Kumpulan Artikel: Sufi (halaman 32)

  • Mengapa Burung yang Terbuat dari Tanah Liat Bisa Terbang
    Hikmah
    Kamis, 30 Juli 2020 - 06:40 WIB
    Mereka bertanya di mana gerangan burung-burung tanah liat itu. Isa menunjuk ke arah burung-burung yang telah selesai dibuatnya, dan burung-burung itu pun terbang pergi.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Ibarat Tentang Tiga Tingkatan
    Hikmah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 06:18 WIB
    Kisah ini, yang berasal dari para Sufi Sarmoun, menggemakan ajaran Ghazali bahwa orang tolol tidak mempunyai pengetahuan sejati mengenai pelajaran kaum terpelajar.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Lumpuh dan Si Buta
    Hikmah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 06:23 WIB
    Kisah ini diandaikan dibaca hanya setelah menerima perintah untuk membacanya atau oleh mereka yang telah mempelajari karya Hakim Sanai, Orang-orang Buta dan Gajah
  • Kereta: Tiga Macam Ilmu dalam Telaah Kemanusiaan
    Hikmah
    Senin, 27 Juli 2020 - 06:10 WIB
    Hanya pengetahuan batin yang nyata bisa menghasilkan Ilmu kenyataan yang benar. Yang kedua itu boleh dikatakan tak ada gunanya tanpa yang ketiga.
  • Sang Raja dan Anak Miskin
    Hikmah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 06:36 WIB
    Sendirian saja, orang tidak akan bisa menempuh jalan dalam perjalanan batinnya. Kau tidak usah mencoba menempuhnya sendirian, sebab harus ada pembimbingmu.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Putra Raja
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 06:40 WIB
    Sebuah pesan pun disampaikan secara gaib kepada Sang Pangeran. Bangun! Sebab kau ini putra seorang raja, disuruh mengambil batu permata tertentu, dan kepada kami kau harus kembali.
  • Ketika Malaikat Maut Datang ke Baghdad
    Hikmah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 06:15 WIB
    Setelah memeras otak bagaimana caranya menghindarkan diri dari maut, ia memutuskan bahwa apabila ia menjauhkan diri dari Bagdad tentunya Maut tak akan bisa mencapainya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Bebal di Kota Agung
    Hikmah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 06:08 WIB
    Seorang yang suka iseng, mengetahui apa yang dikerjakan Si Bebal, menanti hingga ia pulas tertidur. Dilepaskannya ikatan labu itu dari kaki Si Bebal.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Akal-Akalan Menyiasati Sumpah
    Hikmah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 06:05 WIB
    Banyak orang berketetapan hati untuk mengamalkan suatu ajaran, tetapi mereka menafsirkan ajaran itu sesuai dengan keuntungan diri mereka sendiri.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Pukullah pada Tanda Ini
    Hikmah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 06:10 WIB
    Dzun-Nun, orang Mesir itu, menulis tentang cara menemukan pengetahuan yang tersembunyi dalam prasasti-prasasti peninggalan Firaun dengan perumpamaan.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Toko Lampu
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Orang itu mengaku telah diberitahu oleh para ahli bahwa di tempat itu mereka menjual alat-alat tertentu yang memungkinkan orang bisa membaca dalam gelap.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Cara Menangkap Kera
    Hikmah
    Minggu, 19 Juli 2020 - 05:40 WIB
    Tangan kera itu bebas dari botol, namun ia tertangkap oleh Si Pemburu. Si Pemburu memanfaatkan buah ceri dalam sebuah botol, dan ia sama sekali tidak kehilangan kedua benda itu.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Ketika Air Berubah
    Hikmah
    Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:56 WIB
    Setiap kali merasa haus, ia, kembali ke tempat penyimpanannya dan minum airnya. Namun akhirnya, ia memutuskan minum air yang baru. Ia tidak tahan menanggung kesepian.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Para Pelayan dan Rumah
    Hikmah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 07:08 WIB
    Kisah ini sering digunakan oleh Al-Hallaj, yang dihukum mati pada tahun 922 karena dituduh mengatakan Akulah Kebenaran. Hallaj meninggalkan sejumlah besar koleksi sajak mistik.
  • Kisah Sufi: Orang yang Hanya Melihat Hal yang Kelihatan
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 06:52 WIB
    Seorang Pencari Kebenaran akhirnya menemukan seorang manusia yang tercerahkan, yang diberkahi kemampuan untuk memahami segala sesuatu, yang tidak dimiliki oleh semua orang.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Darwis dan Putri Raja
    Hikmah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 06:06 WIB
    Dalam keadaan terpesona habis-habisan itu, Sang Darwis tidak berbuat apa pun selama tujuh tahun. Tidak lama kemudian setelah itu, Sang Darwis luntang-lantung di jalan.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Darwis dan Ahli Bahasa
    Hikmah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 06:31 WIB
    Kalau hal itu jauh lebih penting daripada hal yang perlu, teriak darwis .itu, tentu kau sebaiknya tinggal saja di situ sampai aku telah belajar bicara dengan benar.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Timur Agha dan Bahasa Binatang
    Hikmah
    Senin, 13 Juli 2020 - 06:08 WIB
    Kisah seorang Turki bernama Timur Agha, yang mencari ke berbagai desa dan kota, dusun dan negeri, orang yang bisa mengajarinya bahasa binatang dan burung.
  • Sang Penjelajah Dunia dan Ahli Hadis dari Kaum Hawa
    Muslimah
    Minggu, 12 Juli 2020 - 14:24 WIB
    Pada awal-awal sejarah peradaban Islam , banyak kaum wanita yang terlibat aktif dalam diskusi-diskusi intelektual bersama kaum laki-laki di masjid-masjid, pusat-pusat pendidikan dan kebudayaan yang menyebar di berbagai tempat.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Pengembara, Si Aneh, dan Si Hemat Waktu
    Hikmah
    Minggu, 12 Juli 2020 - 06:32 WIB
    Demikianlah, Si Aneh menjadi seorang pangeran kerajaan dan mengajarkan pengetahuannya kepada banyak orang terhormat yang berkumpul ingin mendengarnya.