Kumpulan Artikel: Bulan Syaban (halaman 3)

  • Hadis-hadis Shahih Keutamaan dan Amalan Bulan Syaban
    Hikmah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 18:17 WIB
    Dalam Hadis shahih, Syaban disebut dengan bulan diangkatnya catatan amal manusia kepada Allah. Berikut keutamaan Syaban dalam Hadis-hadis Shahih.
  • Inilah Mengapa Rasulullah SAW Sering Puasa di Bulan Syaban
    Tausyiah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 16:09 WIB
    Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan Siti Aisyah sering berpuasa di bulan Syaban, hal ini karena perintah puasa Ramadhan turun pada bulan Syaban.
  • Amalan Nisfu Syaban yang Bisa Dilakukan Wanita Haid
    Muslimah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 11:57 WIB
    Banyak amalan di bulan Syaban yang sayang untuk dilewatkan, termasuk bagi kaum muslimah yang sedang mengalami siklus bulanan atau haid.
  • Selamat Datang Syaban 1443 H, Pintu Gerbang Ramadhan 2022
    Tausyiah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 05:13 WIB
    Malam ini insya Allah kita akan memasuki bulan Syaban 1443 Hijriyah bertepatan malam Jumat (3/3/2022). Syaban merupakan pintu gerbang atau muqaddimah bulan Ramadhan.
  • Begini Doa Bulan Syaban Sebagaimana Diajarkan Rasulullah
    Tausyiah
    Rabu, 02 Maret 2022 - 22:45 WIB
    Bulan Syaban sangat dekat dengan bulan suci Ramadhan. Umat Islam dianjurkan untuk memohon panjang umur kepada Allah SWT agar dapat mengalami Bulan Ramadhan, bulan penuh kemurahan Allah SWT.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Ini Alasan Rasulullah Menjadikan Syaban Sebagai Bulan Berpuasa
    Tausyiah
    Rabu, 02 Maret 2022 - 22:36 WIB
    Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjadikan Syaban sebagai bulan berpuasa sebelum masuknya bulan suci Ramadhan. Mengapa Rasulullah memilih bulan Syaban, bukan bulan yang lain?
  • 5 Keutamaan Bulan Syaban yang Jarang Diketahui Umat Muslim
    Hikmah
    Rabu, 02 Maret 2022 - 20:52 WIB
    Keutamaan bulan Syaban perlu diketahui umat muslim. Besok Kamis malam atau Jumat (4/3/2022) kita akan memasuki Syaban, bulan ke-8 kalender Hijriyah.
  • 3 Amalan Malam Nishfu Syaban dan Keutamaannya
    Tausyiah
    Selasa, 01 Maret 2022 - 16:47 WIB
    Selain puasa, menghidupkan malam Syaban juga sangat dianjurkan khususnya malam nisfu Syaban (pertengahan bulan Syaban) dengan memperbanyak ibadah.
  • Syaban Bulan Mensucikan Dosa, Begini Puasa yang Dicontohkah Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Selasa, 01 Maret 2022 - 16:38 WIB
    Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Syaban bulan mulia yang dihimpit di antara bulan yang mulia pula. Bulan yang di dalamnya memiliki waktu istimewa.
  • Pidato Rasulullah Jelang Ramadhan: Rezeki Kaum Mukmin Ditambah
    Tausyiah
    Sabtu, 03 April 2021 - 19:55 WIB
    Meskipun sebagian ahli menyebut hadis ini berstatus dhaif, kandungannya masih bisa diamalkan karena berkaitan dengan fadhailul amal (keutamaan amal).
  • Selamat Datang Bulan Syaban, Berikut 5 Keutamaannya
    Tausyiah
    Minggu, 14 Maret 2021 - 22:06 WIB
    Selamat datang Bulan Syaban, Marhaban Yaa Syahru Syaban. Alhamdulillah malam ini (14/3/2021) kita telah memasuki Syaban 1442 Hijriyah, bulan yang memiliki banyak keutamaan.
  • Hilal Tak Terlihat, NU:  Sya’ban 1442 H Dimulai Senin 15 Maret
    Tausyiah
    Minggu, 14 Maret 2021 - 13:32 WIB
    LF PBNU mengikhbarkan bahwa awal Syaban 1442 H dimulai Senin (15/3). Hal tersebut berdasarkan istikmal, penggenapan 30 hari bulan Rajab 1442 H karena hilal tidak terlihat.
  • Amalan Malam Nisfu Syaban, Insya Allah Malam Senin 28 Maret 2021
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Maret 2021 - 10:01 WIB
    Tak lama lagi umat Islam akan memasuki malam Nishfu Syaban (malam pertengahann Syaban). Menurut kalender hijriyah, malam nisfu Syaban akan jatuh pada Minggu malam tanggal 28 Maret 2021.