Topik Terkait: Keutamaan Surat Ad Dukhan

  • Asbabun Nuzul Al Quran Surat Ad Dukhan Ayat 10
    Hikmah
    Rabu, 31 Mei 2023 - 14:17 WIB
    Surat Ad Dukhan ayat 10 ini memiliki asbabun nuzul atau sebab turunnya ayat yang berkaitan dengan permintaan Rasulullah SAW pada Allah SAW untuk menghukum kaum kafir Quraisy.
  • 3 Keutamaan Membaca Surat Ad-Dukhan pada Malam Jumat
    Tips
    Kamis, 05 Januari 2023 - 19:39 WIB
    Membaca Surat Ad-Dhukhan pada malam Jumat termasuk sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW di samping membaca Surat Al-Kahfi. Berikut tiga keutamaannya.
  • 3 Keutamaan Surat Al-Hajj yang Jarang Diketahui
    Tips
    Selasa, 06 September 2022 - 23:53 WIB
    Keutamaan Surat Al-Hajj perlu diketahui umat muslim. Surat Al-Hajj tergolong dalam surat Makkiyah terdiri dari 78 ayat. Berikut tiga keutamaannya.
  • Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi, Disinari Cahaya Hingga Dipelihara dari Fitnah Dajjal
    Tausyiah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 21:49 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi dapat mendatangkan manfaat dan pahala berlipat ganda. Apalagi jika dibaca setiap hari atau pada malam dan Hari Jumat.
  • Surat An-Nas Lengkap Arab, Latin dan Keutamaan
    Tips
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 19:36 WIB
    Surat An-Nas lengkap Arab, latin dan keutamaan perlu diketahui umat muslim. Surat ini memiliki keutamaan besar sebagai wasilah perlindungan dari segala keburukan.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Yuk, Mengenal Berbagai Keutamaan dalam Surat At-Taubah
    Hikmah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 16:01 WIB
    Ada banyak keutamaan dan khasiat yang dimiliki surat At-Taubah. Di antaranya terletak pada dua ayat terakhirnya. Sesuai namanya, At-Taubah memiliki makna Pengampunan.
  • Surat Al-Kafirun Latin, Terjemahan, Arab Beserta Keutamaan
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 19:47 WIB
    Surat Al-Kafirun lengkap latin, terjemahan, Arab beserta keutamaan sangat dianjurkan dibaca setiap hari. Surat ini dikenal sebagai amalan pembersih dari segala kemusyrikan.
  • 4 Surat yang Dianjurkan Dibaca pada Malam Jumat Selain Yasin
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 07:25 WIB
    Selain surat Yasin, terdapat sejumlah surat yang dianjurkan dibaca pada malam Jumat. Beberapa surat tersebut memiliki keutamaan yang luar biasa kepada siapapun yang mengamalkannya.
  • Keutamaan Membaca Surat Al-Insyirah dan Al-Fil Ketika Sholat Qobliyah Subuh
    Tausyiah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 20:40 WIB
    Dalam Kitab Ianah Attholibin, para ulama menganjurkan membaca Surat Al-Insyirah (Alam Nasyroh) dan Surat Al-Fil (Alam Taro) ketika sholat qobliyah Subuh. Ini keutamaannya.
  • Mengenal 8 Keutamaan Surat Al-Fatihah, Salah Satunya Pembuka Pintu Langit
    Hikmah
    Senin, 04 September 2023 - 18:40 WIB
    Ada banyak keutamaan surat Al-Fatihah yang bisa diketahui umat Muslim. Salah satunya adalah menjadi pembuka pintu langit. Al-Fatihah adalah surat pertama dalam Al Quran.
  • Keutamaan Surat Al Kahfi di Hari Jumat dan Cara Khatam Dalam Satu Hari
    Tips
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 13:20 WIB
    Banyak keutamaan Surat Al Kahfi, apalagi membacanya di hari Jumat ini. Surat Al-Kahfi terdapat di akhir juzz 15 dan di awal juzz 16. Surat ini, termasuk dalam golongan surat Makiyyah karena diturunkan di Kota Mekkah
  • Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Beserta Waktu Terbaiknya
    Hikmah
    Senin, 18 September 2023 - 09:58 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al Wakiah salah satunya adalah dapat menjadi pembuka pintu rezeki, namun selain mengetahui keutamaannya umat muslim juga perlu tahu kapan waktu terbaik untuk membaca surat yang punya 96 ayat tersebut.
  • 4 Keutamaan Surat Al-Fath dan Khasiatnya
    Tips
    Minggu, 26 Juni 2022 - 22:17 WIB
    Surat Al-Fath (kemenangan) merupakan surat ke-48 dalam Al-Quran terdiri atas 29 ayat. Surat ini memiliki keutamaan dan khasiat yang luar biasa.
  • Surat At-Tin Lengkap Arab Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 21:47 WIB
    Surat At-Tin lengkap Arab latin, terjemahan dan keutamaan sangat baik ditadaburi dan dihafal oleh kaum muslim. Surat ini memiliki keutamaan istimewa bagi yang rutin membacanya.
  • Surat Al-Humazah Lengkap Arab Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Senin, 17 Juli 2023 - 21:53 WIB
    Berikut ini bacaan Surat Al-Humazah lengkap Arab latin, terjemahan dan keutamaan. Surat Al-Humazah merupakan surat ke-104 dalam mushaf Al-Quran, terdiri 9 ayat.
  • Doa ketika Tertimpa Musibah, Baca Surat Ad-Dukhan Ayat 12
    Hikmah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 09:48 WIB
    Surat Ad-Dukhan ayat 12, misalnya, dapat dijadikan wasilah atau doa ketika tertimpa musibah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Ad-Dukhan ayat 12.
  • 5 Keutamaan dan Manfaat Surat Asy-Syuara, Penghilang Rasa Takut dan Lelah
    Tips
    Kamis, 26 Januari 2023 - 22:44 WIB
    Keutamaan dan manfaat Surat Asy-Syuara, surat ke-26 dalam Al-Quran perlu diketahui kaum muslim. Salah satunya dapat menghilangkan rasa takut dan kelelahan.
  • Surat Ad-Dhuha Latin, Arab dan Artinya Beserta Keutamaannya
    Hikmah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 22:42 WIB
    Berikut bacaan Surat Ad-Dhuha latin, Arab dan artinya beserta keutamaannya. Surat Ad-Dhuha terdiri atas 11 ayat termasuk golongan surat Makiyyah dan diturunkan sesudah Surat Al-Fajr.
  • Rahasia dan Keutamaan 2 Ayat Terakhir Surat At-Taubah
    Tausyiah
    Rabu, 28 September 2022 - 23:29 WIB
    Di dalam Surat At-Taubah terdapat dua ayat yang memiliki fadhilah agung dan menjadi penutup dari surat tersebut. Berikut rahasia dan keutamaannya.
  • Keistimewaan Surat Al-Ashr, Isinya Singkat Tapi Fadhilahnya Dahsyat
    Hikmah
    Rabu, 17 November 2021 - 23:02 WIB
    Keistimewaan Surat Al-Ashr memiliki kandungan yang sangat agung. Meski isinya singkat tetapi fadhillahnya dahsyat. Berikut keutamaan Surat Al-Ashr.