Kumpulan Artikel: Jalan Sufi (halaman 6)

  • Tiga Kunjungan ke Guru Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Rabu, 04 November 2020 - 09:43 WIB
    Ketika pertama kalian datang, kelasku sangat serius --aku sedang menerapkan perbaikan. Kedua kali kalian datang, mereka terlalu gembira-- aku sedang memperbaikinya.
  • Para Guru Desain dan Bagaimana Tarekat Diwujudkan
    Hikmah
    Selasa, 03 November 2020 - 12:31 WIB
    Bahauddin menghabiskan waktu tujuh tahun sebagai kerabat istana, tujuh tahun memelihara binatang dan tujuh tahun dalam pembangunan jalan. Ia belajar di bawah bimbingan Baba as-Samasi.
  • Teguran Syaikh Abdul Qadir al-Jilani: Dib-Dib yang Mengerikan
    Hikmah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 06:29 WIB
    Perempuan tua itu tidak menyebarkan tentang tindakan bodoh si Faqih.. Ia akhirnya bermaksud memetik manfaat secara baik barangkali suatu kesempatan yang tepat akan muncul.
  • Bunga Mawar dari Baghdad dan Anggur
    Hikmah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Ringkasan berikut, menurut Idries Shah, termasuk materi pelajaran tradisional dari disiplin Qadiriyah dan juga beberapa pokok ucapan atau teguran Abdul Qadir sendiri.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Misteri Kaum Sufi?
    Hikmah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 07:55 WIB
    Jika manusia mencari Kebenaran, ia harus memenuhi syarat untuk menerima kebenaran. Ia tidak mengetahui ini. Akibatnya, meyakini keberadaan Kebenaran, ia beranggapan dirinya mampu menerimanya.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Kaum Sufi Adalah Pembohong
    Hikmah
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 15:22 WIB
    Kedudukan kaum Sufi seperti orang asing di sebuah negeri, seperti tamu di sebuah rumah. Siapa pun dalam kemampuan masing-masing berpikir pada mentalitas lokal.
  • Kelompok Sufi, Ketika Kematian Bukan Kematian, dan Kamar Pinjaman
    Hikmah
    Senin, 12 Oktober 2020 - 12:49 WIB
    Untuk menghindari perhatian yang tidak diinginkan, hanya satu orang yang bertugas -- Pemimpin -- mengajar publik. Sisanya, mengemban tugas sebagai pelayan di rumahnya.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Tujuh Bersaudara, Sebab dan Akibat
    Hikmah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 14:36 WIB
    Tidakkah mereka sedikit menyadari apa yang sebenarnya terjadi? Mereka hanya melihat satu jenis sebab dan akibat, sementara kadang akibat, seperti yang mereka katakan, muncul sebelum sebab.
  • Jalan Sufi: Berikut Salah Satu Materi Tarekat Chrisytiyah
    Hikmah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 15:43 WIB
    Metodologi khusus kaum Chisyti segera mengalami kristalisasi menjadi kecintaan sederhana terhadap musik pembangkitan emosional yang dihasilkan musik dikacaukan dengan pengalaman spiritual.
  • Penulis Klasik Hakim Sanai, Sudah Keluar dari Islam?
    Hikmah
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 13:16 WIB
    Melalui proses yang familiar, ketika terminologi dan organisasi sufi diadopsi oleh penganut agama secara luas, bahwa perbedaan antara kaum Sufi dan penganut yang dangkal ini telah dikaburkan.
  • Penulis Klasik Hakim Jami dalam Jalan Sufi Idries Shah
    Hikmah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 15:47 WIB
    Ia membuat para pendeta dan pujangga di zamannya benar-benar merasa tidak nyaman. Terutama sejak konvensi, dimana tidak seorang pun kelihatan hebat kecuali ia merendahkan diri.
  • Kisah Sahabat Tuhan, Pemabuk, dan Cinta Buta
    Hikmah
    Kamis, 10 September 2020 - 06:36 WIB
    Hiduplah dalam Tuhan dengan rasa puas berputarlah bagai kubah langit lantaran cinta pada-Nya. Jika ada yang lebih baik lagi kau ketahui, katakanlah itu, agar kau dapat merasa bahagia.
  • Imam Al-Ghazali (2): Tarekat sampai Untung dan Rugi
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 17:11 WIB
    Seorang murid harus mengurangi sampai batas minimun, perhatiannya terhadap hal-hal biasa seperti masyarakat dan lingkungannya, karena kapasitas perhatian (sangatlah) terbatas.
  • Imam Al-Ghazali (1): Karya-Karyanya Tak Hanya Mendahului Zamannya
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 14:16 WIB
    Kendati penemuan-penemuan, psikologi dan ilmu pengetahuan Imam al-Ghazali, dihargai secara luas oleh bermacam kalangan akademis, tetapi tidak diperhatikan sebagaimana mestinya,