Topik Terkait: Rufaidah Al ASlamiyah

  • Rufaidah al-Aslamiyah : Muslimah Pertama Inspirator Ilmu Keperawatan
    Muslimah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 21:19 WIB
    Para shahabiyah (perempuan muslimah yang menjadi sahabat Rasulullah) memiliki peran penting dalam sejarah dan peradaban Islam. Dan di antara para shahabiyah ini, adalah Rufaidah al-Aslamiyah.
  • Waktu Terbaik Membaca Surat Al-Waqiah, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 20:01 WIB
    Waktu terbaik membaca Surat Al Waqiah disebutkan dalam sejumlah hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, yakni pada pada malam hari dan saat shalat subuh
  • Manfaat Membaca Al-Kahfi Setiap Hari secara Rutin
    Tips
    Senin, 07 November 2022 - 16:57 WIB
    Manfaat membaca Al-Kahfi setiap hari secara rutin boleh jadi banyak. Apalagi dengan membaca Al-Quran saban hari. Hanya saja, tidak ada tuntunan khusus tentang membaca surat Al-Kahfi secara rutin setiap hari tersebut.
  • Surat Al-Waqiah Lengkap Arab Latin dan Terjemahan
    Tips
    Rabu, 14 Juni 2023 - 23:25 WIB
    Surat Al-Waqiah lengkap Arab latin dan terjemahan sangat dianjurkan dibaca kaum muslim setiap hari. Surat ini memiliki keutamaan membuka pintu rezeki dan penghalang kemiskinan.
  • 4 Keutamaan Surat Al-Fath dan Khasiatnya
    Tips
    Minggu, 26 Juni 2022 - 22:17 WIB
    Surat Al-Fath (kemenangan) merupakan surat ke-48 dalam Al-Quran terdiri atas 29 ayat. Surat ini memiliki keutamaan dan khasiat yang luar biasa.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan Surat Al Anfal : Rutin Membacanya akan Dicintai Semua Orang
    Hikmah
    Jum'at, 22 September 2023 - 10:41 WIB
    Keutamaan surat Al Anfal penting untuk diketahui umat muslim, karena khasiat dan keutamaan surat Al-Anfal ini dapat menjadi wasilah agar pembacanya dicintai oleh semua orang.
  • Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah 3 Kali Sehari
    Tips
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 20:12 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al-Waqiah 3 kali sehari sangat luar biasa, terutama bagi yang rutin mengamalkannya maka ia tidak akan ditimpa kefakiran atau kemiskinan selamanya.
  • Keutamaan Surat Al Waqiah, Dijauhkan dari Kemiskinan hingga Dapat Syafaat
    Hikmah
    Jum'at, 26 April 2024 - 15:43 WIB
    Banyak keutamaan surat Al Waqiah serta faedah bila rutin membacanya. Surat ini dikenal sebagai surat Al-Quran yang mustajab mengatasi kesulitan ekonomi.
  • Cara Gus Baha Mengamalkan Surat Al-Fatihah 313 Kali
    Tausyiah
    Rabu, 30 November 2022 - 13:21 WIB
    Cara Gus Baha mengamalkan surat Al-Fatihah 313 kali sebagai zikir rutin atau zikir dalam momen tertentu sangat baik dicontoh. Bilangan 313 ini, kata Gus Baha mengacu pada jumlah Ahlu Badar.
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Al Kautsar 1 sampai 3
    Tips
    Rabu, 07 Juni 2023 - 17:42 WIB
    Terdapat sejumlah hukum bacaan tajwid di surat Al Kautsar ayat 1 sampai 3 yang perlu diperhatikan umat muslim ketika membaca ayat suci Al Quran.
  • Kisah Imam Abdullah Bin Alwi Al-Haddad, Pengarang Ratib Al-Haddad
    Hikmah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 17:43 WIB
    Kisah Imam Abdullah Bin Alwi Al-Haddad, pengarang Ratib Al-Haddad (1634-1720) layak kita jadikan hikmah. Beliau dikenal sebagai ulama besar di Yaman pada zamannya.
  • 20 Bacaan Surat Pendek dalam Al-Qur’an, Mudah Dihafal dan Diajarkan
    Tips
    Minggu, 14 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Bacaan surat pendek dalam Al-Quran menjadi informasi penting untuk diketahui. Karena bacaannya yang tidak terlalu banyak, surat-surat ini bisa dengan mudah dihafal atau diajarkan kepada orang lain.
  • 4 Tingkatan Membaca Al-Quran, Kamu yang Mana?
    Tausiyah
    Kamis, 13 Februari 2020 - 21:37 WIB
    Sebelum mendalami Al-Quran, umat Islam perlu mengetahui tingkatan dalam membaca Al-Quran. Berikut 4 tingkatan membaca Al-Quran.
  • Bacaan 5 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah, Lengkap dengan Latin dan Terjemahan
    Tips
    Selasa, 28 November 2023 - 16:42 WIB
    Surat Al Baqarah menyimpan banyak keutamaan. Salah satu keutamaan besar didapat dari tiga ayat terakhir, dimana jika tiga ayat tersebut rutin dibacakan setiap malam menjelang tidur maka rumah orang yang membaca tidak akan didekati setan.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis Keutamaan Membacanya
    Hikmah
    Kamis, 25 November 2021 - 21:15 WIB
    Surat Al-Kahfi (Surat ke-18 dalam Al-Quran) adalah surat yang memiliki banyak keistimewaan. Berikut Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis keutamannya.
  • Kisah Ngerinya Hari Kiamat pada Surah Al-Qariah
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:02 WIB
    Kisah ngerinya hari Kiamat pada Surah Al-Qariah perlu ditadabburi umat muslim sebagai peringatan untuk menyiapkan bekal iman dan takwa. Berikut gambarannya.
  • Nasihat Imam Al-Ghazali tentang Rezeki
    Tausiyah
    Sabtu, 05 Oktober 2019 - 16:18 WIB
    Manusia memang diperintahkan oleh Allah Taala untuk berikhtiar, berusaha dan bekerja untuk mencari nafkah.
  • Abd-al Rahman al-Sufi, Astronom Muslim yang Mengindentifikasi 100 Bintang Baru
    Dunia Islam
    Sabtu, 13 November 2021 - 14:21 WIB
    Abd-al Rahman al-Sufi adalah astronom muslim yang mengindentifikasi 100 bintang baru, bersama dengan deskripsi dan ilustrasi pertama yang diketahui dari galaksi Andromeda.
  • Lima Keutamaan Membaca Al-Qur’an
    Tausyiah
    Minggu, 24 Maret 2024 - 03:15 WIB
    Bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Quran, seperti yang difirmankan Allah SWT dalam Al Quran Surat ayat 185. Kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam melalui perantara malaikat Jibril pada malam Qadr.
  • 3 Keutamaan Membaca Surat Al-Insyirah dan Khasiatnya
    Tips
    Minggu, 25 September 2022 - 19:33 WIB
    Surat Al-Insyirah merupakan surah ke-94 dalam Al-Quran dan terdiri dari 8 ayat. Surat ini lebih dikenal dengan sebutan Surah Alam Nasyrah yang terdapat di awal surat.