Topik Terkait: Hari Bumi

  • Keadaan Bumi Ketika Terjadi Hari Kiamat, Ini Sekilas Gambarannya
    Hikmah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 20:52 WIB
    Hari Kiamat merupakan perkara yang wajib diyakini dan diimani setiap muslim karena termasuk salah satu dari rukun iman. Seperti apa keadaan bumi di Hari Kiamat? Simak ulasan berikut.
  • Di Balik Gempa Bumi dan Polemik Azab Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 19:16 WIB
    Banten kembali diguncang gempa.. Setiap terjadi gempa, di Banten maupun di jagad lainnya, muncul spekulasi di tengah masyarakat: apakah ini sebagai ujian, ataukah sabagai azab?
  • Doa Bila Terjadi Gempa Bumi dan Ketika Selamat dari Musibah Itu
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 19:07 WIB
    Berikut adalah doa ketika terjadi gempa bumi dan doa untuk mereka yang terkena musibah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Mari kita amalkan pada saat musibah itu terjadi.
  • Gempa Bumi dalam Perspektif Al-Quran, Berikut 3 Hikmahnya
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 20:50 WIB
    Musibah gempa bumi juga pernah terjadi di zaman para Nabi. Pada masa Umar Bin Khattab, gempa bumi pernah melanda Madinah. Berikut pesan Al-Quran tentang musibah.
  • Doa dan Amalan Ketika Terjadi Gempa Bumi
    Tips
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 17:23 WIB
    Adakah doa dan amalan khusus saat terjadi gempa bumi? Bagaimana pula umat muslim harus menyikapinya dalam kondisi terjadinyanya bencana tersebut?
  • Dahsyatnya Sedekah di Hari Jumat
    Muslimah
    Jum'at, 26 Maret 2021 - 07:16 WIB
    Keistimewaan hari Jumat bagi umat muslim sangat luar biasa. Selain melaksanakan ibadah wajib seperti sholat jumat, ada banyak amalan sunnah di hari Jumat yang memiliki keutamaan dan pahala yang dilipatgandakan, salah satunya adalah sedekah.
  • Kapan Hari Tasyrik 2024? Umat Muslim Haram Berpuasa di Hari Ini
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 09:35 WIB
    Hari Tasyrik 2024 ini perlu diketahui kapan jatuhnya oleh setiap muslim, sebab pada hari itu umat Islam diharamkan untuk menunaikan ibadah puasa baik itu puasa sunnah maupun mengganti puasa Ramadan.
  • Meninggal karena Gempa Bumi, Berikut Kata Rasulullah SAW
    Tips
    Jum'at, 10 Februari 2023 - 16:05 WIB
    Allah SWT telah menyiapkan ganjaran yang setimpal bagi orang-orang yang meninggal karena gempa bumi. Yaitu meninggal dalam status syahid akhirat. Berikut sabda Rasulullah SAW.
  • Amalan Hari Jumat yang Dahsyat Pahalanya Namun Jarang Diketahui
    Tips
    Jum'at, 08 Desember 2023 - 09:21 WIB
    Di hari Jumat biasanya umat muslim mengamalkan Surat Al-Kahfi atau membaca Yasin di samping menghidupkan selawat kepada Nabi. Tak dipungkiri amalan tersebut memang memiliki keutamaan yang sangat agung.
  • Hari Kiamat, Sangkakala Ditiup Saat Manusia Sibuk dengan Dunianya
    Hikmah
    Senin, 23 Mei 2022 - 06:00 WIB
    Hari Kiamat benar-benar akan terjadi dan waktunya dirahasiakan oleh Allah Taala. Seluruh makhluk akan binasa dengan tiupan Sangkakala yang mengguncang alam semesta.
  • Ini Alasan Mengapa 3 Hari Setelah Idul Adha Disebut Hari Tasyrik
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 22:44 WIB
    Bagi umat Islam, Hari Tasyrik dikenal sebagai hari-hari terlarang untuk berpuasa yaitu 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Berikut penjelasan mengapa dinamakan Hari Tasyrik.
  • Waktu Mustajab Berdoa Setelah Ashar di Hari Jumat, Ini Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 10:02 WIB
    Waktu paling mustajab berdoa di hari Jumat adalah setelah ashar. Meskipun seluruh waktu di hari istimewa umat Islam ini adalah mustajab
  • Inilah Keistimewaan Hari Jumat Bagi Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 17:52 WIB
    Seorang muslimah hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya. Seperti meningkatkan jumlah rakaat sholat sunnah, memperbanyak sedekah, membaca Al-Quran dan lainnya.
  • Ini Alasan Mengapa Hari Jumat Diagungkan dalam Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 21:56 WIB
    Mengapa Hari Jumat begitu diagungkan dalam Islam? Apa sebenarnya alasan yang menjadikan hari tersebut lebih istimewa dari hari lainnya. Yuk simak penjelasan berikut.
  • Inilah 3 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat
    Hikmah
    Jum'at, 01 September 2023 - 14:22 WIB
    Keistimewaan hari Jumat bagi umat muslim sangat luar biasa. Selain melaksanakan ibadah wajib seperti salat Jumat, ada banyak amalan sunnah di hari Jumat yang memiliki keutamaan dan pahala yang dahsyat , salah satunya adalah sedekah.
  • Ceramah Gus Baha tentang Gempa Bumi Bukanlah Azab
    Tausyiah
    Sabtu, 26 November 2022 - 00:22 WIB
    Ceramah Gus Baha tentang gempa bumi bukanlah azab, seakan menjadi jawaban bahwa ketika terjadi gempa di sebuah wilayah atau daerah, tidak boleh langsung dikatakan Allah Taala telah menurunkan azab. Kenapa?
  • Amalan Khusus di Hari Jumat yang Faedahnya Luar Biasa
    Hikmah
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 19:16 WIB
    Dalam Islam, hari Jumat juga disebut penghulunya hari (Sayyidul Ayyam). Ada 7 amalan memiliki faedah besar yang bila diamalkan di hari istimewa tersebut.
  • Muhasabah Diri Setiap Hari
    Muslimah
    Rabu, 24 Maret 2021 - 17:32 WIB
    Setiap muslim dan muslimah, diperintahkan selalu mawas diri untuk melaksanakan segala perintah Allah Taala dan menjauhi larangan-Nya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri setiap hari
  • Rahasia Hari Asyura dan 15 Peristiwa Agung Dialami Para Nabi
    Hikmah
    Minggu, 31 Juli 2022 - 08:45 WIB
    Hari Asyura merupakan hari istimewa bagi umat Islam. Rahasia keistimewaan Hari Asyura ini ternyata tak lepas dari peristiwa agung yang dialami para Nabi.
  • Arti dan Amalan Hari Tasyrik Beserta Dalilnya
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:28 WIB
    Arti dan amalan hari Tasyrik penting diketahui umat muslim, hal ini penting terkait ada ibadah yang dilarang dikerjakan di waktu-waktu tersebut. Apa artinya dan apa saja amalannya?