Topik Terkait: Shafiyah Binti Huyai

  • 5 Fakta Shafiyah binti Huyay, Istri Rasulullah SAW dari Keturunan Yahudi
    Muslimah
    Kamis, 26 Januari 2023 - 22:00 WIB
    Shafiyah binti Huyay radhiyallahu anha merupakan salah satu Ummul Mukminin atau istri dari Nabi Muhammad SAW yang berasal dari keturunan Yahudi.
  • Kisah Shafiyah binti Huyay, Istri Nabi Muhammad yang Berasal dari Bangsa Yahudi
    Muslimah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 19:34 WIB
    Shafiyah binti Huyay merupakan salah satu istri Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang memiliki kisahnya tersendiri lantaran berasal dari kaum Yahudi.
  • Kisah Istri-Istri Rasulullah SAW: Cemburu Berat Aisyah kepada Shafiyah
    Hikmah
    Minggu, 08 Mei 2022 - 06:23 WIB
    Kehidupan rumah tangga Rasulullah SAW tak lepas dari konflik. Sesama istri Nabi terkadang juga dibumbui rasa cemburu. Satu contoh adalah kisah Sayyidah Aisyah ra saat mencemburui Sayyidah Shafiyah.
  • Kesaksian Shafiyah: Ini Mengapa sang Ayah yang Tokoh Yahudi Madinah Menolak Masuk Islam
    Hikmah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 16:10 WIB
    Nabi SAW melakukan kontak pertama kali dengan orang-orang Yahudi tatkala di Quba. Tokoh Yahudi yang menjumpainya membenarkan kenabihan Muhammad tapi menolak memeluk Islam.
  • Sayyidah Shafiyah binti Huyai, Istri Rasulullah Keturunan Nabi Harun
    Hikmah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 14:43 WIB
    Sayyidah Shafiyah binti Huyai bin Akhtab adalah keturunan Nabi Harun as, bangsawan Bani Nadhir. Jika ditarik garis nasabnya, Nabi Musa adalah pamannya.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Ummu Kultsum binti Uqbah, Berhijrah Demi Iman
    Muslimah
    Sabtu, 06 Maret 2021 - 15:56 WIB
    Kata hijrah beberapa tahun terakhir menjadi kata yang sangat populer di Indonesia. Tentang hijrah ini, ada salah satu contoh terbaik dari seorang shahabiyah yakni Ummu Kultsum binti Uqbah.
  • Ketika Maimunah Binti Harits Cemburu Pada Agama Allah
    Muslimah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 15:23 WIB
    Kecintaan Maimunah binti Al Harits terhadap Islam, tidak diragukan lagi. Sebagai salah satu Ummul Mukminin, Maimunah betul-betul tegas bila menyangkut soal agama Allah.
  • Fatimah binti Abdul Malik: Potret Kezuhudan Ibu Negara
    Muslimah
    Senin, 08 November 2021 - 09:01 WIB
    Fatiman binti Abdul Malik bin Marwan dalah sosok perempuan yang nyaris sempurna. Cantik, cerdas, keturunan terpandang, kaya raya, serta taat beribadah.
  • Zainab Binti Khuzaimah, Istri Nabi yang Dijuluki Ibu Kaum Fakir Miskin
    Hikmah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 16:16 WIB
    Sayyidah Zainab binti Khuzaimah radhiallahu anha adalah istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang dikenal dengan kebaikan, kedermawanan terhadap orang miskin.
  • Khaulah binti Tsa’labah : Doa Perempuan Tua yang Diabadikan Allah dalam Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 17 November 2021 - 10:41 WIB
    Kisah dari seorang shahabiyat Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam, perempuan muslimah yang menakjubkan yang belum pernah tertandingi hingga hari ini, di zaman ini.
