Topik Terkait: Coronavirus

  • Kisah Penyerangan Kabah: Abrahah Binasa oleh Virus Mematikan
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Para ahli tertarik menganalisis surah al-Fil, khususnya pada tiga ayat terakhir, karena mereka menilai tersirat sebuah isyarat ilmiah yang cukup penting.
  • Tuntunan Lengkap Muhammadiyah Tentang Ibadah Dalam Kondisi Darurat
    Tips
    Kamis, 14 Mei 2020 - 20:31 WIB
    Berikut adalah tuntutan salat idul fitri dalam kondisi darurat pandemi covid-19 berdasar fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  • Kitab Kuning Beri Panduan Pelaksanaan Ibadah Muslim
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 02:19 WIB
    Guru Besar Bidang Kajian Keislaman UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Hj Sri Mulyati menyatakan persoalan wabah sudah dibahas oleh ulama-ulama terdahulu.
  • Bukan Ini Kali Saja Wabah Menyerang Kota Suci Makkah
    Hikmah
    Senin, 27 April 2020 - 03:45 WIB
    Pada tahun 1449 M Kota Suci Makkah juga pernah diserang wabah penyakit. Ibnu Hajar mencatat, wabah tersebut mengakibatkan korban meninggal mencapai 1.700 orang.
  • Ajakan Doa Prof Ali Jumah Menghadapi Cobaan Wabah Corona
    Tausyiah
    Rabu, 22 April 2020 - 10:20 WIB
    Anggota Majma Al-Buhuts Al-Islamiyyah, Prof Ali Jumah, mengajak umat Islam untuk berdoa menghadapi wabah Corona atau Covid-19. Begini doanya.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Panduan Lengkap Kaifiat Takbir dan Salat Id Berdasar Fatwa MUI
    Tausyiah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 21:48 WIB
    Daerah yang kasus corona terkendali boleh berjamaah, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Di daerah yang masih rawan diminta salat di rumah.
  • Kiamat Sudah Dekat: Banyak Kematian Mendadak, Virus Mengganas
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Februari 2021 - 07:02 WIB
    Kiamat sudah dekat. tanda-tandanya sebagaimana diisyaratkan banyak hadis Nabi sudah banyak bermunculan. Salah satu tanda itu adalah banyak terjadi kematian mendadak.
  • Gus Mus: Hasil Taubat Diketahui dari Kerinduan yang Muncul
    Tausyiah
    Rabu, 22 April 2020 - 10:13 WIB
    Hasil taubat dapat diketahui dari kerinduan yang muncul, yaitu apakah merindukan tempat-tempat ibadah atau justru kerinduan untuk kembali ke tempat-tempat hiburan.
  • Sudah 40 Kali Haji Ditiadakan, Kini Indonesia Batalkan Kirim Jamaah
    Hikmah
    Selasa, 02 Juni 2020 - 13:52 WIB
    Pemerintah Indonesia membatalkan keberangkatan jamaah haji 1441 H/2020 M menyusul belum meredanya pandemi Covid-19. Di sisi lain Arab Saudi belum memutuskan.
  • Tak Harus di Masjid, Kang Babas: Nabi Yusuf Saja Terima Wahyu di Penjara
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 15:48 WIB
    Sayyidah Rabiah al-Adawiyah juga bermunajat di kamar. Nabi Yusuf mendapatkan wahyu ketika berada di penjara dan Nabi Musa ketika berada di gunung.
  • Begini Tata Cara Salat Id di Rumah, Sendiri Maupun Berjamaah
    Tausyiah
    Kamis, 07 Mei 2020 - 15:42 WIB
    Di tengah wabah corona, umat Islam bisa mengerjakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Salat Id di rumah itu, lakukan seperti salat subuh. Begini tata caranya.
  • Alternatif Lain, 7 Menit Khutbah Idul Fitri di Rumah Saat Corona
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:35 WIB
    Berikut satu lagi naskah khutbah salat idul fitri di rumah di tengah pandemi. Khutbah ini menekankan momentum menjadikan rumah laksana surga di saat pandemi.
  • Tak Ada Tarawih dan Buka Puasa Bersama, Masjid Nabawi dan Masjidil Haram Bakal Sepi
    Hikmah
    Sabtu, 18 April 2020 - 14:21 WIB
    Grand Mufti dari Kerajaan Arab Saudi, Sheikh Abdulaziz Bin Abdullah Al-Sheikh, menyerukan umat Islam untuk salat tarawih dan idul fitri di rumah gara-gara virus corona.
  • Tips Meningkatkan Spiritualitas Selama Wabah Covid-19
    Tausyiah
    Jum'at, 17 April 2020 - 14:51 WIB
    Dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Ustadz Dr H Muhammad Ziyad, MA, mengiingatkan kiat jitu dalam menghadapi wabah corona atau Covid-19.
  • Haedar Nashir: Lawan Corona Sebagai Panggilan Dakwah dan Tajdid
    Hikmah
    Kamis, 16 April 2020 - 14:18 WIB
    Jangan anggap apa yang dikerjakan Muhammadiyah bersifat praktis belaka. Semua lahir dari jiwa tauhid, iman takwa, ihsan, ilmu, dan amal saleh, kata Haedar.
  • Quraish Shihab: Bencana dari Langit, Doa Naik Membumbung ke Atas
    Hikmah
    Rabu, 22 April 2020 - 09:01 WIB
    Ulama Tafsir Indonesia, Profesor M. Quraish Shihab, mengajak umat Islam untuk berusaha, salah satunya dengan doa, dalam menghadapi wabah corona atau Covid-19.
  • Khutbah Idul Fitri 7 Menit di Rumah: Covid-19, Puasa, dan Ketaatan kepada Allah
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:31 WIB
    Berikut adalah contoh khutbah pendek, sekitar 7 menit, untuk salat idul fitri di rumah dengan tema wabah corona, puasa, dan ketaan kita kepada Allah SWT.
  • Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.