Topik Terkait: Kedermawanan Utsman Bin Affan

  • Mimpi Bertemu Nabi dan Kronologi Terbunuhnya Utsman bin Affan
    Hikmah
    Senin, 23 November 2020 - 17:08 WIB
    Tidak berselang lama, masuk seseorang dari Bani Sadus yang dijuluki sebagai AlMaut Al-Aswad (Kematian hitam), lalu dia mencekik beliau dan cekikannya seperti tebasan pedang.
  • Kisah Teladan Utsman bin Affan, Khalifah Ketiga Khulafaur Rasyidin
    Hikmah
    Jum'at, 08 September 2023 - 20:59 WIB
    Utsman bin Affan radhiyallahu anhu adalah sahabat Nabi yang juga khalifah ketiga dalam Khulafaur Rasyidin. beliau diangkat sebagai khalifah ketiga menggantikan Umar bin Khattab.
  • Utsman Bin Affan: 9 Kemuliaan Bagi yang Shalat Tepat Waktu
    Tausyiah
    Selasa, 17 November 2020 - 08:02 WIB
    Shalat mempunyai kedudukan yang sangat penting dan mendasar hingga syariat menempatkannya sebagai rukun Islam kedua setelah bersyahadat. Berikut 9 kemuliaan shalat tepat waktu.
  • Putra Abu Bakar Ash-Shiddiq Terlibat Pembunuhan Khalifah Utsman?
    Hikmah
    Rabu, 13 Januari 2021 - 16:37 WIB
    Muhammad bin Abu Bakar itu hanya mengatakan: Aku memang masuk ke kamar itu dengan rencana hendak membunuh Utsman. Tetapi pada saat ia mengingatkan aku tentang ayahku, aku sadar.
  • Kisah Khalifah Utsman Menghentikan Pengusutan Kasus Terbunuhnya Umar bin Khattab
    Hikmah
    Selasa, 26 Desember 2023 - 14:33 WIB
    Khalifah Utsman bin Affan memutuskan tidak memperpanjang pengusutan kasus pembunuhan Umar bin Khattab oleh Abu Luluah dengan dalih pembunuhnya sudah mati bunuh diri.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Misteri Abdullah bin Saba, Tokoh di Balik Pembunuhan Utsman bin Affan
    Hikmah
    Rabu, 24 Januari 2024 - 13:43 WIB
    Abdullah bin Saba diperselisihkan. Ada sebagian ulama tarikh yang menisbatkannya ke suku Himyar. Sementara Al-Qummi memasukkannya ke dalam suku Hamadan.
  • Alasan Utsman bin Affan Tolak Letakkan Jabatan dan Membiarkan Demonstran
    Hikmah
    Minggu, 22 November 2020 - 11:00 WIB
    Abdullah bin Salam pun memberikan isyarat agar beliau menahan diri dari memerangi mereka, agar hal tersebut semakin bisa menjadi hujjah bagi beliau di sisi Allah kelak.
  • 5 Nasihat Indah Utsman bin Affan, No 5 Paling Populer
    Hikmah
    Selasa, 05 Juni 2018 - 17:05 WIB
    Kedekatan Utsman bin Affan radhiallahu &lsquoanhu (RA) dengan Alquran tidak perlu diragukan lagi. Allah memuliakan Utsman dengan mewafatkannya ketika sedang membaca Alquran.
  • Kisah Utsman bin Affan Didoakan Rasulullah SAW karena Kedermawanannya
    Hikmah
    Senin, 05 Juni 2023 - 22:31 WIB
    Kisah Utsman bin Affan radhiyallahu anhu didoakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (SAW) salah satu kisah penuh ibrah. Nabi mendoakan Utsman karena kedermawanannya.
  • Umar bin Khattab Wafat: Kisah Utsman dan Ali Berebut Jadi Imam Salat Jenazah
    Hikmah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 08:54 WIB
    Demi Allah, tak ada manusia di muka bumi ini yang lebih kudambakan akan memperoleh rahmat Allah daripada orang yang kini sedang terbujur berselubungkan baju ini!
  • Ketegangan Saat Sahabat Nabi Menolak Jadi Khalifah, Gantikan Utsman bin Affan
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 14:02 WIB
    Kaum pemberontak menyadari, tanpa kerjasama dan bantuan aktif kaum Muhajirin dan Anshar, mereka tidak akan berhasil menentukan pengganti Khalifah Utsman r.a.
  • Utsman bin Affan: Hati yang Bersih Takkan Pernah Kenyang dengan Al-Qur’an
    Hikmah
    Rabu, 28 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Ini sebuah nasehat mendalam dari seorang sahabat sekaligus menantu Nabi SAW yang menggambarkan bahwa hati yang bersih adalah hati yang tidak pernah merasa kenyang dengan Al-Quran.
  • Khatmul-Qur’an Dilakukan di Era Khalifah Usman bin Affan
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 09:29 WIB
    Hal yang menjadi corak khas zaman Usman RA adalah tradisi baru adanya doa khatmul-Quran di ujung salat tarawih. Dan di akhir rakaat, yakni rakaat ke-20.
  • Kampanye Keji untuk Menumbangkan Kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:26 WIB
    Secara demonstratif sampul surat Muawiyah diperlihatkan kepada orang banyak. Semua orang ingin tahu apa yang terjadi akibat pembangkangan Muawiyah.
  • 3 Karomah Utsman Bin Affan, Sahabat Berjuluk Dzun Nurain
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 21:21 WIB
    Utsman bin Affan selain dikenal karena kedermawanannya, beliau adalah orang yang berjasa dalam merangkum Al-Quran menjadi mushaf yang kita baca saat ini. Berikut tiga karomah beliau.
  • Rasulullah Sudah Peringatkan Utsman bin Affan Akan Terbunuh karena Fitnah
    Hikmah
    Selasa, 17 November 2020 - 10:18 WIB
    Rasulullah SAW telah mengabarkan kepada Utsman bin Affan dan maupun kepada para sahabat secara berulang-ulang bahwa akan terjadi fitnah yang bakal menimpa Utsman.
  • Abu Dzar Al Ghifari, Anak, dan Istrinya Tewas Mengenaskan di Pembuangan
    Hikmah
    Senin, 11 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Demi Allah, aku tidak berdusta! Seandainya aku mempunyai baju bakal kain kafan untuk membungkus jenazahku dan jenazah isteriku, aku tidak akan minta dibungkus selain dengan bajuku sendiri atau baju isteriku.....
  • Ini Jabatan Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan ketika Abu Bakar Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 11:38 WIB
    Abu Bakar mengangkat Umar bin Khattab untuk bidang kehakiman di Madinah. Selama setahun penuh memegang jabatan itu ia pernah berselisih dalam menghadapi berbagai perkara.
  • Begini Perlawanan Ali bin Abi Thalib Terhadap Keputusan Khalifah Utsman Membuang Abu Dzar Al Ghifari
    Hikmah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 17:28 WIB
    Melihat sikap Marwan yang kasar, Ali bin Abi Thalib tak dapat menahan letupan emosinya. Sambil membentak ia mencambuk kepala unta yang dikendarai oleh Marwan: Pergilah engkau dari sini! Allah akan menggiringmu ke neraka.
  • Al-Fitnat Al-Kubra: Kisah Syahidnya Utsman bin Affan Disusul 5 Tahun Perang Saudara
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 17:27 WIB
    Akumulasi dari semua ketidakpuasan terhadap Utsman bin Affan sebagian bukan karena kesalahan Utsman sendiri berakhir dengan pembunuhan Khalifah, lalu disusul 5 tahun perang saudara.