Kumpulan Artikel: Musyawarah Burung (halaman 2)

  • Kepuasan Tercapai Bila Seseorang Telah Belajar Menerima dengan Cinta
    Hikmah
    Rabu, 02 September 2020 - 06:41 WIB
    Ajarkan padaku doa agar aku dapat menemukan kepuasan. Selama ini aku senantiasa menjadi mangsa perasaan tak puas, tetapi kini aku ingin bebas dari perasaan demikian.
  • Hidup Ini, Baik Panjang atau Singkat, Tercipta dari Sekelumit Napas
    Hikmah
    Selasa, 01 September 2020 - 06:38 WIB
    Tidakkah kau mengetahui bahwa barangsiapa dilahirkan harus mati pula? Bahwa ia akan masuk tanah dan bahwa angin akan mencerai-beraikan unsur-unsur yang membentuk tubuhnya?
  • Kita Ada di Bawah Kekuasaan Nafsu Jasmani yang Durhaka
    Hikmah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 06:10 WIB
    Jiwa, bagai kesatria yang setia, terus mengendarai kudanya, tetapi senantiasa anjing itu kawannya kesatria itu mungkin lari di atas kudanya, tetapi si anjing mengikuti.
  • Mestinya Cinta itu Sepenuhnya atau Tidak Sama Sekali
    Hikmah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 06:22 WIB
    Kalau ia sungguh-sungguh mendambakan aku, tentulah ia lebih suka kehilangan kepala ketimbang berpisah dari yang dicintainya. Mestinya cinta itu sepenuhnya atau tidak sama sekali.
  • Ucapan Burung Ketiga, Penjahat, Malaikat Jibril, dan Niat Baik
    Hikmah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 06:26 WIB
    Mungkinkah seekor lalat kotor layak bagi Simurgh di Pegunungan Kaukasus? Bagaimana mungkin pendosa yang berpaling dari jalan yang benar akan mendekati Raja?
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Ucapan Burung Kedua dan Cerita Kecil tentang Seorang Perenung
    Hikmah
    Senin, 24 Agustus 2020 - 06:15 WIB
    Bila cinta menguasai kita, ia membangkitkan hati kita, mencemplungkan kita dalam darah, memaksa kita bersujud di luar tirai ia tak memberi kita istirahat sejenak pun.
  • Burung-Burung Berangkat dan Kisah Sultan Mahmud dengan Penangkap Ikan
  • Burung-Burung Membicarakan Perjalanan Menuju Simurgh
    Hikmah
    Sabtu, 22 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Bintang-bintang berkelompok menurut kecenderungan masing-masing, dan setiap susunan bintang memiliki tugasnya sendiri. Syaikh itu berjalan terus tak melihat sekilas gerak atau seorang pun manusia.
  • Hudhud Menuturkan pada Mereka  tentang Kisah Syaikh Sanan
    Hikmah
    Jum'at, 21 Agustus 2020 - 06:04 WIB
    Syaikh Sanan menyempurnakan dirinya hingga ke tingkat yang tinggi. Lima puluh tahun lamanya ia tinggal dalam pengasingan diri bersama empat ratus muridnya yang melatih diri siang dan malam.
  • Perdebatan antara Hudhud dan Burung-Burung
    Hikmah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 06:52 WIB
    bagaimana dapat burung-burung demikian berharap akan mengebat Simurgh pada cakar mereka? Maka Hudhud pun melanjutkan bicaranya:
  • Burung Gereja, Kisah Nabi Yakub dan Nabi Yusuf
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 06:12 WIB
    Setelah Yusuf dibawa pergi, maka ayahnya, Yakub, kehilangan penglihatan karena airmata darah yang mengalir dari matanya. Nama Yusuf senantiasa di bibirnya.
  • Burung Hantu, Tikus, Si Bakhil, dan Rayuan Emas
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 06:16 WIB
    Jiwa orang yang telah mengorbankan segalanya demi cinta akan emas menjelma menjadi tikus. Ingat baik-baik tentang diriku, tinggalkan cinta akan emas itu!
  • Bangau Bicara tentang Dirinya, Orang Alim, dan Lautan
    Hikmah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 06:00 WIB
    Seorang alim pergi ke lautan dan menanyakan mengapa Lautan memakai pakaian biru, karena warna ini ialah warna duka, dan mengapa ia mendidih tanpa api?
  • Oh, Kau yang Telah Hidup Berdekatan dengan Raja-Raja, Hati-Hatilah!
    Hikmah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 06:20 WIB
    Hamba ini hampir menjadi sesuatu yang paling tak berguna di istanaku tetapi bila anak panahnya mengenai sasaran, setiap orang mengatakan hal itu karena kemahirannya.
  • Humayun Si Mujur, Kisah Sultan Mahmud dan Orang Alim
    Hikmah
    Sabtu, 15 Agustus 2020 - 06:00 WIB
    Sultan menjawab, pukul badanku jika kau mau, tetapi jangan ganggu jiwaku. Jangan berkata apa pun, pergilah, karena di sini tak akan disebut-sebut tentang jabatan raja.
  • Ayam Hutan Cantik tetapi Sombong dan Cincin Sulaiman
    Hikmah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Tak ada batu yang pernah setenar batu pada cincin Sulaiman, namun ini sebutir batu yang amat bersahaja, tak lebih dari seperdelapan dinar beratnya.
  • Takut-Takut Itik dan Cerita tentang Orang yang Saleh
    Hikmah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:12 WIB
    Setiap saat aku melakukan sesuci yang menjadi kelaziman itu, lalu membentangkan tikar sembahyang di air. Burung mana dapat hidup dan bergerak di air seperti aku?
  • Merak Kencana serta Kisah Guru dan Murid
    Hikmah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 06:02 WIB
    Bagi seorang pencinta, seratus ribu kehidupan pun tiada artinya tanpa yang dikasihinya. Ia yang hidup untuk sesuatu yang lain dari Dia, biar Adam sendirilah itu, telah terusir.
  • Nuri, Si Penggila Tuhan, dan Khizr
    Hikmah
    Selasa, 11 Agustus 2020 - 06:58 WIB
    Begitu menawan aku ini, hingga manusia keji yang berhati besi mengurungku dalam sangkar. Terikat dalam penjara ini, aku pun merindukan sumber air kebakaan yang dijaga oleh Khizr.
  • Hudhud: Cinta Mawar Banyak Durinya, Mengusik dan Menguasai
    Hikmah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 06:08 WIB
    Siapa yang mencari kesempurnaan diri janganlah menjadi budak cinta yang begitu cepat berlalu. Jika senyum Mawar itu menimbulkan berahimu, maka itu hanya akan mengisi hari demi harimu.