Kumpulan Artikel: Adab Dan Akhlak (halaman 2)

  • 12 Perkara Dasar Adab Murid kepada Guru
    Tausyiah
    Jum'at, 26 November 2021 - 13:45 WIB
    Islam sangat memuliakan ilmu sehingga para guru atau Muallim wajib kita hormati dan muliakan. Berikut 12 perkara dasar adab murid kepada guru.
  • Tips Agar Husnuzhan, Jangan Pandang Buruknya Tapi Lihat Kebaikannya
    Tips
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 23:27 WIB
    Dalam bergaul ataupun di rumah tangga, sikap husnuzhan sangat ditekankan oleh syariat. Bagaimana tips agar selalu bersikap husnuzhan? Simak penjelasannya.
  • Inilah 5 Dasar Akhlak Mulia
    Muslimah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 13:14 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlak serta kondisi keilmuan pribadi masing-masing. Bukan hanya sekedar ilmu duniawi, lebih dari itu, yakni ilmu agama.
  • Bolehkah Berdebat dalam Perspektif Islam?
    Tips
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 17:40 WIB
    Kita sering mendapati banyak orang berdebat baik di acara formal ataupun di berbagai media sosial. Bagaimana Islam menyikapi debat, bolehkah?
  • Sunnah yang Terlupakan, Ini Keutamaan Mengusap Kepala Anak Kecil
    Tausyiah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 14:36 WIB
    Dalam beberapa hadis disebutkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan sahabat senantiasa mengusap kepala anak kecil yang ditemuinya.
  • 3 Hal yang Membinasakan Manusia, Di antaranya Mengagumi Diri Sendiri
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 20:03 WIB
    Islam sangat perhatian dengan masalah akhlak dan menjadikannya sebagai pondasi yang sangat penting. Berikut tiga perkara yang membinasakan manusia.
  • Larangan Menyentuh Kemaluan dengan Tangan Kanan
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 12:10 WIB
    Islam adalah agama fitrah yang membimbing manusia kepada kebaikan. Semua perkara ibadah dan adab-adabnya diatur oleh syariat termasuk akhlak terhadap anggota tubuh.
  • 5 Adab Bergurau dalam Islam, Salah Satunya Dilarang Berbohong
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Banyak manusia menjadikan canda maupun gurauan sebagai relaksasi untuk menghibur diri. Islam memang tidak melarangnya, namun syariat mengajarkan adab dan etikanya. Berikut adab-adabnya.
  • Doa Agar Dikaruniai Akhlak Mulia yang Diajarkan Nabi
    Tausyiah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 21:42 WIB
    Tidak ada manusia yang dalam dirinya terkumpul kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Berikut doa agar dikaruniai akhlak mulia.
  • Bercermin, Berdialog dengan Diri Sendiri
    Muslimah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 16:03 WIB
    Bercermin. Setiap orang pasti senang melakukannya, apalagi kaum perempuan. Saat becermin, kita merasakan nikmat dan tidak pernah bosan. Sekali pun wajah yang kita lihat di cermin, tetap itu-itu juga.
  • Warna Busana Dalam Islam : Antara Sunnah dan  Kepantasan Lokal
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 13:36 WIB
    Apakah busana muslimah yang syari identik dengan warna hitam? Benarkah warna hitam adalah warna yang dianjurkan syariat untuk pakaian muslimah? Barangkali pertanyaan seperti ini, selalu ada dalam benak kaum muslim. Namun benarkah demikian?
  • Anak Mulai Berbohong? Awas Sinyal Bahaya!
    Muslimah
    Senin, 09 November 2020 - 11:30 WIB
    Sekali atau dua kali anak berbohong, sesuatu yang mungkin masih bisa diberi toleransi atau masih bisa dimaklumi. Tapi kalau terus-menerus dan menjadi satu kebiasaan baginya, ini merupakan satu sinyal bahaya.
  • Menjenguk Orang Sakit, Adab Mulia yang Banyak  Keutamaan
    Muslimah
    Minggu, 08 November 2020 - 11:16 WIB
    Menjenguk orang sakit merupakan salah satu ibadah ghairu mahdhah yang dianjurkan bagi umat muslim, karena dalam aktivitas ini terdapat keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar.
  • Apa yang Didapat Ketika Menutupi Aib Orang Lain?
    Muslimah
    Rabu, 04 November 2020 - 13:06 WIB
    Salah satu kebiasaan kaum perempuan adalah senang menggunjing, apalagi bila tema yang dipergunjingkan menyangkut aib atau mengungkap cacat seseorang.
  • 3 Akhlak Mulia yang Dapat Mengantarkan Seseorang ke Surga
    Tausyiah
    Selasa, 03 November 2020 - 23:01 WIB
    Syaikh Ahmad Az-Zarnuji dalam kitab populernya Talim Al Mutaallim berkata bahwa ilmu yang paling utama adalah ilmu hal (tingkah laku) dan amal yang paling utama adalah menjaga tingkah laku.
  • Hati-hati,  Jangan Merasa Aman-aman Saja
    Muslimah
    Selasa, 03 November 2020 - 17:23 WIB
    Merenungi perbuatan yang telah kita lakukan setiap hari, sepertinya harus menjadi agenda rutin setiap muslim dan muslimah. Kenapa harus? Jangan sampai merasa aman-aman saja dengan apa yang kita lakukan setiap harinya.
  • 7 Akhlak Rasulullah Terhadap Anak-anak Layak Diteladani
    Tausyiah
    Senin, 02 November 2020 - 20:03 WIB
    Anas bin Malik berkata, Aku tidak melihat ada orang yang paling penyayang kepada keluarganya daripada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
  • Mengenakan Pakaian Populer, Makruh atau Haram?
    Muslimah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 06:54 WIB
    Pakaian adalah perhiasan hidup manusia, dengan pakaian itu manusia akan tampak indah, rapi, menawan sehingga penampilan semakin mantap. Namun demikian, hal yang harus dihindari dalam berpakaian ialah pakaian syuhrah atau pakaian popularitas. Kenapa?
  • Pentingnya Mengajarkan Anak  Menjaga Lisan
    Muslimah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:31 WIB
    Salah satu akhlak yang paling penting adalah menjaga lisan. Bahkan, dapat kita katakan bahwa orang yang ingin mendapatkan dan meraih akhlak mulia ini, salah satu kiatnya adalah dimulai dari menjaga lisan.
  • Banyak Bertanya Akan Menyulitkan Diri Sendiri?
    Muslimah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 17:05 WIB
    Kendati bertanya dianjurkan dalam Islam, tapi terlalu banyak bertanya tidak dibolehkan dalam Islam, terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang tidak penting.