Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol

  • Amalan Doa Minum Obat...
    Tips
    Minggu, 18 Juli 2021 - 15:41 WIB
    Di tengah pandemi saat ini mungkin banyak kaum muslimin mengonsumsi obat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berikut amalan doa minum obat agar tidak menjadi racun.
  • Doa Ketika Minum Air...
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:59 WIB
    Doa ketika akan minum air zamzam ini hendaknya diamalkan, terutama oleh jemaah haji yang tengah menjalankan ibadah haji.Namun doa ini juga bisa diamalkan oleh setiap muslim yang akan minum air zamzam juga.
  • Amalan Minum Susu Putih...
    Tips
    Senin, 09 Agustus 2021 - 16:59 WIB
    Di antara kebiasaan orang-orang saleh ketika memasuki awal Tahun Hijriyah mereka meminum susu putih pada malam 1 Muharram (malan Tahun Baru).
  • Hukum Memakai Bulu Mata...
    Muslimah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 10:15 WIB
    Hukum memakai bulu mata palsu menurut Islam penting diketahui kalangan muslimah, sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengaplikasikannya.
  • Hukum Menunda Zakat...
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • Adab Minum Air Putih...
    Tips
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 21:03 WIB
    Air adalah salah satu karunia besar Allah untuk kelangsungan hidup manusia. Agar air yang kita minum menjadi berkah ada baiknya kita mengamalkan adab berikut.
  • Gus Baha Jelaskan Hukum...
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 22:45 WIB
    Ulama ahli Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin) menjelaskan hukum utang di bank yang banyak terjadi di Indonesia. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Hukum Minum Air Kencing...
    Tausyiah
    Rabu, 13 September 2023 - 14:23 WIB
    Hukum air kencing unta akan berbeda di setiap mazhabnya. Terlebih air kencing unta, mungkin adalah salah satu bahan yang paling tidak biasa untuk dibahas dalam konteks hukum agama.
  • Hukum Perceraian dalam...
    Tausyiah
    Selasa, 01 November 2022 - 12:20 WIB
    Suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian dalam Islam, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah Subhanahu wa Taala.
  • Hukum Bacaan Idgham...
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 20:28 WIB
    Hukum bacaan idgham mutamatsilain adalah apabila ada huruf yang bertemu huruf yang sama yang juga memiliki makhroj dan sifat yang sama, huruf yang pertama berharakat sukun dan huruf yang kedua berharakat.
  • Hukum Menonton Konser...
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:24 WIB
    Hukum menonton konser menjadi salah satu hukum yang perlu diketahui oleh umat Islam. Sebab dengan mengetahuinya, menjadikan seorang muslim tidak lagi salah mengartikannya.
  • Mad Tamkin: Pengertian,...
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:17 WIB
    Mad Tamkin adalah salah satu cabang ilmu tajwid dari bacaan Mad. Cara membaca Mad Tamkin ini wajib dipahami umat muslim supaya tidak keliru saat tilawah Al-Quran.
  • Bagaimana Hukum Berkurban...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juni 2024 - 12:30 WIB
    Bagaimana hukum kurban untuk orang yang meninggal dunia? Apa dalil dan syarat-syaratnya? Begini penjelasan syariat Islam tetang hal tersebut.
  • Hukum Makan Sahur bagi...
    Tausyiah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Menurut Dr Nashir, sahur hukumnya adalah mustahab (disunnahkan) bagi orang yang berpuasa karena Nabi SAW: Bersahurlah kalian karena dalam bersahur tersebut terdapat keberkahan..
  • Hukum Menunda Kehamilan...
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 09:36 WIB
    Kian marak pasangan suami istri yang menunda kehamilan atau menunda-nunda untuk memiliki momongan. Banyak alasan mengemuka, salah satunya karena belum siap secara materi, alasan istri masih bekerja dan lain sebagainya.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 13:32 WIB
    Ayat-ayat hukum tasyri tidak sampai sepersepuluh dari Al Quran, itu pun dikumpulkan dengan ayat-ayat tentang aqidah dan hati yang disertai juga dengan janji dan ancaman berkaitan erat dengan seluruh arahan-arahan Al Quran.
  • Hukum Tajwid Surat An...
    Tips
    Minggu, 10 Desember 2023 - 13:16 WIB
    Hukum tajwid An Nur ayat yang ke-30 akan dibahas dalam artikel dibawah ini. Membaca Al Quran dengan tajwid yang benar adalah hal yang dianjurkan dalam ajaran Islam.
  • Ushul al-Fiqh: 12 Rumus...
    Hikmah
    Jum'at, 27 September 2024 - 13:02 WIB
    Ushul al-fiqh dalam pengertian ini dapat dipandang sebagai sejenis filsafat hukum Islam karena sifatnya yang teoretis. Ia membentuk bagian dinamis dari keseluruhan ilmu fiqih.
  • Pendapat UAH Tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 23 November 2021 - 14:23 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (UAH) mempunyai pendapat tentang musik yang ramai diperbincangkan kaum muslimin. Benarkah musik itu haram? Mari kita simak keterangan UAH berikut.
  • Memahami Hukum Islam...
    Tausyiah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:05 WIB
    Anehnya bila golongan yang ditanya --Muhammadiyah, Persis, NU jawabannya satu. Semua golongan itu sepakat (ijma) untuk menyimpan uangnya di bank dan memanfaatkan bunganya.