  • Safanah binti Hatim, Sang Diplomat Dakwah yang Santun
    Muslimah
    Rabu, 11 November 2020 - 16:56 WIB
    Banyak kisah muslimah yang dapat kita teladani, di antarnya adalah Safanah binti Hatim ath-thai. Ia merupakan salah satu shahabiyah yang dikenal akan kesantunnya dalam berperilaku dan berbicara.
  • Asma Binti Yazid, Si Penyuara Hak-hak Perempuan
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 18:38 WIB
    Ia adalah seorang muslimah ahli hadis yang mulia, mujahidah yang memiliki kecerdasan, dien-nya bagus dan ahli argumen atau seorang orator ulung mewakili kaumnya, sehingga dijuluki sebagai juru bicara wanita.
  • Asy-Syifa’ binti Abdullah, Ilmuwan Perempuan Pertama Dalam Islam
    Muslimah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 09:10 WIB
    Sosok ini dikenal sebagai seorang muslimah yang pandai dan berilmu tinggi, di masa awal datangnya Islam. Di mana pada saat itu hanya segelintir perempuan yang diperbolehkan menulis dan membaca.
  • Zainab binti Jahsy, Istri Mandiri yang Rajin Sedekah
    Muslimah
    Minggu, 01 November 2020 - 07:05 WIB
    Zainab binti Jahsy merupakan salah satu istri Rasulullah yang dikenal sebagai muslimah yang giat bekerja dan berkarier. Meski Rasulullah memberikan nafkah yang cukup. Ummul Mukminin ini tetap giat mengumpulkan rezeki karena keinginannya untuk bersedekah.
  • Kisah Zainab binti Khuzaimah, Dinikahi Rasulullah SAW setelah Menjanda Dua Kali
    Hikmah
    Senin, 16 Mei 2022 - 21:06 WIB
    Rasulullah luluh karena kebaikan hati dan lemah lembut Zainab terhadap orang miskin. Rasulullah selalu mendahulukan kepentingan kaum Muslimin, termasuk kepentingan Sayyidah Zainab.
  • Fatimah binti Abdul Malik : Tinggalkan Kemewahan Demi Menjadi Istri Khalifah
    Muslimah
    Senin, 06 Juni 2022 - 15:46 WIB
    Ada role model istri pejabat yang dapat menjadi panutan para istri-istri pejabat zaman sekarang. Dia adalah sosok istri idaman, potret terbaik seorang istri penguasa. Tidak main-main, ia adalah istri seorang khalifah
  • Juwairiyah binti Harits, Pembawa Berkah Kaumnya ke Dalam Cahaya Islam
    Muslimah
    Minggu, 01 November 2020 - 13:00 WIB
    Kisah Sayyidah Juwairiyah sampai ke pintu rumah Rasulullah, tidak lepas dari permusuhan Bani Musthaliq kepada Islam. Harits bin Abu Dhirar, ayah Juwairiyah yang menyembah berhala hendak menghalangi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
  • Mengenal Arwa binti Kuraiz, Ibunda Khalifah Utsman yang Jadi Sahabiyah Nabi
    Muslimah
    Senin, 27 Februari 2023 - 23:12 WIB
    Arwa binti Kuraiz merupakan satu di antara banyak sahabat Nabi Muhammad SAW dari kalangan perempuan (Sahabiyah). Beliau termasuk kelompok orang pertama yang memeluk Islam.
  • Khaulah Binti Azur, Kesatria Muslimah si Pedang Allah
    Muslimah
    Jum'at, 06 November 2020 - 15:11 WIB
    Khaulah adalah salah satu sosok muslimah tangguh dan pemberani, jiwa dan raganya ia korbankan untuk membela Islam. Khaulah pun digelari Pedang Allah dari kalangan perempuan.
  • Kisah Huyay bin Akhthab Bertahan Yahudi, Putrinya Diperistri Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 19:06 WIB
    Jauh sebelum menjadi istri Nabi, Sayyidah Shafiyah menyaksikan bagaimana sang ayah tetap bertahan sebagai pemeluk Yahudi kendati sudah tahu bahwa Muhammad adalah seorang rasul.