Topik Terkait: Sirah Nabawi

  • Pentingnya Mendidik Anak Tentang Sirah Nabawiyah
    Muslimah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 17:53 WIB
    Orang tua memiliki peran penting dalam mengenalkan Islam kepada anak. Salah satunya adalah mengenalkan sirah nabawiyah (sejarah Nabi Muhammad Shallalahualaihi wa sallam).
  • Masjid Nabawi Dibangun di Atas Tanah Bekas Kuburan Orang-Orang Musyrik
    Hikmah
    Minggu, 16 April 2023 - 17:12 WIB
    Masjid Nabawi didirikan di atas tanah bekas kuburan orang-orang musyrik. Di atas tanah itu pula ada beberapa pohon kurma. Rasulullah pun memerintahkan agar kuburan ini digali dan tulang-belulangnya dikeluarkan.
  • Masjid Nabawi Berikan Bantuan 15 Kursi Roda untuk Jemaah Haji Indonesia
    Dunia Islam
    Rabu, 14 Juni 2023 - 20:30 WIB
    Pengurus Masjid Nabawi menyerahkan 15 kursi roda kepada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.
  • Kisah Abu Dzar Al-Ghifari, Rela Menempuh Perjalanan Jauh Demi Bertemu Rasulullah
    Hikmah
    Selasa, 15 September 2020 - 21:56 WIB
    Abu Dzar Al-Ghifari radhiallahu anhu bernama asli Jundub bin Janadah. Beliau adalah seorang yang tajam pengamatannya tentang kebenaran. Berikut kisah pertemuannya dengan Rasulullah.
  • Arab Saudi Izinkan Akad Nikah di Masjidilharam dan Masjid Nabawi
    Dunia Islam
    Senin, 29 Januari 2024 - 08:37 WIB
    Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengizinkan pelaksanaan akad nikah di Masjidilharam Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Silakan bagi muslim yang berminat.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Abu Dzar Al-Ghifari yang Membuat Rasulullah Takjub dan Bangga
    Hikmah
    Rabu, 16 September 2020 - 05:05 WIB
    Ketika Nabi Muhammad berdakwah secara sembunyi-sembunyi, sahabat yang satu ini justru tampil terang-terangan mengemban dakwah Islam di hadapan kaum musyrik Mekkah.
  • Profil Sheikh Abdur Rahman Al Huthaify, Mantan Imam Masjid Nabawi yang Bacaan Qurannya Sangat Merdu
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 12:11 WIB
    Sheikh Abdur Rahman Al-Huthaify adalah seorang ulama dan qari asal Arab Saudi yang terkenal karena keterampilannya dalam membaca Al-Quran dengan suara yang merdu dan penuh penghayatan.
  • Sejarah Diwajibkannya Salat, Awalnya Nabi Diajarkan 2 Rakaat Oleh Jibril
    Hikmah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Jauh sebelum peristiwa Isra dan Mikraj pada tahun ke-10 kenabian (ada yang menyebut tahun ke-8 masa kenabian), ibadah salat sudah diwajibkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
  • 4 Masjid yang Ada di Sekitar Masjid Nabawi
    Dunia Islam
    Senin, 02 Januari 2023 - 17:17 WIB
    Masjid yang ada di sekitar Masjid Nabawi cukup banyak. Sebagian dari masjid-masjid itu bersejarah. Berikut ini empat di antaranya, yakni:Masjid Ali bin Abi Thalib, Masjid Abu Bakar, Masjid Ghamamah, dan Masjid Imam Bukhari.
  • Ribuan Jemaah Haji Indonesia Salat Jumat Perdana di Masjid Nabawi
    Dunia Islam
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 15:52 WIB
    Ribuan jemaah haji dari berbagai negara hari ini melaksanakan Salat Jumat perdana di Masjid Nabawi. Tampak jemaah haji Indonesia berangsur-angsur mulai memadati Madinah.
  • Gelombang Panas Landa Madinah, Masjid Nabawi Lakukan Pengaturan Suhu Udara
    Dunia Islam
    Senin, 17 Juli 2023 - 13:21 WIB
    Cuaca yang panas seakan membakar Kota Madinah pada saat ini. Di sisi lain, paling tidak 700.000 orang jemaah yang selesai menunaikan ibadah haji diharapkan mendatangi tempat suci kedua Islam tersebut.
  • Menteri Hindu Memasuki Masjid Nabawi Viral, Bagaimana Hukumnya?
    Dunia Islam
    Selasa, 16 Januari 2024 - 14:45 WIB
    Video Menteri Persatuan Urusan Minoritas India, Smriti Irani, memasuki lingkungan Masjid Nabawi lumayan viral di media sosial, belakangan ini. Bagaimana hukumnya?
  • Urgensi Kemurnian Doa Hanya kepada Allah Semata Menurut Imam Masjid Nabawi Abdul Muhsin
    Tausyiah
    Selasa, 28 November 2023 - 16:03 WIB
    Imam dan Khotib Masjid Nabawi, Dr Abdul Muhsin bin Muhammad Al-Qasim, dalam bukunya berjudul Doa mengatakan lantaran agungnya kedudukan doa, Allah mengawali kitab-Nya dengan doa.
  • 5 Pos Jaga PPIH di Sekitar Masjid Nabawi Siap Bantu Jemaah Haji Indonesia
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Mei 2023 - 12:58 WIB
    Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah menyiapkan lima pos jaga di sekitar Masjid Nabawi, Madinah.
  • Mengenal Syaikh Abu Al-Hasan Ali An-Nadwi, Salah Satu Ulama dan Penulis Terbaik Sirah Nabawiyah
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Juni 2021 - 13:15 WIB
    Di antara ulama di jaman modern yang keilmuannya diakui oleh para ulama se-dunia adalah Syaikh Abu Al-Hasan Ali An-Nadwi Rha.a. Beliau adalah ahli ilmu yang juga penulis terbaik sirah nabawiyah.
  • Cara Makan Rasulullah SAW dan Lauk Pauk yang Disukai Beliau
    Tausyiah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 19:23 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) adalah sosok teladan dalam segala hal. Tidak ada dalam diri seseorang yang tersimpan kesempurnaan kecuali ada pada diri Rasulullah SAW.
  • Cincin Rasulullah SAW dan Cara Memakainya
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 16:21 WIB
    Selain pakaian gamis, sorban, imamah dan celak mata, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam ternyata menyukai cincin. Berikut cincin Nabi dan cara memakainya.
  • Sebelum Wafat, Rasulullah SAW Sempat Pingsan Sembari Ingatkan Salat
    Hikmah
    Jum'at, 11 September 2020 - 16:44 WIB
    Tiada kedukaan paling berat dialami ahli bait dan para sahabat kecuali berpulangnya kekasih Allah yang mulia Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Alam semesta dan para Malaikat pun ikut berduka.
  • Kisah Hikmah : Pengalaman Pertama Qailah binti Makhramah Masuk Masjid Nabawi
    Hikmah
    Minggu, 05 Mei 2024 - 12:53 WIB
    Inilah cerita seorang shahabiyat (sahabat perempuan Rasulullah) yang bernama Qailah binti Makhramah radhiyallahu anha tentang pengalaman pertamanya masuk Masjid Nabawi.
  • Cara Berjalan Rasulullah dan Sikap Duduk yang Mengagumkan
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 22:41 WIB
    Tidak ada kisah paling indah untuk diceritakan selain kisah manusia paling agung Al-Musthafa Sayyidina Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.