Topik Terkait: Adab Murid Kepada Guru

  • 12 Perkara Dasar Adab Murid kepada Guru
    Tausyiah
    Jum'at, 26 November 2021 - 13:45 WIB
    Islam sangat memuliakan ilmu sehingga para guru atau Muallim wajib kita hormati dan muliakan. Berikut 12 perkara dasar adab murid kepada guru.
  • Adab Menasihati: Pilih Waktu yang Tepat
    Hikmah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasihat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Lantas bagaimana adab memberi nasihat ini?
  • Adab Saat Bepergian yang Sering Terlupakan
    Tips
    Rabu, 12 Juli 2023 - 13:09 WIB
    Saat kita bersafar atau bepergian ada adab-adab yang harus diperhatikan, bahkan terkadang adab bersafar ini sering dilupakan atau dilalaikan. Padahal, Islam mengajarkan ada adab-adab yang mesti diperhatikan saat kita bersafar tersebut.
  • Mengapa Adab Lebih Penting daripada Ilmu? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 22 Januari 2024 - 11:15 WIB
    Dalam Islam, akhlak dan adab ditempatkan Allah Taala sebagai hal yang paling utama. Sebab, kepintaran tidak ada artinya apabila seseorang tidak memiliki adab (etika)
  • Berkat Bakti kepada Orangtua, Syekh At-Turmudzi Jadi Murid Nabi Khidir
    Hikmah
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 05:07 WIB
    Selain Uwais Al-Qarni yang terkenal di langit, ada tokoh lain yang sukses mengabdikan hidupnya berbakti kepada orangtua (birrul walidain). Beliau adalah Syekh At-Turmudzi.
  • Beginilah Hubungan dan Adab Suami Istri di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Rabu, 13 April 2022 - 09:31 WIB
    Menjaga dan menahan syahwat juga harus diperhatikan sejak fajar hingga terbenam matahari, karena hal ini termasuk salah satu adab bagi suami istri dalam menjalani hari-hari di bulan Ramadhan
  • 12 Adab Ketika di Masjid, Yuk Perhatikan!
    Tips
    Senin, 26 April 2021 - 11:15 WIB
    Sebagai tempat ibadah umat Islam, masjid menempati kedudukan yang tinggi sebagai tempat terbaik dan yang mulia. Karena itu, hendaknya seorang muslim yang berada di dalam masjid memperhatikan adab-adabnya.
  • Adab dan Doa Ketika Berada di Tempat Baru atau Berwisata
    Tips
    Sabtu, 13 April 2024 - 07:15 WIB
    Agar masuk tempat wisata maupun hotel tidak was-was dengan makhluk tak kasat mata, dianjurkan berdoa agar tidak diganggu makhluk halus dan memperhatikan adab-adab ke tempat baru tersebut.
  • Suka Berdandan dan Berhias? Jangan Lupa Perhatikan Adab-adabnya
    Muslimah
    Rabu, 22 November 2023 - 16:59 WIB
    Adanya adab berhias dalam Islam ini semata-mata untuk memberikan kebaikan sekaligus menunjukkan salah satu karakter atau ciri-ciri beriman kepada Allah, terutama untuk kaum muslimah.
  • Adab Membaca Al Quran saat Tadarus di Bulan Ramadan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 07 Maret 2024 - 14:30 WIB
    Salah satu amalan prioritas di bulan Ramadan adalah membaca atau tadarus Al Quran. Agar amalan ini diterima, maka ada adab yang perlu diperhatikan saat membaca Al Quran tersebut. Kenapa adab ini sangat penting?
  • 7 Adab Makan Sesuai Kebiasaan Rasulullah SAW
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 10:12 WIB
    Adab makan Rasulullah SAW sudah sangat cukup untuk dijadikan teladan bagi seluruh umat manusia. Nabi Muhammmad SAW adalah paket lengkap sebagai teladan bagi manusia, termasuk adab saat makan.
  • Adab Berhias bagi Muslimah yang Penting Diketahui
    Muslimah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 09:35 WIB
    Sebagai muslimah, sudah sepatutnya kita memahami adab dalam berhias. Adanya adab berhias dalam Islam ini semata-mata untuk memberikan kebaikan sekaligus menunjukkan salah satu karakter atau ciri-ciri beriman kepada Allah.
  • Adab Imam dan Makmum dalam Sholat Berjamaah
    Tips
    Minggu, 12 September 2021 - 21:13 WIB
    Adab imam dan makmum dalam sholat berjamaah penting untuk diketahui kaum muslimin. Sebagaimana diriwayatkan, sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendirian 27 derajat.
  • 6 Adab Berzikir yang Penting Diketahui Seorang Muslim
    Tips
    Senin, 05 September 2022 - 11:14 WIB
    Selayaknya ibadah lain, tentu ada adab yang harus kita penuhi ketika berzikir. Mengutip pendapat Sayyid Ustman Rahimahullah dalam kitabnya Maslakul Akhyr f al-Adiyyah wal Adzkr al-Wridah an Raslillah mencantumkan syarat dan adab dalam berdoa.
  • Adab Saat Menguap yang Sering Dilalaikan, Yuk Amalkan!
    Tips
    Sabtu, 02 September 2023 - 09:30 WIB
    Menguap tidak dilarang dalam Islam namun dalam kesehariannya terdapat adab-adab yang harus diterapkan oleh umat muslim. Apa saja adab-adabnya?
  • Seperti Ini Islam Mengatur Adab dalam Berteman
    Muslimah
    Selasa, 29 Juni 2021 - 07:09 WIB
    Salah satu hubungan sosial dalam kehidupan kita adalah pertemanan. Dalam Islam, teman harus diperlakukan dengan baik sesuai adab yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • 4 Adab Berbicara dengan Lawan Jenis, Nomor Terakhir Tundukan Pandangan
    Tips
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:51 WIB
    Adab dan etika berbicara dengan lawan jenis sangat diperhatikan dalam Islam. Apalgi antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya.
  • Kadang Terlewatkan, Ini Adab dan Syarat Ketika Berzikir
    Muslimah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 08:41 WIB
    Zikir merupakan sebuah amalan ringan yang sangat mudah dilakukan namun memiliki keutamaan yang paling besar Seperti melaksanakan ibadah lainnya, dalam berzikir tentu ada adab yang harus kita penuhi
  • Adab Saat Menguap Lakukan dengan 3 Cara Ini
    Tips
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 08:50 WIB
    Menguap menurut KBBI adalah mengangakan mulut dengan mengeluarkan napas karena mengantuk. Menguap tidak dilarang dalam Islam namun dalam kesehariannya terdapat adab-adab yang harus diterapkan oleh umat muslim.
  • Adab dan Amalan Menyambut Kelahiran Bayi
    Hikmah
    Selasa, 04 Februari 2020 - 15:06 WIB
    Kelahiran bayi merupakan karunia besar Allah Taala untuk para orangtua. Tak bisa dilukiskan betapa bahagianya ketika sang bayi lahir ke dunia. Berikut amalan menyambutnya.