakan salah satu bentuk syariat Allah yang akan memberikan keuntungan itu. Ada banyak nilai dan keuntungan dari zakat bila telah ditunaikan dengan baik. Tiga keuntungan berzakat yaitu membersihkan harta dan jiwa, menumbuhkan dan menambahkan, memenuhi hak.
  • Berapa Persen Sedekah dari Gaji Bulanan?
    Tips
    Rabu, 01 September 2021 - 15:15 WIB
    Berapa persen sedekah dari gaji bulanan? Pertanyaan ini cukup sering dibahas dalam berbagai kajian. Berikut cara menghitungnya sebagaimana kaidah fiqih zakat.
  • Mengenal Amil Zakat, Tugas, dan Syaratnya
    Tips
    Selasa, 19 April 2022 - 17:06 WIB
    Membayar zakat adalah kewajiban bagi masing-masing umat muslim yang mampu, akan tetapi yang kurang mampu harus menerima zakat. Maka dari itu, kita membutuhkan amil zakat untuk membantu kita.
  • Zakat Fitri Wajib Bagi Setiap Muslim, Bagaimana dengan Janin?
    Tausyiah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 04:39 WIB
    Disukai mengeluarkan zakat fitri bagi janin, maka zakat itu hanyalah dikeluarkan bagi janin yang telah ditiupkan ruh padanya. Sedangkan ruh, belum ditiupkan kecuali setelah empat bulan.
  • Zakat Merupakan Saudara Kandung Salat, Begini Penjelasan Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 13 April 2023 - 16:50 WIB
    Zakat merupakan syiar kedua dalam Islam dan merupakan kekuatan pendanaan sosial dari kekuatan-kekuatan besar lainnya. Zakat merupakan saudara kandung salat di dalam Al Quran dan As-Sunnah.
  • Ketentuan Zakat Fitrah: Lebih Utama Beras atau Uang?
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 03:05 WIB
    Zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam pada bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri. Adapun perintah mengeluarkan zakat fitrah ini didasari oleh sejumlah hadis
  • Permudah Masyarakat Berinfak dan Bersedekah, IZI Luncurkan Zakat Self Service
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 April 2022 - 20:53 WIB
    Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan produk bernama Zakat Self Service (ZSS). Mesin yang terinspirasi dari mesin ATM ini memiliki layanan yang cepat dan akurat dalam memudahkan aktivitas zakat, infak, atau sedekah (ZIS) di ruang publik seperti rumah sakit hingga pusat perbelanjaan.
  • Tantangan bagi Amilin dan Amilat Zakat
    Tausyiah
    Senin, 11 Mei 2020 - 09:03 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang di dalam bulan itu Allah SWT memberi kesempatan kepada kita semua untuk memperbanyak amal saleh. Satu di antara amal saleh yang sangat dianjurkan adalah menunaikan zakat.
  • Bolehkah Menyalurkan Zakat Fitrah Sekeluarga Kepada Satu Orang?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Banyak cara dilakukan masyarakat dalam menunaikan zakat fitrah. Ada yang menyerahkannya kepada petugas pengumpulan zakat, ada juga yang mengeluarkannya sendiri.
  • Apakah Boleh Zakat Fitrah dengan Uang?
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 05:15 WIB
    Apakah boleh Zakat Fitrah dengan uang? Berikut penjelasan Ustaz Isnan Ansory (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam Bukunya Itikaf, Qiyam al-Lail, Shalat Ied dan Zakat Al-Fithr di Tengah Wabah.
  • Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga Lengkap Arab dan Terjemahan
    Tips
    Senin, 25 Maret 2024 - 15:39 WIB
    Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga perlu diamalkan umat muslim yang hendak menunaikan kewajibannya. Berikut bacaannya lengkap terjemahan,
  • Ketika Para Pembangkang Zakat Menyerbu Madinah
    Hikmah
    Jum'at, 07 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Orang-orang Madinah ini terdiri dari tentara dan bukan tentara, dalam jumlah kecil, berhadapan dengan sebuah gabungan besar terdiri dari Abs, Zubyan, Gatafan dan kabilah-kabilah lain.