Topik Terkait: Sifat Jujur

  • 5 Sifat-Sifat Istri yang Mesti Dicari Menurut Imam Ghazali
    Tausyiah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 18:58 WIB
    Imam al-Ghazali memberi resep tentang sifat-sifat yang mesti dicari dalam diri seorang calon istri. Dia menyebut yang pertama dan paling penting di antaranya, adalah kesucian akhlak.
  • 4 Sifat Buruk yang Sering Diabaikan Manusia
    Muslimah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 08:21 WIB
    Selain berisi panduan, Al-Quran juga berisi peringatan. Di antaranya adalah peringatan atas sifat negatif atau sifat buruk yang ada dalam diri manusia. Sifat apa sajakah itu?
  • Bersikap Jujur dalam Amalan-amalan Hati
    Muslimah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 07:42 WIB
    Kejujuran merupakan tingkatan martabat di bawah kenabian, dan seorang hamba mukmin harus jujur dalam semua dimensinya, baik itu jujur di dalam perkataannya, perbuatannya, maupun amalan hatinya..
  • Ini Sifat Orang Mukmin yang Menakjubkan, Apakah Anda Termasuk?
    Tausyiah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 21:40 WIB
    Orang Mukmin adalah mereka yang beriman dan percaya kepada Allah dan Rasul-Nya serta mentaati perintah dan larangan-Nya. Berikut sifat orang mukmin dan ciri-cirinya dalam Al-Quran.
  • Meneladani Sifat Allah: Menghadirkan Tuhan dalam Kesadaran
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Al-Quran juga memerintahkan Nabi SAW untuk menyampaikan, Apakah aku jadikan pelindung selain Allah yang menjadikan langit dan bumi padahal Dia memberi makan dan tidak diberi makan...? (QS Al-Anam 6: 14).
  • Pentingnya Sikap Jujur dalam Rumah Tangga dalam Pandangan Syaikul Islam Ibnu Taimiyah
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 14:33 WIB
    Jujur harus hadir di tempat-tempat umum, terlebih lagi di lingkungan rumah tangga Islami. Antara suami dan istri harus saling jujur dan tidak gemar berdusta.
  • 6 Sifat yang Harus Dijauhi Kaum Muslimah hingga Tidak Boleh Dipersunting
    Muslimah
    Kamis, 29 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Imam Al-Ghazali mengingatkan dalam nasihatnya bahwa ada sifat-sifat perempuan yang harus diwaspadai agar tidak dipilih untuk dipersunting menjadi seorang istri bagi laki-laki yang beriman. Sifat-sifat apakah itu?
  • Sifat Allah yang Tertuang dalam Surat Yasin Ayat 82
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 09:40 WIB
    Surat Yasin dianggap sebagai jantung Al-Quran karena keutamaannya yang luar biasa. Rasulullah SAW telah menyebutkan bahwa membaca Surat Yasin memiliki pahala yang besar bagi pembacanya
  • Sifat Mukmin Sejati : Bisa Menjaga Amanah
    Hikmah
    Rabu, 14 Februari 2024 - 09:50 WIB
    Menunaikan amanah itu berat, akan tetapi mengerjakannya dengan sebaik-baiknya merupakan amal saleh dan sifat orang-orang mukmin sejati
  • Nasihat Imam Al Ghazali agar Muslimah Menjauhi 6 Sifat Ini
    Muslimah
    Senin, 09 Mei 2022 - 16:54 WIB
    Imam Al-Ghazali bahkan mengingatkan kaum perempuan agar menjauhi 6 sifat ini, serta menganjurkan para lelaki agar tidak mempersuntingnya sebagai istri.
  • Sifat Malu yang Sebenarnya
    Muslimah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 09:00 WIB
    Salah satu ciri kemuliaan perempuan terletak pada sifat malu yang menebal dalam dirinya. Apa itu malu? Dan bagaimana menempatkan sifat malu ini pada tempatnya yang benar?
  • 5 Sifat Seorang Istri yang Membuat Rezeki Suami Mengalir Deras
    Muslimah
    Senin, 07 Februari 2022 - 14:25 WIB
    Suami istri yang taat kepada Allah akan mendatangkan keberkahan dan kemudahan rezeki, bahkan ada beberapa sifat istri yang akan membuat rezeki suami mengalir deras.
  • Waspada, 7 Sifat Setan Ini Paling Banyak Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari
    Muslimah
    Senin, 30 Mei 2022 - 15:09 WIB
    Disadari atau tidak, ada sifat-sifat setan yang sering ditiru manusia dalam kesehariannya. Sifat-sifat setan ini, membuat manusia terjerumus dan akan mendapat murka Allah Subhanahu wa taala.
  • Aa Gym: Cara Mengetahui Orang Jujur
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Desember 2020 - 14:32 WIB
    Jujur disebut dengan ash-Shidqu atau Shiddiq yang artinya berkata benar. Jujur merupakan salah satu sifat mulia badinda Nabi Muhammad.
  • Kenikmatan-kenikmatan dari Buah Sifat Qanaah
    Muslimah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 19:25 WIB
    Konsep hidup qanaah, yaitu selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan. Qanaah adalah ridho dengan ketetapan Allah Taala dan berserah diri pada keputusan-Nya yaitu segala yang dari Allah itulah yang terbaik.
  • Sifat dan Karakteristik Ibad ar-Rahman (2): Berjalan di Muka Bumi dengan Rendah Hati
    Tausyiah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 13:50 WIB
    Berikut lanjutan deskripsi hamba-hamba Yang Maha Penyayang. Sifat atau karakteristik yang kedua adalah mereka yang berjalan di muka bumi ini dengan rendah hati.
  • Role Model Kecantikan Muslimah : Dihiasi Sifat Tawadhu
    Muslimah
    Rabu, 03 November 2021 - 07:01 WIB
    Role model kecantikan seorang muslimah adalah yang dihiasi oleh sifat tawadhu. Tawadhu adalah sifat yang amat mulia, namun sedikit orang yang memilikinya.
  • Karena 6 Sifat Tercela Ini, Golongan Wanita yang Tidak Dianjurkan Dipersunting
    Muslimah
    Selasa, 13 September 2022 - 12:12 WIB
    Ada sifat-sifat tercela wanita yang justru dapat merusak derajat dan kemuliaannya sendiri, padahal Islam sangat memuliakan kaum wanita ini. Imam Al-Ghazali bahkan mengingatkan kaum wanita menjauhi 6 sifat tersebut
  • Menjauhkan Diri dari Sifat Naminah
    Muslimah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 08:58 WIB
    Lisan adalah anggota tubuh yang tak bertulang, namun ia memiliki dampak yang sangat besar bagi manusia. Ia dapat menjadikan seseorang terhormat dan dicintai, namun juga dapat menjadikannya hina dan dibenci.
  • 2 Jenis Sifat Akal Manusia Menurut Al-Quran
    Tips
    Senin, 24 Januari 2022 - 06:28 WIB
    Ibnul Qayyim Rahimahullahu Taala menjelaskan, Allah Subhanahu wa Taala di dalam Al-Quran memuji akal (pemahaman agama yang benar) dan orang yang berakal (orang yang bisa memahami petunjuk Allah)