Kumpulan Artikel: Jalan Sufi (halaman 4)

  • Hasyim Sidqi pada Ar-Rumi: Memasuki, Tinggal, dan Meninggalkan Dunia
    Hikmah
    Rabu, 06 Januari 2021 - 15:07 WIB
    Manusia, engkau memasuki dunia dengan rasa enggan, menangis, sebagai seorang bayi yang terlantar Manusia, engkau tinggalkan hidup ini, dicabut lagi, menangis lagi, dengan penyesalan.
  • Syaikh Syamsuddin Siwasi: Berkah Keserakahan yang Samar
    Hikmah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 16:44 WIB
    Engkau yang berbicara tentang Berkah, mungkin musuh dari Berkah itu sendiri. Laki-laki maupun perempuan seharusnya menjadi musuh dari apa yang ingin ia cintai yang melekat dalam diri manusia.
  • Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani Menjawab Mereka yang Marah kepada Tuhan
    Tausyiah
    Selasa, 05 Januari 2021 - 13:23 WIB
    Jika kau tak menyalahkan-Nya dan menerima kearifanNya dalam menangguhkan penerimaan doamu, maka wajib bagimu bersyukur kepada-Nya, sebab Ia telah memilihkan yang terbaik bagimu.
  • Hakim Tahirjan dari Kafkaz: Kebenaran Itu Sendiri
    Hikmah
    Senin, 04 Januari 2021 - 15:07 WIB
    Ketika Sufi berkata, Ini sendiri merupakan kebenaran, ia mengatakan, Karena saat ini dan orang ini dan tujuan ini, kita harus memusatkan perhatian kita seolah kebenaran itu sendiri.
  • Mirza Abdul Hadi Khan: Kalau Aku Mati
    Hikmah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 13:08 WIB
    Seorang guru Sufi menggunakan kekuatannya untuk mengajar, mengobati, membuat manusia bahagia dan sebagainya, sesuai pertimbangan paling baik dalam menggunakan kekuatan.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Rauf Mazari: Pengetahuan-Tindakan-Cinta
    Hikmah
    Sabtu, 02 Januari 2021 - 16:01 WIB
    Cinta adalah Jalan menuju Kebenaran, Pengetahuan, Tindakan. Tetapi hanya mereka yang mengetahui cinta sejati dapat mendekatinya dengan sarana cinta.
  • Ingatan Karya Haji Bahauddin dari Bukhara
    Hikmah
    Jum'at, 01 Januari 2021 - 14:21 WIB
    Latihan mengingat keberadaan dan pengalaman-pengalaman terakhir dirancang untuk memberi kita kapasitas ingatan jauh ke belakang mengingat bahwa yang mana dalam penundaan atau ditangguhkan.
  • Perkumpulan Kebijakan: Jatuh di Antara Orang-Orang Munafik?
    Hikmah
    Kamis, 24 Desember 2020 - 06:03 WIB
    Untuk meraih dan menerapkan tingkatan (ukuran) yang kukatakan, seseorang harus menemui Perkumpulan Kebijakan. Tempatnya di sini, dan tidak di mana-mana, bahwa tingkatan tersebut sudah diperoleh.
  • Perenungan Diri: Menjadi Apa yang Seseorang Dapat Menjadi
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 14:28 WIB
    Sufisme adalah ilmu mendiamkan apa yang harus didiamkan, dan memperhatikan (waspada) apa yang harus diperhatikan (diwaspadai), tidak berpikir bahwa engkau dapat diam.
  • Cerita Ajaran: Domba dan Dompet
    Hikmah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 08:53 WIB
    Laki-laki itu berpikir: Ketika satu pintu tertutup, seratus pintu mungkin terbuka. Kesempatan ini sepuluh kali lebih berharga daripada dombaku yang telah hilang.
  • Cerita Ajaran: Orang Paling Bahagia di Dunia
    Hikmah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 08:18 WIB
    Karena engkau belum siap untuk memahami. Engkau butuh pengalaman-pengalaman tertentu, dan itu harus diberikan padamu dalam satu cara yang mana akan menjamin bahwa engkau melewatinya.
  • Cerita Ajaran: Tidak Hanya Tertawa Pada Si Bodoh
    Hikmah
    Sabtu, 19 Desember 2020 - 12:28 WIB
    Anda tertawa pada anekdot si bodoh. Sekarang, akankah Anda melakukan lebih (daripada itu) dan mengira tentang pemikiran yang Anda miliki (milik Anda sendiri) seolah garam dan tepung?
  • Cerita Ajaran: Ketika Mullah Nashruddin Menjadi Duta
    Hikmah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 08:02 WIB
    Dan apa yang terjadi pada permata dan harta benda? Nashruddin berkata,: Hanya anak-anak dan orang bodoh yang mencari sebab dan akibat di dalam cerita yang sama.
  • Cerita Ajaran: Pemburu Semangka di Negeri Orang Bodoh
    Hikmah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 06:35 WIB
    Ketika ia memotong semangka tersebut dan tangkainya, kemudian mengambil sepotong dan memakannya, orang-orang justru menjadi makin takut padanya daripada terhadap semangka tadi.
  • Konsekuensi Pilih Dunia Atau Akhirat, Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 17:11 WIB
    Bila ia telah menyempurnakannya, segala duka cita hatinya dan kecemasan benaknya akan sirna, dan datanglah kepadanya kesenangan, kehidupan yang baik dan keintiman dengan Allah
  • Sebuah Ceria Ajaran: Topi Ajaib di Negeri Ghaib
    Hikmah
    Senin, 14 Desember 2020 - 14:44 WIB
    Sambil menggosok-gosok mata, Kasjan segera mengenakan topi Kulah-nya, duduk di atas permadani, memukulnya dengan berseru, Bawa aku ke mana tuan putri pergi!
  • Cerita Ajaran: Tiga Orang Tuli dan Darwis Bisu
    Hikmah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 08:01 WIB
    Darwis itu melanjutkan perjalanannya, berpikir sendiri bahwa kata-kata kadang merupakan bentuk komunikasi yang tidak berguna, bahwa orang mungkin lebih baik tidak pernah mengucapkannya!
  • Cerita Ajaran:  Perusakan Sebuah Kota dan Kuda Ajaib
    Hikmah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 06:44 WIB
    Kalau tidak mendengar pangeran pemalas, kita tidak akan mengerti di luar penampilan fisik kuda kayu tersebut, baik dia mendapatkan seorang putri dari Negeri Cahaya atau tidak.
  • Cerita Ajaran Pengetahuan tentang Sufisme: Orang Dermawan
    Hikmah
    Senin, 07 Desember 2020 - 07:12 WIB
    Cerita ini dimaksudkan untuk meletakkan dasar dari pengetahuan tentang sufisme dan metode-metode penalaran yang khas, jarang sekali digunakan untuk tujuan-tujuan didaktis.
  • Tasawuf dan Para Sufi Menurut Ibnu Taimiyah
    Tausyiah
    Minggu, 06 Desember 2020 - 07:58 WIB
    Janganlah kamu menilai dan tertipu dengan kekuatan-kekuatan yang luar biasa, tetapi yang harus dinilai adalah ketaatan dan ketakwaan seseorang pada agama dan syariat pelaksanaannya.