Kumpulan Artikel: Parenting Islami (halaman 2)

  • Orang Tua Harus Menjaga Rasa Bahagia Anak
    Muslimah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 16:10 WIB
    Menjaga akhlak dan keimanan seorang anak adalah yang harus diutamakan orang tua. Itulah yang diharap dan diinginkan oleh anak yang tidak terucap oleh lidah mereka,yakni bahwa mereka juga ingin bahagia.
  • Rasulullah SAW Sangat Melarang Orang Tua Mengucap Sumpah Serapah pada Anak
    Muslimah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 19:07 WIB
    Disadari atau tidak, masih banyak orang tua di masyarakat saat ini yang suka berkata kasar bahkan menyematkan sumpah serapah pada anak-anaknya
  • Pentingnya Mengajak Anak Menghidupkan Lailatul Qadar
    Muslimah
    Senin, 25 April 2022 - 18:30 WIB
    Karena istimewanya, setiap orang tua hendaknya tidak melupakan untuk mengajak anak-anaknya menghidupkan Lailatul Qadar dengan beribadah, taqarrub ilallah.
  • Tips Melatih Anak agar Mudah Berpuasa
    Muslimah
    Kamis, 14 April 2022 - 09:58 WIB
    Melatih anak kecil yang belum baligh untuk turut beribadah di bulan Ramadhan seperti berpuasa merupakan sebuah keteladanan yang harus kita lakukan. Dalil melatih mereka untuk berpuasa yakni dari Rubayyi binti Muawwidz.
  • Membiasakan Diri Memberi Contoh Akhlak Mulia pada Anak Sejak Dini
    Muslimah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 08:15 WIB
    Setiap orang tua hendaknya membiasakan diri untuk memberi contoh tentang akhlak-akhlak mulia kepada jiwa anak-anak mereka sejak dini. Karena pengaruh orang tua sangat penting terhadap kehidupan anak-anak di masa yang akan datang.
  • 7 Cara Mengajak Anak Mulai Berdakwah, Nomor Terakhir Pasti Menyenangkan
    Muslimah
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 16:29 WIB
    Seorang pengemban dakwah tidak akan lahir begitu saja, ia lahir melalui proses dan upaya terus-menerus, bahkan dari sejak masa kanak-kanak. Karena itu, mengajak anak berdakwah sedari dini sangatlah penting.
  • Keseimbangan Memberi Hadiah dan Hukuman pada Anak Berlandaskan Syariat
    Muslimah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 12:55 WIB
    Memberi hadiah dan hukuman yang seimbang pada anak sangat diperlukan. Jangan terlalu banyak memberikan hadiah dan tidak menjatuhkan sanksi, atau sebaliknya berlebihan di dalam memberikan hukuman dan sangat bakhil memberi hadiah.
  • 6 Kiat agar Anak Mencintai Al-Quran, No 6 Paling Disukai
    Muslimah
    Senin, 24 Januari 2022 - 15:13 WIB
    Menanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap Al-Quran dapat dimulai sejak dini, mulai dari lingkungan keluarga tercinta. Dan langkah terbaiknya, mendidik anak cinta Al-Quran dimulai oleh orang tuanya
  • Tata Cara Menyapih Anak Menurut Islam
    Muslimah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 11:49 WIB
    Menyapih anak menjadi momen penting dalam pola asuh bayi kita. Dan ternyata, Islam sudah mengatur dalam aspek yang terlihat sederhana dalam pola asuh anak ini.
  • Keutamaan Memiliki Anak Perempuan Bisa Menjadi Penghalang Pintu Neraka
    Muslimah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 15:01 WIB
    Bagi keluarga muslim yang memiliki anak perempuan, bisa dikatakan sangat beruntung. Kenapa demikian? Karena, ternyata anak perempuan akan menjadi penghalang untuk orang tuanya dari api neraka.
  • Peran Ayah dalam Pendidikan Anak Beserta Dalil-dalilnya
    Muslimah
    Senin, 03 Januari 2022 - 10:35 WIB
    Proses pendidikan bukan hanya terjadi pada kita saja, akan tetapi terjadi pula pada para Nabi dan Rasul. Bahkan, Al-Quran menyebutkan beberapa kisah ayah bersama anaknya
  • Baby Blues Dalam Islam Ternyata Tertulis Dalam  Al-Quran.
    Muslimah
    Minggu, 12 Desember 2021 - 15:58 WIB
    Baby blues dalam Islam, ternyata telah tertulis dalam Al-Quran. Dalam kitabullah ini, dijelaskan bahwa menjadi seorang ibu tidaklah mudah. Terdapat beban berat yang ada di pundak ibu usai melahirkan buah hatinya.
  • Meniru Cara Menasehati Anak Berdasarkan Al-Quran Surat Luqman
    Muslimah
    Sabtu, 20 November 2021 - 09:16 WIB
    Al-Quran surat Luqman merupakan salah satu surat yang berisi nilai-nilai pelajaran untuk orang tua maupun anak. Dalam surat ini, terpetik pelajaran berharga tentang wasiat yang disampaikan oleh Luqman kepada anaknya
  • Dosa Anak Kecil yang Belum Baligh, Siapa yang Menanggung?
    Muslimah
    Senin, 15 November 2021 - 08:30 WIB
    Seringkali kita melihat perilaku anak-anak yang belum baligh merugikan orang lain. Perbuatannya bisa dikategorikan dosa, karena menyakiti orang lain. Bagaimana Islam memandang tentang dosa-dosa anak yang belum baligh ini?
  • Hadis-hadis Ringan yang Perlu Dikenalkan kepada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 12 November 2021 - 16:06 WIB
    Ada beberapa hadis-hadis Nabi yang berisi nasihat-nasihat yang perlu kita sampaikan, dan hendaknya ini dihafal oleh orang tua untuk disampaikan kepada anak.
  • Parenting Islami : Menanamkan Kejujuran Pada Anak
    Muslimah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:15 WIB
    Sikap jujur sangat penting, karena merupakan fondasi utama semua karakter baik. Jujur adalah kunci kebahagiaan, karenanya jika ingin anak-anak kita berbahagia di kehidupannya, maka menanamkan sikap jujur adalah kuncinya.
  • Mendidik Anak Lelaki yang Menghargai Perempuan
    Muslimah
    Kamis, 30 September 2021 - 09:02 WIB
    Mendidik anak lelaki yang beradab mulia pada kaum perempuan menjadi amat penting, karena kaum lelakilah yang kelak memimpin generasi. Mereka adalah pemimpin bagi kaum perempuan.
  • Menjaga Kewibawaan Pasangan di Hadapan Anak
    Muslimah
    Selasa, 28 September 2021 - 17:30 WIB
    Satu perkara yang tidak boleh dilupakan sebagai orang tua di dalam keluarga adalah kewibawaan. Hal ini karena hanya dengan kewibawaan itulah perkataannya akan diperhatikan dan ditaati oleh anak-anak.
  • 5 Hal yang Perlu Diajarkan Kepada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 24 September 2021 - 18:09 WIB
    Kewajiban paling utama dalam mendidik anak adalah mengenalkan Allah Taala kepada mereka. Ini agar si anak mencintai Allah Taala, tuhan semesta alam.
  • Sejatinya, Anak Adalah Tabungan di Akhirat
    Muslimah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 18:31 WIB
    Anak itu sejatinya adalah tabungan akhirat bagi orang tuanya. Sebab, anak adalah tanggungjawab orang tua yang langsung diamanahkan oleh Sang Pemberi amanah, yakni Allah Subhanahu wa Taala.