Topik Terkait: Lupa Berniat Puasa

  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dengan Qadha Puasa Ramadhan?
    Muslimah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 15:15 WIB
    Mulai besok (3/2), umat Islam disunnahkan melaksanakan puasa sunnah Rajab. Namun, bolehkah melaksanakan puasa Rajab ini sekaligus menggabungkannya dengan qadha puasa Ramadhan?
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Puasa Sunnah Syawal
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • Bolehkah Puasa Syawal Jika Masih Utang Puasa Ramadan?
    Tausyiah
    Kamis, 25 April 2024 - 05:15 WIB
    Bolehkah puasa Syawal jika masih utang puasa Ramadan? Pertanyaan ini kerap mengemuka setelah hari Raya Idulfitri atau saat memasuki bulan Syawal.
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Rajab dan Qadha Puasa Ramadhan?
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 17:43 WIB
    Puasa qadha Ramadhan tergolong puasa wajib yang wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dengan niat Saya niat berpuasa qadha Ramadhan fardlu karena Allah.
  • Bayar Utang Puasa Ramadan, Begini Bacaan Niat Puasa Qadhanya
    Tips
    Sabtu, 06 Januari 2024 - 14:31 WIB
    Bulan Ramadan tinggal beberapa bulan lagi, bagi umat muslim yang masih memiliki utang puasa diharuskan segera membayar atau menggantinya (qadha puasa).
  • Bolehkah Menggabungkan Puasa Syawal dan Puasa Sunnah Senin-Kamis Sekaligus?
    Muslimah
    Minggu, 08 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Bolehkah menggabungkan niat dua puasa sunnah? seperti puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal dengan puasa sunnah Senin-Kamis? Bagaimana hukumnya?
  • Benarkah Bekam Membatalkan Puasa?
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 07:49 WIB
    Bekam juga disebut hijamah adalah penyedotan (darah) dengan membuat irisan kecil pada permukaan kulit secara sengaja untuk mengeluarkan darah dari tubuh melalui pembuluh darah (yang dilukai). Benarkah tindakan ini membatalkan puasa?
  • Puasa Adalah Sebuah Proses Perubahan
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 17:44 WIB
    Allah subhanahu wataala mengingatkan manusia untuk memacu dirinya dalam sebuah proses puasa di bulan suci Ramadan selama kurang lebih 30 hari lamanya.
  • Berikut 6 Lafal Niat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 04:05 WIB
    Salah satu rukun puasa adalah niat yang waktunya ditentukan yaitu setelah masuknya waktu Maghrib sampai sebelum masuknya waktu Subuh. Berikut 6 versi lafal niat puasa Ramadhan..
  • Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharam, Catat Jadwalnya
    Tausyiah
    Minggu, 23 Juli 2023 - 21:34 WIB
    Keutamaan puasa Asyura 10 Muharam tidak sekadar ibadah sunnah, namun ada fadhilah besar bagi yang mengerjakannya. Puasa ini merupakan puasa paling afdhol setelah puasa Ramadhan.
  • Puasa Syawal, Pahalanya Seperti Puasa Setahun Penuh
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Puasa Syawal adalah puasa 6 hari di bulan Syawal. Puasa ini hukukmnya sunnah. Puasa Syawal biasanya dilakukan segera setelah hari raya Idul Fitri.
  • Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab
    Tausiyah
    Kamis, 05 Maret 2020 - 09:30 WIB
    Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memuliakan bulan Rajab. Salah satu bentuk pengistimewaannya adalah menghidupkan puasa dan menjauhkan diri dari maksiat
  • 5 Hakikat Puasa Ramadhan Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 28 Maret 2022 - 17:30 WIB
    Imam Al-Ghazali membagi lima hakikat puasa bagi orang khusus (shaum al-khusus) yang patut kita cermati dan teladani dengan baik agar kualitas puasa kita mencapai derajat yang tinggi.
  • Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Januari 2020
    Tausiyah
    Senin, 06 Januari 2020 - 17:10 WIB
    Tidaklah seorang hamba yang berpuasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim.
  • 3 Tingkatan Puasa Menurut Imam Al-Ghazali, Terakhir Puasa Paling Khusus
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 11:44 WIB
    Menurutnya, yang dimaksud puasa umum ialah menahan perut dan kemaluan dari memenuhi kebutuhan syahwat. Puasa khusus ialah menahan telinga, pendengaran, lidah, tangan, kaki, dan seluruh anggota tubuh dari dosa.
  • Hukum Tidak Mengganti Puasa Ramadan Bagi Wanita
    Muslimah
    Sabtu, 17 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Hukum tidak mengganti puasa Ramadan bagi wanita adalah haram, bila sengaja meninggalkan atau lalai dan tidak dibarengi dengan adanya udzur syari.
  • Dalil Puasa Rajab dan Pandangan Hukumnya Menurut Ulama
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:59 WIB
    Dalil puasa Rajab dan pandangan hukumnya menurut ulama penting kita ketahui, sebelum melaksanakan puasa sunnah yang akan dilaksanan di Bulan Rajab.
  • Makna Puasa untuk Mencapai  Derajat Takwa
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 03:00 WIB
    Makna puasa disampaikan Allah Subhanahu wa taala secara langsung dalam Al Quran agar membuat manusia menjadi bertakwa. Namun, hingga kini masih banyak umat Islam yang terjebak pada definisi puasa yang hanya sebatas menahan rasa lapar dan haus.
  • Tips untuk Muslimah agar Melaksanakan Puasa Terasa Ringan
    Muslimah
    Selasa, 12 April 2022 - 12:25 WIB
    Melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, bisa dibilang susah-susah gampang, termasuk bagi kalangan muslimah. Apalagi bila kondisi cuaca terasa panas menyengat. Godaan selalu datang tak terbendung.
  • Puasa Nazar dan Bacaan Niatnya Lengkap Huruf Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 13:15 WIB
    Puasa Nazar adalah puasa yang wajib dilakukan oleh seseorang karena nazar atau janji yang dilakukan. Sehingga, jika nazar atau janjinya terpenuhi ia wajib berpuasa, tetapi jika janji atau nazarnya tidak terpenuhi maka tidak wajib berpuasa.