Topik Terkait: Adab Makan

  • Baca Doa Ini Setelah Makan, Fadilahnya Dosa-dosa Diampuni
    Tips
    Minggu, 13 Februari 2022 - 22:40 WIB
    Imam As-Sayyid Abdullah bin Alwi Al-Haddad mengabarkan fadhilah (keutamaan) berdoa setelah makan dan adab ketika makan di tempat orang lain. Berikut doanya.
  • Meneladani Adab dan Gaya Hidup Rasulullah Soal Makanan
    Muslimah
    Minggu, 21 Maret 2021 - 07:45 WIB
    Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam adalah teladan bagi seluruh umat manusia. Kehidupan beliau adalah paket lengkap sebagai teladan , termasuk adab dan gaya hidup Rasulullah dalam soal makanan.
  • Sunnah-sunnah Ketika Makan yang Sering Terlupakan
    Muslimah
    Jum'at, 20 November 2020 - 12:50 WIB
    Di era saat ini, banyak umat Islam yang melupakan atau meninggalkan sunnah-sunnah makan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad tersebut. Bahkan cenderung meremehkan dan menganggapnya bukanlah satu hal urgent dan mendasar.
  • Nikmat Sakit dan Adab Menjalaninya
    Muslimah
    Senin, 21 September 2020 - 06:21 WIB
    Salah satu kenikmatan hidup yang dirasakan manusia adalah hidup sehat. Nikmat sehat ini akan terasa besarnya, justru ketika mengalami sakit. Terlebih sakit yang susah untuk disembuhkan.
  • Pentingnya Mengajarkan Adab Makan Kepada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 13:10 WIB
    Adab makan ini perlu diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Sebenarnya adab makan ini bukan hanya perlu bagi anak, kita orang dewasa juga perlu memperhatikan adab ini.
  • Inilah Hikmah Dibalik Larangan Makan dan Minum Berlebihan
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:24 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan. Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • Adab Makan yang Jarang Diperhatikan
    Muslimah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 10:36 WIB
    Banyak perkara-perkara kesehatan itu berkaitan dengan adab makan. Cara makan yang salah bisa berujung kepada datangnya penyakit, munculnya penyakit. Maka tidak boleh kita sepelekan masalah ini.
  • Adab yang Sering Dilupakan Setiap Kali Selesai Ibadah
    Tausyiah
    Kamis, 11 November 2021 - 19:57 WIB
    Adab seorang hamba setiap kali selesai menunaikan ibadah perlu diketahui agar amalan kita bernilai di sisi Allah. Berikut adab yang harus kita tanamkan setiap selesai ibadah.
  • Inilah 10 Adab Berbicara Agar Lisan Terjaga
    Muslimah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 11:14 WIB
    Seorang muslimah hendaknya menggunakan tata karma dan tutur kata yang baik pula. Jangan sampai bahasa lisan yang disampaikan menyakiti orang lain, ketus, nyelekit dan menimbulkan permusuhan.
  • Muslim Wajib Tahu! 7 Adab Islam Terhadap Lingkungan
    Tausyiah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 15:49 WIB
    Polusi udara dan pencemaran lingkungan terus menjadi topik hangat di media sosial. Berikut ini tujuh adab Islam terhadap lingkungan yang dapat kita terapkan.
  • Adab Berdoa dalam Salat yang Perlu Dipahami
    Tips
    Minggu, 10 September 2023 - 09:15 WIB
    Adab berdoa dalam salat terutama ketika sujud banyak yang belum memahami. Padahal adab-adab ini penting diketahui agar doa yang kita panjatnya diterima Allah subhanhu wa Taala, termasuk adab doa ketika atau salat dilakukan seperti saat bersujud.
  • Inilah Batasan dan Adab Komunikasi dengan Lawan Jenis
    Muslimah
    Jum'at, 11 September 2020 - 07:38 WIB
    Berbicara antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram, sebenarnya tidak dilarang. Hanya syaratnya, pembicaraan yang dilakukan memenuhi ketentuan secara syara.
  • Inilah Adab Ketika Mengalami Mimpi Buruk
    Tips
    Kamis, 17 Maret 2022 - 18:47 WIB
    Ternyata ketika kita mengalami mimpi buruk, ada adab yang harus kita lakukan. Salah satu adabnya yakni tidak boleh meceritakan perihal mimpi buruknya tersebut kepada orang lain. Kenapa demikian?
  • Mengapa Dilarang Meniup Makanan atau Minuman Panas? Ini Rahasia Sunnahnya!
    Hikmah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 11:03 WIB
    Dalam Islam, kita dilarang meniup makanan atau minuman yang panas. Kenapa ada larangan seperti itu? Ternyata ada rahasia besar dibalik sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tersebut.
  • Islam Sangat Melarang Makan dan Minum Berlebihan, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 12:29 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan . Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • 5 Adab dalam Bercanda, Paling Utama Tidak Bergurau dengan Ayat-ayat Allah
    Tips
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 18:45 WIB
    Banyak manusia menjadikan humor dan canda sebagai relaksasi untuk menghibur diri dan Islam memang tidak melarangnya, namun syariat mengajarkan adab dan etikanya sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  • Adab-adab dalam Berjihad, Salah Satunya Tidak Membunuh Wanita dan Anak Kecil
    Tips
    Rabu, 11 Oktober 2023 - 17:54 WIB
    Perang Palestina dan Zionis Israel membangkitkan kembali semangat jihad. Meski berperang dengan jihad fii sabilillah, namun dalam Islam ada adab-adab berjihad yang sangat diutamakan.
  • Adab Bertamu yang Penting Diketahui Menurut Islam
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 18:48 WIB
    Islam mengajarkan adab-adab dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya ketika bertamu ke rumah orang lain. Adab bertamu ini penting diketahui, agar ada norma-norma yang dijaga sebagai akhlak yang baik.
  • Kisah Al-Qanabi Belajar Hadis Tanpa Adab, Ini yang Didapatnya
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 22:12 WIB
    Kisah Al-Qanabi belajar Hadis bisa kita jadikan pelajaran betapa pentingnya adab sebelum menunut ilmu. Kisah ini salah satu kisah menarik dalam buku 100 Kisah Menarik Penuh Ibrah.
  • Rambu-rambu dan Adab Seorang Muslim Saat Berduka Cita
    Tips
    Kamis, 07 Desember 2023 - 13:32 WIB
    Islam memberikan rambu-rambu ketika seorang muslim tengah berduka cita atau saat mendapat musibah. Rambu-rambu tersebut diisyaratkan Rasulullah SAW sebagai adab seorang muslim.