Topik Terkait: Matahari

  • Doa Saat Terjadinya Gerhana Bulan atau Matahari
    Tips
    Senin, 30 Oktober 2023 - 12:52 WIB
    Doa saat terjadi gerhana baik gerhana matahari atau gerhana bulan penting diketahui umat Islam. Kenapa demikian? Karena matahari dan bulan merupakan mahkluk ciptaan Allah SWT yang sangat akrab dalam pandangan manusia.
  • 3 Hikmah Besar pada Penciptaan Matahari dan Bulan
    Hikmah
    Minggu, 25 September 2022 - 22:33 WIB
    Allah menciptakan matahari bersinar dan bulan bercahaya sebagai bukti kekuasaan-Nya. Setidaknya ada tiga hikmah besar di balik penciptaan matahari dan bulan ini.
  • Peristiwa Besar Saat Gerhana Matahari Zaman Nabi, Kini Pertanda Apa?
    Tausyiah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Matahari dan bulan ialah tanda kebesaran Tuhan, yang tidak akan jadi gerhana karena kematian atau hidupnya seseorang. Kalaumelihat hal itu, berlindunglah dalam zikir kepada Tuhan.
  • Kisah Nabi Yosua Menahan Terbitnya Matahari
    Hikmah
    Kamis, 08 September 2022 - 10:13 WIB
    Kisah Nabi Josua atau Yusya bin Nun menahan terbitnya matahari tercantum dalam sebuah hadis. Peristiwa ini terjadi dalam perang merebut Baitul Maqdis di bawah pimpinan Nabi Yosua.
  • Besok Gerhana Matahari, Berikut Tata Cara Salat Gerhana!
    Tips
    Rabu, 19 April 2023 - 18:38 WIB
    Pada hari Kamis, 20 April 2023 akan terjadi gerhana matahari hibrida. Umat Islam diperkenankan untuk melakukan sembahyang gerhana, secara berjamaah, tanpa azan dan ikamah.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Sejarah Disyariatkannya Sholat Gerhana dan Hikmah di Baliknya
    Hikmah
    Selasa, 08 November 2022 - 22:13 WIB
    Sejarah sholat gerhana berikut hikmah di balik pensyariatannya penting diketahui kaum muslimin. Peristiwa gerhana ini termasuk tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah.
  • Perisai Fitnah Dajjal: Matahari Kamis Tenggelam, Waktunya Surah Al-Kahfi
    Tausyiah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 14:18 WIB
    Berdasarkan dua hadis Nabi, Surat al-Kahfi bisa dibaca selama 24 jam di hari Jumat. Dimulai sejak terbenamnya matahari di hari Kamis, hingga maghrib hari Jumat.
  • Gerhana Matahari Saat Ibrahim, Putra Rasulullah, Wafat
    Hikmah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 17:31 WIB
    Putera dan puteri itu,satu demi satu berguguran . Dengan tangan sendiri pula Rasulullah menguburkan mereka ke dalam pusara. Kini giliran Ibrahim.
  • Aspek Hukum Puasa: Pengertian Malam, Benarkah setelah Matahari Terbenam?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 08:12 WIB
    Puasa dimulai dengan terbitnya fajar, dan berakhir dengan datangnya malam. Persoalan yang juga diperbincangkan oleh para ulama adalah pengertian malam.
  • Keadaan Matahari Bulan dan Bintang ketika Terjadi Kiamat
    Hikmah
    Senin, 30 Mei 2022 - 06:30 WIB
    Kengerian Hari Kiamat sungguh menghilangkan kesadaran akal manusia. Bagaimana keadaan matahari, bulan dan bintang ketika terjadi Kiamat? Berikut ulasannya.
  • Kisah Nabi Joshua Merebut Baitul Maqdis, Matahari Sempat Berhenti Beredar
    Hikmah
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 15:47 WIB
    Tatkala Nabi Yusya menembus Benteng Yerikho, matahari sempat dibuat berhenti beredar oleh Allah SWT. Hari itu, yakni hari Jumat, berlangsung lebih lama dari yang semestinya.
  • Sejarah Salat Gerhana Matahari dan Tata Caranya
    Hikmah
    Jum'at, 20 Desember 2019 - 17:06 WIB
    Kamis depan, 26 Desember 2019 bertepatan 29 Rabiul Akhir 1441 Hijriyah, fenomena alam gerhana matahari cincin dan gerhana matahari sebagian akan terjadi di wilayah Indonesia.
  • 8 Peristiwa Gerhana Bulan dan Matahari pada Masa Rasulullah SAW
    Dunia Islam
    Selasa, 08 November 2022 - 21:17 WIB
    Peristiwa gerhana pada masa Rasulullah SAW perlu diketahui umat Islam. Dulu sebelum Islam hadir, masyarakat Arab meyakini peristiwa gerhana erat dengan kematian tokoh pembesar.
  • Matahari Terbit dari Barat Saat Tobat Tertolak,  Tanda Pertama Kiamat
    Tausyiah
    Rabu, 22 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan sejumlah hadits yang menjelaskan tentang 10 tanda-tanda menjelang kiamat. Menurutnya, tanda-tanda kiamat pertama adalah matahari terbit dari barat
  • Besok Masjid Cut Mutia dan Al-Hakim Menteng Gelar Salat Gerhana Matahari
    Hikmah
    Rabu, 25 Desember 2019 - 16:52 WIB
    Besok, Kamis (26/12/2019) bertepatan 29 Rabiul Akhir 1441 Hijriyah, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari sebagian akan terjadi di Indonesia.
  • Kisah Nabi Yusya, Panglima Perang yang Menahan Matahari Tidak Terbenam
    Hikmah
    Selasa, 10 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Nabiyullah Yusya adalah seorang Nabi dan panglima perang yang berhasil membuka Tanah Suci (Baitul Maqdis) untuk Bani Israil setelah wafatnya Nabi Musa alaihissalam (AS).
  • Surat Yasin Ayat 38: Kuasa Allah SWT dalam Pergerakan Matahari
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 11:17 WIB
    Surat Yasin Ayat 38 membahas sebab terjadinya siang dan malam yang disinggung pada ayat sebelumnya serta melihat lebih jauh bagaimana kuasa Allah SWT dalam pergerakan matahari.
  • Malam Panjang, Proses Matahari Terbit dari Barat Tanda Awal Kiamat
    Tausyiah
    Kamis, 23 September 2021 - 09:34 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan sejumlah hadits yang menjelaskan bahwa masih ada orang yang melakukan qiyamullail pada detik-detik menjelang matahari terbit dari barat.
  • Surat Yasin Ayat 39-40: Ayat-Ayat Sains tentang Perputaran Bulan dan Matahari
    Tausyiah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 14:01 WIB
    Surat Yasin ayat 39-40 berisi penegasan Allah SWT bahwa matahari, bulan, dan semua mahluk langit adalah ciptaan-Nya. Allah juga menetapkan tempat peredaran bagi bulan dan matahari.
  • Kisah Negeri Saba yang Subur dan Makmur, Diazab Allah Taala karena Dihuni Penyembah Matahari
    Hikmah
    Selasa, 20 September 2022 - 13:56 WIB
    Kisah negeri Saba yang subur dan makmur, namun diisi penduduk yang berpaling dari Allah SWT dengan menyembah matahari diinformasikan dalam Al-Quran surat Saba ayat 15-16.