Kumpulan Artikel: Ramadhan (halaman 53)

  • Pandemi Corona dan Ujian Ketakwaan
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 08:35 WIB
    Keterangannya menjelaskan bahwa pandemi virus corona yang tengah melanda dunia global saat ini adalah bagian dari ujian Allah SWT.
  • Sedekah Jangan Memicu Kerumunan
    Tausyiah
    Senin, 27 April 2020 - 08:14 WIB
    Umat Islam selalu menjadikan bulan Ramadhan sebagai ladang untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Salah satunya melalui cara bersedekah kepada sesama yang membutuhkan.
  • Inilah 6 Pembatal Puasa Menurut Mazhab Syafii
    Tips
    Senin, 27 April 2020 - 04:00 WIB
    Setiap muslim diwajibkan mengetahui ilmu fiqih termasuk perkara-perkara yang membatalkan puasa. Dalam Mazhab Syafii, ada 6 perkara yang membatalkan puasa.
  • Doa Kamilin Usai Salat Tarawih
    Tips
    Minggu, 26 April 2020 - 20:18 WIB
    Setiap malam-malam Ramadhan kita sering mendengar bacaan doa seusai Salat Tarawih di masjid dan mushalla. Doa ini dikenal dengan nama Doa Kamilin atau doa kesempurnaan iman.
  • Inilah Sahabat yang Khatam Al-Quran dalam Satu Rakaat Salat
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 19:00 WIB
    Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Quran dan mengkhatamkannya. Itulah sebabnya Ramadhan dijuluki sebagai Syahrul Quran (bulannya Al-Quran).
  • Hukum Mencium Istri Saat Puasa Ramadhan, Bolehkah?
    Tips
    Minggu, 26 April 2020 - 17:15 WIB
    Ramadhan merupakan bulan yang identik dengan momentum menahan hawa dan nafsu. Lalu, bagaimana hukumnya mencium istri saat puasa Ramadhan? Berikut penjelasannya.
  • Cara Mengetahui Tobat Kita Diterima Allah
    Tausyiah
    Minggu, 26 April 2020 - 16:18 WIB
    Setiap manusia pasti memiliki dosa dan kesalahan kecuali para Nabi dan Rasul yang mashum (dijaga dari kesalahan). Bagaimana cara mengatahui tobat kita diterima Allah Taala?
  • Menyentuh, Puisi Nasehat Ramadhan Buat KH Mustofa Bisri
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 12:18 WIB
    Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang lebih populer dipanggil Gus Mus mengungkit masa lalunya.
  • Ramadhan di Saat Pandemik, Quraish Shibab Ajak Ikuti Aturan Pemerintah
    Tips
    Minggu, 26 April 2020 - 04:05 WIB
    Cendikiawan Muslim, Quraish Shihab mengajak umat Islam untuk mengikuti peraturan pemerintah terutama tentang imbauan beribadah Ramadhan di rumah.
  • 3 Golongan Manusia di Bulan Ramadhan
    Tips
    Minggu, 26 April 2020 - 03:30 WIB
    Mengingat fadhillahnya yang begitu besar, hendaknya umat Islam bertekad menjadikan Ramadhan kali ini lebih baik dari sebelumnya. Ada tiga golongan manusia dalam menyikapi bulan Ramadhan.
  • Nasihat Indah Habib Quraisy Tentang Rezeki
    Tausyiah
    Sabtu, 25 April 2020 - 23:11 WIB
    Pengasuh Ponpes As-Shidqu Kuningan, Al-Habib Quraisy Baharun menyampaikan nasihat indah terkait rezeki. Kata beliau, rezeki itu seumpama ajal yang mempunyai ketetapan tersendiri.
  • Ada yang Puasa Hanya 11 Jam 5 Menit, Sedangkan Negara Ini 20 Jam
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 17:24 WIB
    Waktu fajar sampai terbenamnya matahari di tiap-tiap negara tidaklah sama. Hal ini tentu saja menyebabkan perbedaan lamanya waktu berpuasa. Ada yang singkat dan ada yang panjang.
  • Berikut Doa Berbuka Puasa, Silakan Pilih yang Anda Sukai
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 17:15 WIB
    Setiap bulan Ramadhan selalu ada saja perdebatan mengenai lafaz doa berbuka puasa. Berikut doa berbuka puasa dalam beberapa versi lengkap dengan penjelasan hadisnya.
  • Membaca Misi Suci Nabi Musa AS
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 17:05 WIB
    Ketika kita membaca Al-Quran, paling tidak kita akan menemukan penyebutan Firaun tidak kurang dari 74 kali tersebar di Surah Al-Baqarah, Thaha, Al-Anbiya, Al-Qasash dan beberapa surah lainnya.
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (4)
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 08:30 WIB
    Hari ini merupakan hari kedua bagi umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Untuk menambah ilmu tentang puasa, berikut kumpulan hadis Nabi seputar Ramadhan.
  • Dimensi Individual dan Sosial Puasa
    Tausyiah
    Sabtu, 25 April 2020 - 08:08 WIB
    Marhaban ya Ramadhan. Bagaimana kita memaknai hikmah puasa Ramadhan secara multidimensi? Setidaknya ada empat dimensi penting hasil menjalankan ibadah puasa Ramadhan baik pada level individual maupun sosial.
  • Puasa, Momentum Mikraj Rohani
    Tausyiah
    Sabtu, 25 April 2020 - 07:36 WIB
    Puasa bukan sekadar urusan menahan makan, minum, dan pemenuhan nafsu biologis, melainkan juga makna al-imsak sesungguhnya, yakni menahan diri dari segala godaan duniawi.
  • Puasa Tidak Salat, Gus Miftah: Seperti Orang Telanjang Pakai Sepatu
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 03:37 WIB
    Orang yang salat itu ibarat mengenakan celana dan baju, sedangkan puasa adalah sepatu. Maka orang yang puasa tapi tidak salat ibaratnya orang telanjang tapi mengenakan sepatu.
  • 2 Rukun Puasa yang Wajib Diketahui Umat Islam
    Tips
    Sabtu, 25 April 2020 - 03:30 WIB
    Di antara ilmu Fiqih yang tidak kalah penting untuk dipelajari adalah rukun puasa. Setiap muslim wajib mengetahui apa saja rukun puasa sebelum mengamalkannya.
  • Tanda-Tanda Sudah Ada, Benarkah Kiamat Akan Datang Pada Hari Jumat?
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 02:54 WIB
    Pembicaraan tentang kiamat kembali meletup sejak menjelang Ramadhan. Sebuah broadcast di medsos mengabarkan akan terjadinya kiamat pada 15 Ramadhan tahun ini.