Topik Terkait: Qadha Salat Usai Haid

  • Haruskah Mengqadha Salat karena Haid? Begini Penjelasan Imam 4 Mazhab
    Muslimah
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 14:26 WIB
    Dalam Islam, seorang muslimah dilarang salat ketika haid, dan keistimewaan lagi mereka tak perlu pula mengqadha (mengganti) salat setelah mereka suci.
  • Haruskah Muslimah Mengganti Sholat Fardhu yang Ditinggalkan karena Haid?
    Muslimah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 13:27 WIB
    Ketika sedang mengalami mentruasi atau haid, kaum muslimah diharamkan untuk melakukan ibadah seperti sholat dan puasa. Namun, haruskah dia mengganti sholat tersebut di lain waktu?
  • Syaban Bulan Terakhir Qadha Puasa, Yuk Segerakan!
    Muslimah
    Kamis, 17 Maret 2022 - 10:40 WIB
    Bulan Syaban merupakan bulan terakhir untuk menqadha (mengganti) puasa Ramadhan. Karena itu, menyegerakan qadha puasa itu lebih utama, apalagi ketika telah tiba saat-saat terakhir dibolehkan mengqadhanya
  • Doa Mandi Haid Wanita, Manfaat dan Tata Caranya
    Muslimah
    Senin, 07 Juni 2021 - 19:18 WIB
    Doa mandi haid wanita muslimah, penting untuk diperhatikan. Doa yang diamalkan ketika akan mandi setelah selesai mengalami siklus bulanan tersebut, ternyata juga mengandung manfaat luar biasa yang bernilai ibadah.
  • Hukum bagi yang Belum Membayar Qadha Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Senin, 29 Januari 2024 - 09:45 WIB
    Bulan suci Ramadan akan segera tiba, dan semua umat Islam wajib melaksanakan puasa Ramadan tersebut. Lantas bagaimana yang masih belum membayar qadha puasa Ramadan sebelumnya dan apa hukumnya?
  • Indikasi Sudah Suci dari Haid dan Dibolehkan Mengonsumsi Obat untuk Menghentikannya
    Muslimah
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 16:07 WIB
    Berakhirnya masa haid para muslimah, berarti tanda kembalinya muslimah beraktivitas ibadah yang sebelumnya dilarang saat haid, karena dia telah suci.
  • Amalan Rebo Wekasan untuk Wanita Haid
    Muslimah
    Selasa, 12 September 2023 - 18:42 WIB
    Amalan Rebo Wekasan untuk wanita haid sangat bermanfaat dan mengandung banyak pahala serta dapat menghindarkan dari berbagai bala bencana. Apa dan bagaimana amalannya?
  • Menunda Haid Agar Tetap Bisa Berpuasa Ramadhan, Bolehkah?
    Muslimah
    Kamis, 15 April 2021 - 06:11 WIB
    Kondisi haid terkadang membuat kesedihan tersendiri bagi muslimah. Lantas bolehkan mereka menggunakan pil penunda haid agar bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan?
  • Amalkan Doa Ini Saat Rasa Nyeri Haid Menyerang
    Muslimah
    Jum'at, 25 Juni 2021 - 10:58 WIB
    Kaum perempuan dikondrati mengalami siklus datang bulan atau biasa disebut mentruasi/haid. Dan ada di antara mereka yang harus mengalami rasa nyeri ketika tengah haid tersebut. Untuk itu, ada doa dari Rasulullah agar sakit di bagian perut ini hilang.
  • Memotong Kuku dan Rambut Saat Haid, Bolehkah Dilakukan?
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 13:08 WIB
    Banyak pemahaman di kalangan masyarakat terutama kalangan muslimah, bahwa orang yang tengah haid dilarang memotong kuku dan rambut karena akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat kelak. Benarkah demikian?
  • 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Perempuan Haid Agar Tetap Mendapat Pahala Ramadhan
    Muslimah
    Selasa, 13 April 2021 - 06:01 WIB
    Siklus bulanan yang datang pada di awal Ramadhan, membuat sebagian kaum muslimah kecewa karena tidak bisa melaksanakan ibadah puasa wajib ini. Lantas, adakah amalan agar tetap mendapat pahala Ramadhan?
  • Doa Mandi Haid dan Manfaatnya Bagi Muslimah
    Muslimah
    Senin, 20 Juni 2022 - 16:30 WIB
    Bagi kaum muslimah, doa mandi haid ini penting diperhatikan. Doa yang diamalkan ketika akan mandi setelah selesai mengalami siklus bulanan tersebut, ternyata juga mengandung manfaat luar biasa yang bernilai ibadah.
  • Bolehkah Perempuan Haid Berwudhu Sebelum Tidur?
    Muslimah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 19:27 WIB
    Sebelum tidur, kita dianjurkan untuk berwudhu.Namun, apakah anjuran ini juga berlaku untuk perempuan yang tengah berhadast besar seperti menstruasi atau haid? Bagaimana hukumnya?
  • Bacaan Zikir bagi Wanita Haid di Bulan Ramadan
    Muslimah
    Jum'at, 14 April 2023 - 10:51 WIB
    Banyak amalan yang dapat dilakukan oleh perempuan yang sedang mengalami haid atau menstruasi. Salah satunya adalah tetap berzikir, untuk terus berburu pahala di bulan Ramadan ini.
  • Amalan Wanita Haid yang Sayang Bila Dilewatkan
    Muslimah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 15:16 WIB
    Banyak amalan bagi perempuan haid yang sayang bila dilewatkan begitu saja. Meski dilarang melaksanakkan shalat dan puasa, namun ada amalan lainnya yang bisa dikerjakan, dan akan mendapatkan pahala.
  • Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal dan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 07 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Niat puasa qadha Ramadhan di bulan Syawal, umumnya banyak dilakukan kaum muslim yang memiliki utang puasa di bulan Ramadhan kemarin. Bagaimana bacaan doa atau niatnya? Serta bagaimana tata caranya?
  • Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadan
    Tips
    Kamis, 16 Maret 2023 - 21:53 WIB
    Hari ini kita berada di akhir-akhir bulan Syaban tepatnya 24 Syaban 1444 Hijriyah. Bagi yang memiliki utang puasa Ramadan tahun lalu, masih ada waktu untuk melunasinya.
  • Larangan Saat Haid yang Penting Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 12:27 WIB
    Larangan-larangan saat haid wajib diketahui oleh kaum muslimah. Yaitu hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan dan hal yang dilarang ini juga berlaku bagi wanita muslimah yang sedang nifas.
  • Bagaimana Cara Mengetahui Selesainya Masa Haid?
    Muslimah
    Senin, 23 November 2020 - 12:27 WIB
    Sebagai seorang muslimah, terkadang kita bingung menentukan masa awal dan masa akhir haid atau siklus bulanan ini. Bahkan ketika yakin sudah selesai dan melakukan salat, ternyata masih keluar lendir atau flek coklat. Bagaimana cara mengetahui berhentinya haid ini?
  • Siapa Saja yang Wajib Qadha Puasa Ramadhan?
    Tausyiah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 21:34 WIB
    Bagi Anda yang Ramadhan tahun lalu tidak dapat menjalankan puasa, disyariatkan untuk mengqadha (mengganti) atau membayar fidyah. Berikut orang-orang yang wajib mengqodho dan membayar fidyah.