Kumpulan Artikel: Tarekat (halaman 3)

  • Konsep Manunggal dengan Tuhan Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Jum'at, 13 November 2020 - 05:00 WIB
    Makna hakiki bersatu dengan Allah ialah berlepas diri dari makhluk dan kedirian, dan sesuai dengan kehendak-Nya, tanpa gerakmu, yang ada hanya kehendak-Nya.
  • Istana Pencerahan Naqsyabandi (Alasan-alasan bagi Penegakan Sebuah Tarekat)
    Hikmah
    Kamis, 12 November 2020 - 06:59 WIB
    Alasannya, tidak jauh mencari, jika engkau tahu bagaimana mencarinya. Jawabannya, ada di aforisme kuno kami, Bicaralah pada Siapa pun, Sesuai dengan Permahamannya.
  • Bahauddin Naqsyabandi tentang Latihan Batiniah
    Hikmah
    Rabu, 11 November 2020 - 10:06 WIB
    Perbaikan manusia adalah tujuan, dan pengajaran batiniah seluruh keyakinan bertujuan demikian. Dalam usaha menyempurnakannya, selalu terdapat tradisi yang diteruskan olah penerus para ahli.
  • Resep Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani Agar Mencapai Maqam Para Shiddiq
    Tausyiah
    Rabu, 11 November 2020 - 05:00 WIB
    Maknanya, kau mencapai keakraban sedemikian rupa dengan Allah hingga memungkinkanmu melihat maqam orang-orang yang telah mendahuluimu menghadap Sang Raja.
  • Tiga Kisah Hikmah: Pertanggungjawaban, Kepalsuan, Pelajaran dan Kafilah
    Hikmah
    Selasa, 10 November 2020 - 08:01 WIB
    Seorang pencuri yang berusaha memanjat jendela sebuah rumah yang hendak ia curi, terjatuh karena kusen jendela patah, membentur tanah dan mematahkan kakinya. Ia pergi ke pengadilan menuntut pemilik rumah.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Menikah di Usia 51 Tahun, Begini Nasehat Abdul Qadir Al-Jilani bagi Mereka yang Takut Kawin
    Tausyiah
    Selasa, 10 November 2020 - 05:00 WIB
    Syaikh Abdul Qadir al-Jilani baru menikah pada usia 51 tahun. Kendati demikian beliau dikaruniai banyak keturunan, yaitu 20 putera dan 20 puteri dari empat orang istri.
  • Mukjizat dan Muslihat Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Senin, 09 November 2020 - 11:04 WIB
    Sepanjang hari ia menunjukkan keajaiban satu demi satu ia membawa kematian menuju kehidupan, ia berjalan di atas air, ia membuat kepala yang terputus berbicara dan keajaiban-keajaiban lain.
  • Tanda-tanda Mencapai Maqam Badal Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Senin, 09 November 2020 - 05:00 WIB
    Bila kau telah sampai pada kebenarannya kebenaran, yang disebut pencelupan (mahwu) atau peleburan (fana), berarti kau berada pada maqam badal yang patah hati demi Dia.
  • Kepala Tarekat Naqsyabandiyah Menyebut Dirinya Anjing
    Hikmah
    Minggu, 08 November 2020 - 07:00 WIB
    Tenanglah, ujar Maulana, karena anjing sebenarnya kata-kata yang baik. Aku anjing, yang taat pada majikannya, menuntun domba dengan isyarat, penjelasan tentang keinginan Majikan kita.
  • Udara Qaslir Al-Arifin dan Jawaban Bahauddin Naqsabandi
    Hikmah
    Sabtu, 07 November 2020 - 06:52 WIB
    Semula raja merasa bingung, kemudian jengkel. Sebagai pengganti kebutuhannya terhadap Bahauddin sebagai guru, ia memutuskan untuk memprotes sikap kurang ajar ini.
  • Resep Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani untuk Capai Tingkatan Wali
    Tausyiah
    Sabtu, 07 November 2020 - 05:00 WIB
    Hilangnya kemauanmu dengan kehendakNya, ditandai dengan ketak-pernahan menentukan diri, ketakbertujuan, ketakbutuhan, karena tak satu tujuan pun termiliki, kecuali satu, yaitu Allah.
  • Kisah Naqsyaband Berlagak Tuli dan Bodoh dalam Pengajaran Langsung
    Hikmah
    Jum'at, 06 November 2020 - 09:55 WIB
    Bahauddin memintanya mengulangi apa yang ia katakan. Dan ia kemudian bertanya lagi padanya, dan lagi, sampai ia yakin bahwa Naqsyaband tuli dan mungkin bodoh.
  • Mengalami Kesulitan Hidup? Begini Nasehat Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Jum'at, 06 November 2020 - 05:00 WIB
    Pada peringkat ini, menurut Syaikh, tiada terlihat olehnya, selain kehendak Allah Yang Maha Besar lagi Maha Kuasa, dan sampailah dia tentang Keesaan Allah, pada peringkat haqqul yaqin
  • Penerus dan Guru-Guru Paling Lama
    Hikmah
    Kamis, 05 November 2020 - 09:26 WIB
    Berikut dua kisah menarik tentang wafatnya Zabit ibnu al-Munawwar dan lamunan Bahauddin. Kisah ini bagian dari materi pengajaran dalam tradisi tarekat naqsyabandi.
  • Kisah Terompah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani yang Bikin Perampok Mati Ketakutan
    Hikmah
    Kamis, 05 November 2020 - 05:00 WIB
    Dua orang tetua mereka tewas dengan kepala luka parah. Di sebelah masing-masing tergeletak sebuah terompah yang masih basah, sementara sebagian anggota perampok terduduk lemas.
  • Tiga Kunjungan ke Guru Bahauddin Naqsyabandi
    Hikmah
    Rabu, 04 November 2020 - 09:43 WIB
    Ketika pertama kalian datang, kelasku sangat serius --aku sedang menerapkan perbaikan. Kedua kali kalian datang, mereka terlalu gembira-- aku sedang memperbaikinya.
  • Mitos Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani Bersahabat dengan Nabi Khidir
    Hikmah
    Rabu, 04 November 2020 - 05:00 WIB
    Konon, meskipun mereka sudah bersahabat selama tiga tahun masing-masing tidak pernah saling mengenal. Dan dalam persahabatan inilah Syaikh Abdul Qadir diuji.
  • Para Guru Desain dan Bagaimana Tarekat Diwujudkan
    Hikmah
    Selasa, 03 November 2020 - 12:31 WIB
    Bahauddin menghabiskan waktu tujuh tahun sebagai kerabat istana, tujuh tahun memelihara binatang dan tujuh tahun dalam pembangunan jalan. Ia belajar di bawah bimbingan Baba as-Samasi.
  • Ini Karamah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani yang Tak Masuk di Akal
    Hikmah
    Selasa, 03 November 2020 - 05:00 WIB
    Setelah apel dikupas dari tangan al-Jilani terciumlah bau harum dan manis tetapi anehnya kupasan khalifah tercium bau busuk dan penuh dengan ulat.
  • Tiga Calon Sufi, Kearifan, dan Ilham dari Ilmu Perbintangan
    Hikmah
    Senin, 02 November 2020 - 13:55 WIB
    Tiga orang berhasil memasuki lingkaran Sufi, meminta izin untuk pengajarannya. Salah seorang di antara mereka hampir saja melepaskan diri, marah karena perilaku aneh sang guru.