Topik Terkait: Beda Jilbab Hijab Khimar

  • Hukum Mengolok-Olok Hijab
    Muslimah
    Selasa, 23 Februari 2021 - 19:04 WIB
    Menutup aurat menjadi wajib karena saddu al-dzar?ah, yaitu menutup pintu ke dosa yang lebih besar. Khusus bagi kaum perempuan, kewajiban ini akan terlaksana dengan memakai jilbab (busana muslimah).
  • Ini 9 Manfaat Penggunaan Jilbab Menurut Pandangan Sains
    Muslimah
    Senin, 20 Desember 2021 - 15:30 WIB
    Kewajiban menutup aurat bagi seorang wanita muslimah dengan berjilbab atau berhijab ternyata memiliki manfaat lainnya di bidang kecantikan dan kesehatan.
  • Makna Jilbab dalam Pandangan Para Ulama Terdahulu
    Muslimah
    Selasa, 19 September 2023 - 08:04 WIB
    Saat ini telah berkembang nama hijab atau jilbab, busana muslimah yang sesuai kaidah dan syariat untuk menutup aurat kaum wanita. Tentang makna jilbab, Imam An Nawawi menyebutkan ada 11 pendapat mengenai makna jilbab tersebut.
  • Memilih Busana Syari Muslimah Sesuai Kepribadian
    Muslimah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 09:53 WIB
    Saat ini banyak sekali ragam busana muslimah yang syari dengan model dan warna yang bermacam-macam. Namun, masih banyak muslimah yang belum memahami betul tentang arti dari pakaian syari antara jilbab,
  • Inilah Asal Usul Hijab yang Dikenakan Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 18 November 2021 - 09:54 WIB
    Hijab sebagai busana muslimah, memiliki sejarah yang cukup panjang. Hijab dalam bahasa Arab hijb, bentuk plural-nya hujub, secara bahasa berarti mencegah jangan sampai terjadi, menutup dan menghalangi.
  • Sejarah Jilbab dan Asal Usulnya Mengapa Harus Dikenakan Wanita Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 08 November 2022 - 10:14 WIB
    Jilbab atau hijab sebagai busana muslimah, memiliki sejarah yang cukup panjang. Hijab dalam bahasa Arab hijb, bentuk plural-nya hujub, secara bahasa berarti mencegah jangan sampai terjadi, menutup dan menghalangi.
  • Tak Sekadar Fesyen, Jilbab Bisa Menyelamatkan Muslimah dari Azab
    Muslimah
    Selasa, 06 Juni 2023 - 12:03 WIB
    Menutup aurat dengan jilbab atau hijab, saat ini tidak sekadar kewajiban sebagi seorang muslimah, namun sudah menjadi bagian dari gaya hidup karena keutamaan dan manfaatnya.
  • Antara Jilbab dan Akhlak,  Adakah Korelasinya?
    Muslimah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 14:57 WIB
    Kerap kali permasalahan jilbab atau hijab dikaitkan dengan akhlak seseorang. Hingga hampir mencoreng kesucian dari makna hijab itu sendiri. Sebenarnya adakah keterkaitan antara jilbab dengan akhlak ini?
  • Syariat Jilbab dan Sejarahnya, Dikenal di Masa Nabi Ibrahim, Disahkan Syaratnya Saat Islam Datang
    Muslimah
    Kamis, 02 Maret 2023 - 12:00 WIB
    Hukum berjilbab bagi muslimah ramai kembali diperbincangkan. Ada sebagian muslimah yang menganggap bahwa jilbab atau berjilbab tidak wajib apalagi di Indonesia yang notabene masih kental dengan budaya dan adat-istiadat.
  • Inilah Dosa Perempuan yang Tidak Memakai Hijab dan Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Sabtu, 21 Oktober 2023 - 05:15 WIB
    Dosa perempuan muslimah yang tidak memakai hijab sangat mengerikan, bahkan disebutkan sebagai penghuni kekal neraka. Kenapa demikian?
  • Dalil-dalil Tentang Larangan Menikah Beda Agama
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 09:05 WIB
    Syariat Islam melarang pernikahan beda agama dan larangan tersebut banyak terdapat dalam dalil Al Quran dan hadis. Berikut beberapa dalil dan aturan larangan pernikahan beda agama tersebut dalam Islam:
  • Pengadilan Prancis Perkuat Larangan Perempuan Berjilbab Bermain Sepak Bola di Lapangan
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Juli 2023 - 15:58 WIB
    Pengadilan Tinggi Administrasi Prancis memutuskan bahwa Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) dapat terus melarang pemain berhijab di lapangan. Apa motivasinya?
  • Beda Jilbab, Hijab, Khimar dan Niqab yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Minggu, 10 September 2023 - 08:43 WIB
    Masih banyak muslimah yang belum memahami betul tentang arti dari jilbab , hijab, khimar, niqab dan burqa ini. Sebab, meski terlihat serupa, sebenarnya masing-masing istilah tersebut memiliki perbedaan dalam hal makna dan penggunaannya.
  • Ketika Muslimah Membuka Hijabnya, Kapan Waktunya yang Tepat?
    Muslimah
    Jum'at, 26 November 2021 - 08:02 WIB
    Berhijab atau jilbab merupakan penerapan kaum muslimah dalam melaksanakan perintah menutup aurat. Namun dalam kesehariannya, mereka memilih berjilbab ketika hendak pergi ke luar rumah saja
  • Berjilbab Tapi Modelnya Potongan, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 09:43 WIB
    Sebagai seorang muslimah, hijab merupakan penjaga harga diri dan potret kemuliaannya. Sebagai perempuan yang memiliki identitas muslimah sejati serta bisa menjaga aurat dan menutup pintu kenistaan atas dirinya
  • Beda Pendapat Ulama tentang Definisi Hadis Qudsi: Apa Bedanya dengan Al-Quran?
    Hikmah
    Kamis, 23 November 2023 - 09:15 WIB
    Al-Jurjani dalam kitab at-Tarifat menjelaskan, hadis qudsi adalah hadis yang secara makna datang dari Allah, sementara redaksinya dari Rasulullah SAW.
  • Kapan Seorang Muslimah Boleh Membuka Hijabnya?
    Muslimah
    Selasa, 06 September 2022 - 13:12 WIB
    Dalam keseharian, terkadang sebagian kaum muslimah memilih menggunakan jilbab atau hijab ketika hendak pergi ke luar rumah saja. Sedangkan saat beraktivitas di lingkungan rumah, sebagian dari mereka memilih untuk tidak mengenakan jilbab. Bolehkah demikian?
  • Memandang Lelaki Dibalik Jilbab, Bolehkah?
    Muslimah
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 06:35 WIB
    Perempuan muslimah pun tak luput dari jerat pandangan mata, hingga terpesona atau setidaknya penasaran dengan sosok memukau bernama lelaki. Tak jarang pula, ada kaum Hawa ini yang memandang lawan jenisnya di balik kerudungnya. Bolehkah?
  • Hukum Nikah Beda Agama dalam Islam yang Wajib Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Minggu, 20 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Pernikahan beda agama kembali menjadi perbincangan di masyarakat, lantas bagaimana sebenarnya hukum pernikahan berbeda agama tersebut dalam Islam?
  • Jilbab dan Hijab dalam Pandangan Islam, Mengapa Diwajibkan?
    Tausiyah
    Sabtu, 01 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Syeikh Ahmad Al-Mishri (ulama Mesir yang menetap di Jakarta) mengulas tentang hukum jilbab yang belakangan ramai diperdebatkan umat muslim di Indonesia. Simak penjelasannya.